INDEF: Porsi Industri Tahun Ini Terbilang Rendah Sejak Era Reformasi

Oleh : Ridwan | Kamis, 28 Desember 2017 - 15:00 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pertumbuhan industri nasional di tahun 2017 mengalani perlambatan sehingga diproyeksi tumbuh rata-rata 4 persen atau dibawah pertumbuhan industri yang mencapai 5,05 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara saat dihubungi INDUSTRY.co.id di Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Selain itu, Bhima menyayangkan share industri manufaktur terhadap PDB pun terus menurun hingga di bawah 20 persen.

"Porsi industri tahun ini terbilang paling rendah sejak era reformasi. Deindustrialisasi ini membahayakan," ujar Bhima.

Menurutnya, faktor yang membuat kinerja industri lesu dipengaruhi oleh lemahnya daya beli masyarakat khususnya kelas menengah kebawah.

"Konsumsi rumah tangga hanya mampu tumbuh 4,9 persen," terangnya.

Dari sisi insentif, lanjutnya, 16 paket kebijakan pun dampaknya belum dirasakan oleh pelaku industri. "Harga gas murah, tax allowance dan tax holiday implementasinya masih belum optimal," tegas Bhima.

Bhima menambahkan, proyek infrastruktur dinilai minim dampak ke penyerapan hasil industri. "Buktinya kondisi semen masih oversupply, industri logam dasar juga masih melambat," katanya.

Bhima berharap di tahun 2018 pertumbuhan sektor industri bisa diatas 5 persen, hal ini didorong oleh tahun politik dan naiknya daya beli serta perbaikan ekspor barang jadi.

"Sektor industri pengolahan makanan minuman, pengolahan tembakau, alas kaki dan tekstil jadi penopang perbaikan industri tahun depan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri pengolahan non-migas pada tahun 2018 sebesar 5,67 persen.

Capaian ini akan dipacu oleh semua subsektor terutama industri logam dasar, makanan dan minuman, alat angkutan, mesin dan perlengkapan, farmasi, kimia, serta elektronika. Selain itu didukung pula pembangunan kawasan industri di berbagai daerah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…