Kunjungan Wistawan Naik, Okupansi Hotel di Bandung Tembus 100 Persen

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 25 Desember 2017 - 18:58 WIB

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mencatat, tingkat okupansi hotel saat libur Natal dan tahun baru 2018 sudah mencapai 100 %.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mencatat, tingkat okupansi hotel saat libur Natal dan tahun baru 2018 sudah mencapai 100 %.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mencatat, tingkat okupansi hotel saat libur Natal dan tahun baru 2018 sudah mencapai 100 %.

"Sejak sepekan terakhir ini okupansi hotel meningkat, bahkan sudah mencapai 100 %," ujar Kadisbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari, Senin (25/12).

Kenny mengatakan, data tersebut berdasarkan laporan dari perhimpunan hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang masuk kepada jajarannya. Kenaikan ini menjadi angin segar bagi pengusaha maupun pemerintah, terlebih pada bulan-bulan sebelumnya okupansi hotel melemah.

Pada libur Natal dan tahun baru 2018 kali ini, sekitar 400 hotel yang ada di Kota Bandung, baik berbintang maupun melati, sudah terisi penuh oleh wisatawan.

"Sekarang mungkin liburnya satu minggu apalagi ditambah ada long weekend. Semoga (kenaikan) okupansi ini terus-menerus," katanya.

Ia pun memprediksi jumlah kunjungan wisatawan dalam maupun luar negeri ke Kota Bandung, meningkat. Pada tahun 2016, total kunjungan tercatat 6,9 juta wisatawan. Sementara tahun ini, sudah menyentuh angka hampir tujuh juta belum ditambah saat kenaikan libur natal dan tahun baru 2018.

"Jumlah wisatawan diperkirakan meningkat, angka realnya diprediksi delapan %an. Kenaikan itu kita bisa lihat dari okupansi hotel yang meningkat," kata dia.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3).

Sabtu, 23 Maret 2019 - 17:33 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung Jadi Ikon Smart Heritage Market

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan moderen, pasar…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:45 WIB

Kementan: Kedaulatan Pangan Harus Berdampak Pada Kesejahteraan Petani

Indramayu - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong petani di Kabupaten Indramayu untuk bisa mencapai target produksi padi hingga lebih dari 1,8 juta ton gabah kering pungut di tahun 2019.…

Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah Wahyu Avianto

Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:36 WIB

BNI Syariah Siapkan Strategi Untuk Hadapi Era Disrupsi

Jakarta - BNI Syariah sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi era disrupsi. Era disrupsi ini terjadi ditunjukkan dengan perubahan yang cukup cepat dan mengganggu eksisting bisnis.

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…