Rumah Makan Ini Suguhkan Pemandangan Keasrian Alam Kota Cirebon

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Desember 2017 - 15:52 WIB

Rumah Makan Klapa Manis Cirebon (Foto Dije)
Rumah Makan Klapa Manis Cirebon (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Cirebon- Tiap daerah mempunyai keunggulannya an keunikannya masing-masing, seperti mengunggulan destinasi wisata atau kuliner yang beraneka ragam rasanya. Seperti di Kabupaten Cirebon ini, terletak di Jalan Raya Cirebon Kuningan, Gronggong, Patapan. Beber, Jawa Barat ada salah satu restoran yang unik yakni Rumah Makan Klapa Manis.

Rumah Makan Klapa Manis yang berdiri sejak tahun 2017 ini, merupakan rumah makan yang unik. Karena para pengunjung bisa sembari menikmati keindahan kota Cirebon. Rumah makan Klapa Manis ini salah satu restoran yang masih mempertahankan kearifan lokal kota Cirebon.

Menurut Nono Warsono, General Manager Rumah Makan Klapa Manis di Cirebon, mengatakan rumah makan ini mempunai empat lantai.

"Lantai awal, kita menyuguhkan pemandangan view yang ada di Kota Cirebon, khususnya pada saat malam hari. Lalu lantai kedua, bisa pakai untuk acara gathring, ulang tahun dan untuk acara lainnya. Karena memang dikhususkan dan disewakan," katanya kepada Industry.co.id, di Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Ia juga mengatakan, untuk lantai tiga hanya untuk tenpat makan pada umumnya. "Sementara, untuk lantai keempatnya terdapat taman. Semua nuansanya kita tidam ada yang modern, semuanya alam," sambung Nono.

Nono juga menjelaskan ada beberapa menu favorit yang biasa dipesan oleh para pengunjung ataupun wisatawan, yakni Nasi Liwet. Dirinya juga mengungkapkan mengapa Nasi Liwet menjadi andalan di Rumah Makan Klapa Manis.

"Kita ada paket Liwet, kenapa Saya bikin paket Liwet? Karena, di Cirebon banyak pesantren, Kita mengadopsi dari sana. Pesantren itu kan makannya satu tempat bareng-bareng, karena di situ ada unsur kebersamaannya, kekeluargaannya juga ada yang kita tidak dapatkan di rumah," paparnya.

Nasi Liwet ini merupakan salah satu menu andalan di Rumah Makan Klapa Manis, untuk satu paket Nasi Liwet isinya sangat beraneka ragam lauk pauk.

"Nasi Liwetnya kita menggunakan tampah, untuk menunya juga macam-macam ada pepes ikan peda, ada tahu dan tempe goreng, lalu ada ayam ungkep yang dibakar, petai goreng dan bakar, lalu ada juga nasi ditambah lalapannya. Dan, untuk menikmati Nasi Liwet ini pengunjung cukup membayar Rp 175 ribu untuk empat orang," lanjutnya yang juga Pengurus ICA (Indonesia Chef Association). 

 

Rumah makan ini, mempunyai kapasitas hingga 700 orang, untuk yang dilangai atas atau lantai satu, bisa mencapai 250 orang, untuk yang di lantaia dua dapat menampung 100 orang, lantai tiga 40 orang dan lantai paling bawah, bisa sampai 200 orang.

Nono juga menceritakan bahwa dirinya sangat peduli sekali dengan pariwisata, kebudayaan dan seni tradisi yang ada di Kota Cirebon. untuk itu dirinya ingin sekali membangkitkan semangat anak-anak melalui seni tradisi yang Ia tampilkan di Rumah Makan Klapa Manis.

"Karena Saya orang Cirebon yang punya tanggung jawab untuk melestarikan seni tradisi dan budaya di Cirebon. Makanya, saya bawa anak- anak yang masih duduk dibangsu Sekolah Dasar untuk mempertunjukkan kesenian melalui seni tari, salah satunya Tari Topeng," ungkapnya yang juga salah satu ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Cirebon.

Sementara, untuk menu lainnya yang ditawarkan di rumah makan ini berkisaran mulai dari harga Rp 36 ribu hingga Rp 175 ribu. Sedangkan untuk minumannya sendiri berkisar mulai dari Rp 20 ribu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.