Rp198 Miliar Disiapkan Penyelesaian Bandara Mozes Kilangin Timika

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Januari 2017 - 12:58 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id - Kementerian Perhubungan tahun ini menganggarkan dana Rp198 miliar guna menyelesaikan pembangunan gedung terminal umum Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika John Rettob, mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan pembangunan gedung terminal umum seluas 21 ribu meter persegi.

Gedung terminal umum Bandara Mozes Kilangin Timika itu nantinya terdiri atas dua setengah lantai. Pembangunan gedung terminal umum tersebut di sisi selatan landas pacu Bandara Mozes Kilangin Timika dan telah dimulai pekerjaannya sejak 2015 (penimbunan dan pemasangan rangka baja).

Selain itu, dana yang bersumber dari APBN melalui Kemenhub tersebut sebagiannya akan dimanfaatkan untuk pembangunan pagar keliling dan tempat parkir kendaraan.

"Untuk bangunan terminal umum, tahun ini sudah bisa selesai seluruhnya. Tapi itu belum termasuk fasilitas di dalamnya," jelas John.

Selain dari APBN, Pemkab Mimika juga berencana membangun satu unit gedung terminal umum di Bandara Baru Mozes Kilangin Timika seluas 21 ribu meter persegi (bersebelahan dengan gedung terminal umum yang dibangun Kemenhub).

John mengatakan jika kedua bangunan tersebut diharapkan bisa selesai pada waktu bersamaan, maka dana yang dibutuhkan Pemkab Mimika sekitar Rp250 miliar untuk pekerjaan penimbunan lahan, pemasangan rangka baja hingga pekerjaan akhir (finishing).

"Kalau memang Pemda Mimika menginginkan agar gedung terminal umum berkapasitas 21 ribu meter persegi selesai bersamaan dengan gedung terminal umum yang dibangun melalui dana APBN 2017 maka Pemda Mimika harus menyiapkan anggaran sekitar Rp250 miliar," jelas John.

Jika kedua gedung terminal umum itu bisa selesai dikerjakan tahun ini, maka luas keseluruhan terminal umum pada Bandara Mozes Kilangin Timika nantinya mencapai 42 ribu meter persegi. Itu pun belum termasuk gedung terminal VIP yang sekarang sudah dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas penerbangan di Bandara Mozes Kilangin Timika.

"Kami berharap semua pekerjaan ini bisa selesai tahun 2017 dan paling lambat pada 2018 sehingga Timika siap menjadi salah satu kota penyelenggara PON ke 20 tahun 2020 di Provinsi Papua. Jika semua ini bisa tuntas, maka kami merencanakan agar peresmian semua fasilitas umum di Bandara Mozes Kilangin Timika pada 2018 akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo," jelas John.

Dalam  catatan Antara, Kementerian Perhubungan, Pemkab Mimika dan PT Freeport Indonesia telah bersepakat untuk menyerahkan pengelolaan Bandara Mozes Kilangin Timika ke depan kepada Unit Pengelolaan Bandar Udara (UPBU) yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub.

Selama ini, pengelolaan Bandara Mozes Kilangin Timika ditangani oleh PT AVCO, salah satu perusahaan kontraktor yang ditunjuk oleh PT Freeport Indonesia.

Bandara Mozes Kilangin Timika sendiri dibangun oleh PT Freeport Indonesia pada era 1970-an untuk mendukung kepentingan mobilisasi karyawan maupun suplai barang kebutuhan perusahaan.

Dalam perkembangan, seiring dengan meningkat pesatnya pembangunan di wilayah Timika, keberadaan Bandara Mozes Kilangin Timika juga mengakomodasi kepentingan publik.

Nama Bandara Mozes Kilangin Timika diambil dari nama salah satu tokoh masyarakat Suku Amungme yang berjasa membuka keterisolasian wilayah pegunungan Tembagapura dan sekitarnya yaitu almarhum Mozes Kilangin. (Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…