Rp554 Miiar Kredit BRI Terdampak Gunung Agung

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Desember 2017 - 07:14 WIB

Dirut PT. PP Tbk Tumiyana, Dirut PT. BRI Tbk Suprajarto, Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno, Komut BRI Andrinof A. Chaniago, Jamintel Jan Samuel Maringka, Kapuskeu Mabes Polri Brigjen Bambang Ghiri saat groundbreaking pembangunan Menara BRI (Foto Ri
Dirut PT. PP Tbk Tumiyana, Dirut PT. BRI Tbk Suprajarto, Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno, Komut BRI Andrinof A. Chaniago, Jamintel Jan Samuel Maringka, Kapuskeu Mabes Polri Brigjen Bambang Ghiri saat groundbreaking pembangunan Menara BRI (Foto Ri

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk menyatakan terdapat ratusan debitur dengan total pinjaman kredit sebesar Rp554 miliar yang terdampak erupsi Gunung Agung, Bali.

Direktur Utama BRI Suprajarto di Jakarta, Rabu (27/12/2017)  mengatakan debitur atau peminjam kredit yang paling banyak terdampak adalah sektor mikro dan ritel seperti pengusaha perhotelan dan jasa wisata.

Namun, Suprajarto mengklaim dampak dari erupsi Gunung Agung tidak akan meningkatkan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) BRI yang hingga akhir kuartal III 2017 terjaga di 2,33 persen (gross).

"NPL tidak akan menjadi besar. Lagipula budaya orang Bali itu walau sekarang nunggak, tapi nunggak itu sesuatu yang tabu. Jadi kami optimistis kalau Bali akan cepat 'recovery'," ujarnya.

Perseroan, kata Suprajarto, sudah menyiapkan upaya mitigasi agar NPL tidak meningkat. Suprajarto meyakini NPL BRI di akhir tahun tetap akan berada jauh di bawah tiga persen.

"Secara nasional, NPL mungkin masih ada di kredit menengah mungkin ya, karena paling banyak di wilayah di cabang, seperti untuk sektor perdagangan, termasuk konstruksi," ujar dia.

Terkait mitigasi dampak erupsi Gunung Agung, sebelumnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan akan mengeluarkan kebijakan relaksasi bidang keuangan dan perbankan di Bali.

Sementara itu Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso seperti dilansir Antara  mengatakan otoritas sebenarnya telah memiliki aturan untuk menyikapi dampak atas kondisi daerah yang terkena bencana alam. Bali, kata dia, memiliki karakteristik khusus, baik yang bersifat langsung maupun tidak.

"OJK saat ini sedang mengidentifikasi kebutuhan perumusan kebijakan terkait dengan dampak menggeliatnya Gunung Agung untuk penanganan debitur dan perbankan," tuturnya.

Wimboh mengatakan OJK bakal mengantisipasi dampak lanjutan karena banyak debitur yang tidak bisa kembali berusaha, termasuk adanya "peringatan perjalanan" (travel warning) sehingga jumlah kedatangan wisatawan berkurang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…