Rumah Makan Ini Suguhkan Pemandangan Keasrian Alam Kota Cirebon

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Desember 2017 - 15:52 WIB

Rumah Makan Klapa Manis Cirebon (Foto Dije)
Rumah Makan Klapa Manis Cirebon (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Cirebon- Tiap daerah mempunyai keunggulannya an keunikannya masing-masing, seperti mengunggulan destinasi wisata atau kuliner yang beraneka ragam rasanya. Seperti di Kabupaten Cirebon ini, terletak di Jalan Raya Cirebon Kuningan, Gronggong, Patapan. Beber, Jawa Barat ada salah satu restoran yang unik yakni Rumah Makan Klapa Manis.

Rumah Makan Klapa Manis yang berdiri sejak tahun 2017 ini, merupakan rumah makan yang unik. Karena para pengunjung bisa sembari menikmati keindahan kota Cirebon. Rumah makan Klapa Manis ini salah satu restoran yang masih mempertahankan kearifan lokal kota Cirebon.

Menurut Nono Warsono, General Manager Rumah Makan Klapa Manis di Cirebon, mengatakan rumah makan ini mempunai empat lantai.

"Lantai awal, kita menyuguhkan pemandangan view yang ada di Kota Cirebon, khususnya pada saat malam hari. Lalu lantai kedua, bisa pakai untuk acara gathring, ulang tahun dan untuk acara lainnya. Karena memang dikhususkan dan disewakan," katanya kepada Industry.co.id, di Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Ia juga mengatakan, untuk lantai tiga hanya untuk tenpat makan pada umumnya. "Sementara, untuk lantai keempatnya terdapat taman. Semua nuansanya kita tidam ada yang modern, semuanya alam," sambung Nono.

Nono juga menjelaskan ada beberapa menu favorit yang biasa dipesan oleh para pengunjung ataupun wisatawan, yakni Nasi Liwet. Dirinya juga mengungkapkan mengapa Nasi Liwet menjadi andalan di Rumah Makan Klapa Manis.

"Kita ada paket Liwet, kenapa Saya bikin paket Liwet? Karena, di Cirebon banyak pesantren, Kita mengadopsi dari sana. Pesantren itu kan makannya satu tempat bareng-bareng, karena di situ ada unsur kebersamaannya, kekeluargaannya juga ada yang kita tidak dapatkan di rumah," paparnya.

Nasi Liwet ini merupakan salah satu menu andalan di Rumah Makan Klapa Manis, untuk satu paket Nasi Liwet isinya sangat beraneka ragam lauk pauk.

"Nasi Liwetnya kita menggunakan tampah, untuk menunya juga macam-macam ada pepes ikan peda, ada tahu dan tempe goreng, lalu ada ayam ungkep yang dibakar, petai goreng dan bakar, lalu ada juga nasi ditambah lalapannya. Dan, untuk menikmati Nasi Liwet ini pengunjung cukup membayar Rp 175 ribu untuk empat orang," lanjutnya yang juga Pengurus ICA (Indonesia Chef Association). 

 

Rumah makan ini, mempunyai kapasitas hingga 700 orang, untuk yang dilangai atas atau lantai satu, bisa mencapai 250 orang, untuk yang di lantaia dua dapat menampung 100 orang, lantai tiga 40 orang dan lantai paling bawah, bisa sampai 200 orang.

Nono juga menceritakan bahwa dirinya sangat peduli sekali dengan pariwisata, kebudayaan dan seni tradisi yang ada di Kota Cirebon. untuk itu dirinya ingin sekali membangkitkan semangat anak-anak melalui seni tradisi yang Ia tampilkan di Rumah Makan Klapa Manis.

"Karena Saya orang Cirebon yang punya tanggung jawab untuk melestarikan seni tradisi dan budaya di Cirebon. Makanya, saya bawa anak- anak yang masih duduk dibangsu Sekolah Dasar untuk mempertunjukkan kesenian melalui seni tari, salah satunya Tari Topeng," ungkapnya yang juga salah satu ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Cirebon.

Sementara, untuk menu lainnya yang ditawarkan di rumah makan ini berkisaran mulai dari harga Rp 36 ribu hingga Rp 175 ribu. Sedangkan untuk minumannya sendiri berkisar mulai dari Rp 20 ribu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengurus Cabang Persatuan Squash Indonesia DKI Jakarta masa bakti 2018-2022

Kamis, 17 Januari 2019 - 18:22 WIB

Amalia Berambisi Bawa Atlet Squash DKI Jakarta Juara

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI), Alfitra Salamm hari ini Kamis (17/1/2019) resmi melantik Pengurus Provinsi dan Pengurus Cabang Persatuan Squash Indonesia DKI Jakarta…

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…