Kadin: Pemerintah Jangan Hanya Pikirkan BBM Satu Harga, Gas dan LNG Untuk Industri Jauh Lebih Penting

Oleh : Ridwan | Sabtu, 30 Desember 2017 - 13:38 WIB

Gas Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Gas Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan industri bidang gas alam dan LNG dari timur ke barat.

"Pemerintah di samping berupaya terus menjadikan BBM satu harga, industri pun perlu diperhatikan dengan seksama di bidang gas alam dan LNG dari timur ke barat," ujar Wakomtap Industry Hulu dan Petrokimia Kadin Indonesia, Achmad Widjaya kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Sabtu (30/12/2017).

Menurutnya, upaya ini belum ada titik terang dari pemerintah khususnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melakukan terobosan.

"Pihak pemerintah lebih mementingkan solar dari pada gas, sedangkan seluruh dunia sudah Go-Green dan program emisi jelas tertarget," tegasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kita adalah negara yang sudah melimpah gas bumi dan LNG. "Harusnya sudah waktunya stop impor solar agar seluruh industri nasional masuk ke arena go-green matching dengan program dunia yang lebih baik di export market buat Indonesia," tambah Pria yang sering disapa AW.

AW menegaskan, pemerintah wajib memberi kepastian tentang energi di bidang gas alam dan LNG serta program yang jelas dan tegas dari PLN agar industri nasional bisa membuat rencana jangka panjang.

"Saat ini semua dalam koridor jangka pendek. Hit and Run saja, sehingga tidak ada daya saing," imbuhnya.

Sampai saat ini, lanjutnya, pemerintah belum terlihat serius untuk mengintegrasikan kebijakan dalam pembentukan holding di sektor energi.

"Kami berharap pemerintah lebih serius dalam membentuk holding migas dengan membawa PLN kedalam satu kebijakan energi di Indonesia sehingga berdampak positif untuk industri migas di Indonesia," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…