Begini Rahasia Nasi Jamblang Tetap Awet Selama di Perjalanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 27 Desember 2017 - 12:55 WIB

Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Cirebon - Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, Kota Cirebon juga mempunyai kuliner yang melegenda dan tentunya wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Salah satunya adalah Nasi Jamblang, kuliner yang sudah ada sejak zaman Belanda ini masih eksis dan kian populer dikalangan para pecinta kuliner ataupun wisatawan.

Kuliner ini konon berasal dari Desa Jamblang, di Kota Cirebon. Walaupun namanya jamblang, kuliner ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan buah jamblang.

Nasi Jamblang ini tergolong unik, biasanya nasi dibungkus dengan kertas cokelat atau daun pisang, lain halnya dengan Nasi Jamblang, karena dibungkus dengan daun jati.

Menurut Regina, Pemandu Wisata asal Cirebon mengungkapkan, khasiat dan mengapa dibungkus dengan daun jati. "Kenapa dibungkus dengan daun jati? Karena, daun jati itu membuat nasi yang dibungkus bisa awet hingga malam," kata Regina kepada Industry.co.id, saat press tour ke Cirebon dan Kuningan, Minggu (24/12/2017).

Dengan dibungkus daun jati, Nasi Jamblang menjadi awet dan bisa menjadi buah tangan atau dimakan saat perjalanan. Ia membandingkan jika dibungkus tidak menggunakan daun jati yang hanya mampu beberapa jam saja, tetapi jika menggunakan daun jati bisa awet hingga 12 jam.

"Jadi, jika dibawa ke Jakarta, tidak perlu khawatir kalau bawa Nasi Jamblang selama diperjalanan, karena daun jati itu sendiri dapat membuat nasi yang dibungkus tersebut tetap awet selama 12 jam," pungkasnya, Regina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indika Energy Tbk (INDY) (Foto Tambang)

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:42 WIB

Akhir Pekan IHSG Bakalan Tertekan

Diperkirakan IHSG akan bergerak kembali cenderung tertekan diakhir pekan dengan rentan support resistance 5814-5900. Saham-saham yang masih dapat dicermati diantarnya INDY, LPPF, TKIM, AALI,…

Densus 88 (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:37 WIB

Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Bandung

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menggeledah sebuah rumah di kawasan Mekar Wangi, Kota Bandung, Jawa Barat karena dihuni oleh seorang terduga teroris.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:35 WIB

BKPM Minta Tambahan Anggaran untuk OSS

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meminta tambahan anggaran sekitar Rp200 miliar per tahun untuk operasional sistem pelayanan yang terintegrasi secara elektronik (Online Single Submission/OSS).

Institut Pertanian Bogor IPB (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:32 WIB

Rektor IPB Sampaikan Duka Atas Kecelakaan Kapal

Rektor IPB menyampaikan belasungkawa atas kecelakaan kapal perahu KM Orange di sekitar perairan Cikeruh Wetan, Provinsi Banten yang membawa kru peneliti IPB dan awak kapal bersama warga sipil.

Bom Molotov (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:27 WIB

Mabes Polri Dalami Bom Molotov Rumah Mardani Ali Sera

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Setyo Wasito mengatakan dugaan bom molotov di rumah politikus Mardani Ali Sera di daerah Bekasi yang dilempar oleh orang tak dikenal pada Kamis…