Begini Rahasia Nasi Jamblang Tetap Awet Selama di Perjalanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 27 Desember 2017 - 12:55 WIB

Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Cirebon - Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, Kota Cirebon juga mempunyai kuliner yang melegenda dan tentunya wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Salah satunya adalah Nasi Jamblang, kuliner yang sudah ada sejak zaman Belanda ini masih eksis dan kian populer dikalangan para pecinta kuliner ataupun wisatawan.

Kuliner ini konon berasal dari Desa Jamblang, di Kota Cirebon. Walaupun namanya jamblang, kuliner ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan buah jamblang.

Nasi Jamblang ini tergolong unik, biasanya nasi dibungkus dengan kertas cokelat atau daun pisang, lain halnya dengan Nasi Jamblang, karena dibungkus dengan daun jati.

Menurut Regina, Pemandu Wisata asal Cirebon mengungkapkan, khasiat dan mengapa dibungkus dengan daun jati. "Kenapa dibungkus dengan daun jati? Karena, daun jati itu membuat nasi yang dibungkus bisa awet hingga malam," kata Regina kepada Industry.co.id, saat press tour ke Cirebon dan Kuningan, Minggu (24/12/2017).

Dengan dibungkus daun jati, Nasi Jamblang menjadi awet dan bisa menjadi buah tangan atau dimakan saat perjalanan. Ia membandingkan jika dibungkus tidak menggunakan daun jati yang hanya mampu beberapa jam saja, tetapi jika menggunakan daun jati bisa awet hingga 12 jam.

"Jadi, jika dibawa ke Jakarta, tidak perlu khawatir kalau bawa Nasi Jamblang selama diperjalanan, karena daun jati itu sendiri dapat membuat nasi yang dibungkus tersebut tetap awet selama 12 jam," pungkasnya, Regina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.

Pilkada 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:42 WIB

Tokoh-Tokoh Bali Inginkan Gubernur yang Berani

Sejumlah tokoh di Pulau Dewata menginginkan agar gubernur yang terpilih dalam Pilkada 2018 berani dan tidak hanya diam dalam zona nyaman di tengah berbagai tantangan pembangunan.