Dukung Industri, Pemerintah Bangun PLTG 10 MW di Morotai

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Januari 2017 - 13:12 WIB

Pembangkit Listrik di Indonesia
Pembangkit Listrik di Indonesia

INDUSTRY.co.id -Pemerintah pusat akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 10 MW di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah itu.

"Pembangunan PLTG tersebut direncanakan pada 2017 ini dan berbagai persyaratan, seperti izin perinsip sudah dikeluarkan pemerintah daerah setempat, begitu pula lokasinya sudah disiapkan di Morotai Selatan," kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Malut Safruddin di Ternate, Selasa (2/1).

Pembangunan PLTG berkapasitas 10 MW di Morotai itu merupakan implementasi dalam program penyediaan infrastruktur dasar terkait pengembangan Morotai sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata utama di Indonesia dan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menurut Safruddin, energi listrik merupakan salah satu infrastruktur dasar yang sangat dibutuhkan di daerah itu, karena kapasitas listrik yang ada saat ini hanya 3 MW dan itu pun sebagian besar masih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang rawan mengalami gangguan, misalnya kerusakan mesin.

Kondisi kapasitas listrik di Morotai seperti itu mengakibatkan banyak investor, baik dari dalam maupun luar negeri yang menunda merealisasikan investasinya di Morotai, karena mereka membutuhkan listrik yang cukup besar untuk operasional usahanya.

"Pada pekan lalu dari Keduataan Besar Polandia berkunjung ke Morotai untuk menjajaki investasi di bidang pariwisata di daerah itu, dan salah satu permintaan mereka untuk merealisasikan investasi adalah tersediannya energi listrik yang memadai," kata Safruddin seperti dikutip Antara.

Tetapi pemerintah pusat sudah menyatakan komitmennya untuk menyediakan energi listrik di Morotai berapapun yang dibutuhkan investor seperit yang ditunjukan dengan membangun PLTG 10 MW pada 2017 ini dan akan menyusul pembangunan pembangkit listrik lainnya, yang umumnya berupa sumber energi terbarukan.

Ia menambahkan, sejumlah negara seperti Jepang sudah menyatakan minatnya untuk membangun pembangkit listrik di kabupaten bekas pangkalan Sekutu Perang Dunia II itu berupa pembangkit listrik yang memanfaatkan potensi air laut.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…