Rumah Makan Ini Suguhkan Pemandangan Keasrian Alam Kota Cirebon

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Desember 2017 - 15:52 WIB

Rumah Makan Klapa Manis Cirebon (Foto Dije)
Rumah Makan Klapa Manis Cirebon (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Cirebon- Tiap daerah mempunyai keunggulannya an keunikannya masing-masing, seperti mengunggulan destinasi wisata atau kuliner yang beraneka ragam rasanya. Seperti di Kabupaten Cirebon ini, terletak di Jalan Raya Cirebon Kuningan, Gronggong, Patapan. Beber, Jawa Barat ada salah satu restoran yang unik yakni Rumah Makan Klapa Manis.

Rumah Makan Klapa Manis yang berdiri sejak tahun 2017 ini, merupakan rumah makan yang unik. Karena para pengunjung bisa sembari menikmati keindahan kota Cirebon. Rumah makan Klapa Manis ini salah satu restoran yang masih mempertahankan kearifan lokal kota Cirebon.

Menurut Nono Warsono, General Manager Rumah Makan Klapa Manis di Cirebon, mengatakan rumah makan ini mempunai empat lantai.

"Lantai awal, kita menyuguhkan pemandangan view yang ada di Kota Cirebon, khususnya pada saat malam hari. Lalu lantai kedua, bisa pakai untuk acara gathring, ulang tahun dan untuk acara lainnya. Karena memang dikhususkan dan disewakan," katanya kepada Industry.co.id, di Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Ia juga mengatakan, untuk lantai tiga hanya untuk tenpat makan pada umumnya. "Sementara, untuk lantai keempatnya terdapat taman. Semua nuansanya kita tidam ada yang modern, semuanya alam," sambung Nono.

Nono juga menjelaskan ada beberapa menu favorit yang biasa dipesan oleh para pengunjung ataupun wisatawan, yakni Nasi Liwet. Dirinya juga mengungkapkan mengapa Nasi Liwet menjadi andalan di Rumah Makan Klapa Manis.

"Kita ada paket Liwet, kenapa Saya bikin paket Liwet? Karena, di Cirebon banyak pesantren, Kita mengadopsi dari sana. Pesantren itu kan makannya satu tempat bareng-bareng, karena di situ ada unsur kebersamaannya, kekeluargaannya juga ada yang kita tidak dapatkan di rumah," paparnya.

Nasi Liwet ini merupakan salah satu menu andalan di Rumah Makan Klapa Manis, untuk satu paket Nasi Liwet isinya sangat beraneka ragam lauk pauk.

"Nasi Liwetnya kita menggunakan tampah, untuk menunya juga macam-macam ada pepes ikan peda, ada tahu dan tempe goreng, lalu ada ayam ungkep yang dibakar, petai goreng dan bakar, lalu ada juga nasi ditambah lalapannya. Dan, untuk menikmati Nasi Liwet ini pengunjung cukup membayar Rp 175 ribu untuk empat orang," lanjutnya yang juga Pengurus ICA (Indonesia Chef Association). 

 

Rumah makan ini, mempunyai kapasitas hingga 700 orang, untuk yang dilangai atas atau lantai satu, bisa mencapai 250 orang, untuk yang di lantaia dua dapat menampung 100 orang, lantai tiga 40 orang dan lantai paling bawah, bisa sampai 200 orang.

Nono juga menceritakan bahwa dirinya sangat peduli sekali dengan pariwisata, kebudayaan dan seni tradisi yang ada di Kota Cirebon. untuk itu dirinya ingin sekali membangkitkan semangat anak-anak melalui seni tradisi yang Ia tampilkan di Rumah Makan Klapa Manis.

"Karena Saya orang Cirebon yang punya tanggung jawab untuk melestarikan seni tradisi dan budaya di Cirebon. Makanya, saya bawa anak- anak yang masih duduk dibangsu Sekolah Dasar untuk mempertunjukkan kesenian melalui seni tari, salah satunya Tari Topeng," ungkapnya yang juga salah satu ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Cirebon.

Sementara, untuk menu lainnya yang ditawarkan di rumah makan ini berkisaran mulai dari harga Rp 36 ribu hingga Rp 175 ribu. Sedangkan untuk minumannya sendiri berkisar mulai dari Rp 20 ribu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indosat Ooredoo (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 20 November 2018 - 13:00 WIB

Indosat Bangun Infrastruktur Broadband Masuki Revolisi 4.0

Indosat Ooredoo menyebut pihaknya berperan dalam membangun sarana infrastruktur broadband sebagai persiapan memasuki Revolusi Industri 4.0 yang sangat menekankan pada koneksi dan penggunaan…

Wisata Kapal Layar (Foto ist)

Selasa, 20 November 2018 - 11:29 WIB

Nias Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatra Utara, sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia 2018.

Logo Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) (hukumonline)

Selasa, 20 November 2018 - 11:06 WIB

YLKI Terima 72 Aduan Terkait Fintech

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengaku telah menerima 72 pengaduan konsumen terkait layanan finansial teknologi sepanjang tahun 2018. Dan tercatat ada 29 Fintech yang diadukan kepada…

CEO Bank Sleman, Muhammad Sigit (tengah), menerima Penghargaan Bank Terbaik, yang diserahkan Pendiri Indonesia-Asia Institute - Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM dan disaksikan oleh Ketua Dewan Juri-APBI-VII-2018 Prof.Dr.Ir.Marsudi W

Selasa, 20 November 2018 - 11:02 WIB

Inilah Perbankan Terbaik Indonesia Peraih APBI-VII-2018 & ABPRI-VI-2018

Era Disrupsi digital membuat bank harus mengubah cara berpikir, sehingga lebih dinamis dalam dan aktif mencari konsumen, untuk terus berinovasi dalam menghadapi disrupsi Digital. Inilah perusahaan…

Kemenpar branding Wonderful Indonesia melalui bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.

Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Makin Agresif, Bus Wisata Wonderful Indonesia Keliling Australia

Promosi Wonderful Indonesia tidak henti-hentinya dilakukan Kementerian Pariwisata. Kali ini Australia menjadi target. Caranya, dengan mem-branding bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.…