Begini Rahasia Nasi Jamblang Tetap Awet Selama di Perjalanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 27 Desember 2017 - 12:55 WIB

Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Cirebon - Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, Kota Cirebon juga mempunyai kuliner yang melegenda dan tentunya wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Salah satunya adalah Nasi Jamblang, kuliner yang sudah ada sejak zaman Belanda ini masih eksis dan kian populer dikalangan para pecinta kuliner ataupun wisatawan.

Kuliner ini konon berasal dari Desa Jamblang, di Kota Cirebon. Walaupun namanya jamblang, kuliner ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan buah jamblang.

Nasi Jamblang ini tergolong unik, biasanya nasi dibungkus dengan kertas cokelat atau daun pisang, lain halnya dengan Nasi Jamblang, karena dibungkus dengan daun jati.

Menurut Regina, Pemandu Wisata asal Cirebon mengungkapkan, khasiat dan mengapa dibungkus dengan daun jati. "Kenapa dibungkus dengan daun jati? Karena, daun jati itu membuat nasi yang dibungkus bisa awet hingga malam," kata Regina kepada Industry.co.id, saat press tour ke Cirebon dan Kuningan, Minggu (24/12/2017).

Dengan dibungkus daun jati, Nasi Jamblang menjadi awet dan bisa menjadi buah tangan atau dimakan saat perjalanan. Ia membandingkan jika dibungkus tidak menggunakan daun jati yang hanya mampu beberapa jam saja, tetapi jika menggunakan daun jati bisa awet hingga 12 jam.

"Jadi, jika dibawa ke Jakarta, tidak perlu khawatir kalau bawa Nasi Jamblang selama diperjalanan, karena daun jati itu sendiri dapat membuat nasi yang dibungkus tersebut tetap awet selama 12 jam," pungkasnya, Regina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Senin, 19 November 2018 - 11:18 WIB

Jelang Dua Dekade Eksistensi, R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Berpengalaman lebih dari 18 tahun di industri kehumasan, R&R Public Relations sebagai PR agency lokal peroleh penghargaan "PR Agency of the Year 2018" dalam ajang Indonesia PR Program of the…

Menteri Perindutrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi pabrik karet PT New Kalbar Processors (NKP) di Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 11:15 WIB

Kunjungi New Kalbar Processors, Menperin Janji Tumbuhkan Industri Pengolahan Karet Remah

Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan sektor industri pengolahan crumb rubber (karet remah). Oleh karena itu, melalui Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang telah dikeluarkan pemerintah,…

Kepala Pusdatin Kementan I Ketut Kariyasa

Senin, 19 November 2018 - 11:12 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan), Ketut Kariyasa menegaskan produktivitas tenaga kerja…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 19 November 2018 - 11:02 WIB

Akademisi Sebut Produksi bukan Variabel Tunggal dalam Kenaikan Harga Beras

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Harga beras yang diberitakan mengalami kenaikan belakangan ini turut mendapat sorotan dari pakar ekonomi pertanian Luthfi Fatah.

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 10:30 WIB

Hindari Jeratan Pinjaman Online, Ini Tujuh Poin yang Harus Diperhatikan Menurut YLKI

Praktik bisnis pinjaman online (pinjol) terus merebak, bahkan masif. Pemerintah pun berbangga, menepuk dada, sementara ribuan konsumen merana, menjadi korban pinjol.