Pemerintah Buka Impor Raw Sugar 1,5 Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Januari 2017 - 14:42 WIB

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka izin impor raw sugar atau gula mentah sebanyak 1,5 juta ton yang akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan gula industri makanan dan minuman dalam negeri.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam jumpa pers mengatakan bahwa jumlah izin importasi gula mentah sebanyak 1,5 juta ton tersebut untuk memenuhi kebutuhan industri makanan minuman dalam negeri selama enam bulan atau hingga semester pertama 2017.

"Raw sugar sudah dikeluarkan izin impornya untuk kebutuhan selama enam bulan. Jumlahnya kurang lebih 1,5 juta ton," kata Mendag di Jakarta, Rabu (4/1)

Izin importasi gula mentah sebanyak 1,5 juta ton tersebut diberikan kepada 11 perusahaan rafinasi. Gula mentah itu akan diproses oleh pabrik-pabrik gula rafinasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan gula rafinasi industri makanan minuman dalam negeri.

Dengan dikeluarkannya izin impor gula mentah tersebut, maka tidak ada keterlambatan pasokan terhadap perusahaan rafinasi. Besaran impor tersebut disesuaikan dengan kontrak kerja antara perusahaan rafinasi dengan pengguna gula rafinasi atau industri makanan minuman.

Enggartiasto menambahkan, apabila nantinya ada kebocoran gula rafinasi yang seharusnya untuk memenuhi kebutuhan industri makanan minuman ke pasar konsumen, pihaknya tidak akan segan untuk memberikan sanksi.

Kemendag akan melakukan perubahan sistem distribusi untuk menghentikan kebocoran gula rafinasi ke pasar konsumen.

"Kami secara serius menangani kebocoran itu, kami akan memanggil pelaku usaha untuk meminta klarifikasi. Jika menyimpang, akan kami cabut izinnya," kata Enggartiasto.

Tercatat, pada 2016 total importasi gula mentah untuk industri rafinasi dalam negeri sebanyak 3,2 juta ton.(Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi BNI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:20 WIB

BNI Perkirakan Kredit Tumbuh 13-15 Persen 2019

PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk memperkirakan pertumbuhan kredit masih bertahan 13-15 persen (tahun ke tahun/yoy) pada 2019, meskipun pengetatan likuiditas di pasar global diperkirakan…

JAPFA Hadirkan Kampung Warna Kolaborasi

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:16 WIB

IHSG Bergerak Tertahan, Lirik Tujuh Saham

INDUSTRY.co.id

Diperkirakan IHSG masih akan bergerak tertahan cenderung melemah kembali menguji MA20 dan MA5 pada support 5800-5858. Saham-saham yang masih dapat…

foto hero

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:08 WIB

Terapkan Good Retail Practices, HERO Group Bangun Sinergi dengan Pemerintah

Sebagai bentuk komitmen untuk selalu menjaga keamanan produk dan patuh terhadap regulasi pemerintah yang berlaku, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat…

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:00 WIB

Golkar Istighatsah dan Peringatan Hari Santri Nasional

Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya, Kamis (18/10/2018) di Jakarta menggelar acara istighatsah dan peringatan Hari Santri Nasional sebagai rangkaian HUT ke-54 Golkar.

Ilustrasi Banjir (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 06:40 WIB

1.700 Paket Sumbangan Dari Presiden untuk Korban Banjir Mandailing

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan kepada warga korban banjir bandang di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.