REI Jawa Tengah Keluhkan Sulitnya Perizinan Pembangunan Rumah Sederhana FLPP

Oleh : Hariyanto | Kamis, 28 Desember 2017 - 11:07 WIB

Ilustrasi pembangunan rumah (ist)
Ilustrasi pembangunan rumah (ist)

INDUSTRY co.id -Solo - Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah mengeluhkan berbelitnya perizinan ketika akan membangun rumah sederhana program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Untuk Jawa Tengah terutama di Soloraya perizinan untuk pembangunan rumah masih cukup sulit," kata Ketua REI Jawa Tengah, MR Prijanto di Solo, Rabu (27/12/2017).

Prijanto mengatakan, hingga saat ini masih banyak daerah yang belum bisa menerapkan Peraturan Pemerintah Nomor 64/2016 tentang Penyederhanaan Izin Perumahan. "Beberapa daerah yang belum bisa menerapkan PP ini di antaranya Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, dan Klaten," kata Prijanto.

Menurutnya, beberapa jenis perizinan yang seharusnya sudah dihapus di antaranya analisis dampak lalu lintas (andalalin) dan izin lokasi, namun hingga saat ini masih diterapkan di daerah tersebut.

"Perizinan ini tidak serta merta bisa dihilangkan karena kan sudah masuk Peraturan Daerah. Tidak bisa cepat disederhanakan karena perlu waktu," kata Prijanto.

Prijanto mengungkapkan, tahun ini penjualan rumah sederhana di Jawa Tengah, mencapai 5.600 unit dari total penjualan rumah sebanyak 8.500 unit.

Pihaknya berharap, ke depan penjualan rumah sederhana bakal meningkat, seiring dengan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Apalagi kalau bukan kenaikan subsidi FLPP, dari Rp3,1 triliun menjadi Rp5 triliun.

"Mudah-mudahan dengan adanya peningkatan subsidi yang diberikan oleh pemerintah, pengembang makin bersemangat membangun rumah sederhana dan diimbangi dengan tingginya permintaan dari masyarakat. Hal ini juga harus diiringi dengan kemudahan izin pembangunan rumah dari Pemda," kata Prijanto. (tar)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Rabu, 24 April 2024 - 09:27 WIB

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Selama satu dekade terakhir, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil menghubungkan konektivitas 8 provinsi di Sumatra melalui ketersediaan infrastruktur jalan tol. Pencapaian ini tidak…

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Rabu, 24 April 2024 - 09:11 WIB

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Dengan rasa duka cita yang mendalam, kami menyampaikan bahwa salah satu perempuan terbaik Indonesia, Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, telah meninggalkan kita dalam kedamaian pada hari Rabu, jam…

Peran perempuan di sektor parekraf

Rabu, 24 April 2024 - 09:10 WIB

UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism Jadi Momen Perkuat Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pelaksanaan 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific di Bali…

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…