Berikut Cara Terbaik Menjawab 7 Pertanyaan Tersulit Wawancara Kerja Profesional HRD

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 23 Desember 2017 - 18:53 WIB

Ilustrasi interview HR (femina.co.id)
Ilustrasi interview HR (femina.co.id)

INDUSTRY.co.id - Anda mungkin seorang HR profesional kawakan dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mewawancarai kandidat untuk sebuah pekerjaan, tapi itu belum tentu membuatnya lebih mudah berada di sisi lain meja.

Terkadang itu sangat membantu Anda untuk memiliki perspektif yang berbeda dalam persiapan Anda untuk wawancara yang akan datang.

Anda tidak akan salah dengan seri Lembar Latihan Wawancara kami, di mana kami menyoroti pertanyaan pada saat wawancara untuk dunia industri secara spesifik, lengkap dengan wawasan kami mengenai arti sebenarnya dari setiap pertanyaan dan cara terbaik untuk menjawabnya.

Berikut adalah 7 peringkat teratas pertanyaan wawancara yang sulit bagi profesional HR dengan pengalaman kerja:

1. Apa yang paling anda sukai dari bekerja di HR?

Maksudnya adalah

Pewawancara ingin mengetahui tentang hal apakah dari profesi tersebut yang menjadi motivasi Anda dan membuat Anda terinspirasi.

Cara terbaik untuk menjawabnya

Ilustrasikan dari pengalaman pribadi Anda, bicarakan tentang aspek dari HR yang paling Anda hargai, mis. proses menarik dan mempertahankan talenta, membuat karyawan termotivasi dan terinspirasi, mulai dari inisiatif membangun tim dan program-program, dan lain-lain. Jadikan hal pribadi dan spesifik ini menunjukkan semangat dan keaslian Anda.

2. Apa kualitas penting yang harus dimiliki seorang HR untuk sukses dalam bidang HR, menurut pendapat Anda?

Maksudnya adalah

Ini adalah cara halus untuk membaca kepribadian dan nilai Anda.

Cara terbaik untuk menjawabnya

Identifikasi beberapa atribut dan bagikan pemikiran Anda mengapa Anda menganggapnya penting. Anda juga bisa mengutip contoh dari manajer sebelumnya yang mengaplikasikan kualitas ini dengan baik, yang langkahnya Anda ikuti saat ini.

3. Apa yang membuat Anda menjadi orang terbaik untuk pekerjaan ini?

Maksudnya adalah

Pewawancara ingin melihat apakah Anda memahami persyaratan pekerjaan yang diperinci dalam iklan, dan berapa banyak penyelidikan yang telah Anda lakukan terhadap perusahaan dan budaya kerjanya. Singkatnya, dia ingin tahu apa yang membuat Anda berbeda dari pelamar lainnya.

Cara terbaik untuk menjawabnya

Dengan asumsi Anda telah melakukan uji kelayakan terhadap perusahaan dan posisi Anda, Anda harus dapat merinci bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda sesuai dan sudah melengkapi persyaratan pekerjaan dan nilai dari perusahaan tersebut.

Tujuan Anda harus meyakinkan pewawancara bahwa Anda akan cocok dengan budaya perusahaan dan menjadi aset berharga bagi organisasi.

4. Dengan kata-kata Anda sendiri, jelaskan mengapa HR memiliki fungsi penting dalam organisasi manapun.

Maksudnya adalah

Ini adalah cara tidak langsung bagi pewawancara untuk mengukur pemahaman dan interpretasi Anda tentang apa yang disimbolkan oleh HR dan pentingnya departemen ini terhadap organisasi.

Cara terbaik untuk menjawabnya

Ini adalah kunci untuk mencocokkan jawaban Anda dengan visi dan tujuan perusahaan yang menunjukkan bahwa Anda akan sesuai dengan budaya dan nilai mereka. Inilah sebabnya mengapa menyelidiki perusahaan terlebih dahulu adalah suatu keharusan.

Jika Anda tidak tahu apa yang penting bagi mereka dan apa yang ingin mereka capai, Anda tidak akan dapat menyelaraskan tujuan Anda dengan mereka.

5. Berdasarkan pengamatan Anda tentang praktik HR pada umumnya, sebutkan 3 area yang menurut Anda paling membutuhkan peningkatan.

Maksudnya adalah

Calon potensial pimpinan Anda ingin mendengar gagasan dan pemikiran Anda tentang praktik terbaik yang bisa digunakan di industri ini. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menilai pemahaman Anda tentang masalah HR yang umum terjadi dan kemampuan analisis Anda.

Cara terbaik untuk menjawabnya

Fokus pada area yang perlu ditingkatkan yang nantinya akan memberi keuntungan bagi bisnis perusahaan dan organisasi dalam hal efisiensi, retensi karyawan dan pengembangan karir jangka panjang. HR adalah semua tentang sumber daya manusia, dimana tanpa mereka keberadaan bisnis akan berakhir.

6. Apa yang menurut Anda menjadi tantangan terbesar dalam bekerja di bidang HR dan bagaimana cara Anda menghadapinya?

Maksudnya adalah

Pewawancara ingin mengidentifikasi kelemahan Anda dan mengevaluasi kinerja Anda jika di bawah tekanan.

Cara terbaik untuk menjawabnya

Ambil contoh di mana Anda dihadapkan pada situasi yang penuh tekanan dan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam menanganinya.

Jangan takut untuk berkata jujur. Bicarakan bidang mana yang paling sering Anda gumuli, dan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan Anda. Yang penting disini adalah bagaimana cara Anda menunjukkan inisiatif dan kemauan untuk berkembang dan pantang menyerah.

7. Prestasi Anda yang paling penting sampai saat ini?

Maksudnya adalah

Pewawancara ingin melihat: a) bagaimana Anda menjual prestasi Anda, dan b) penerapan keterampilan yang Anda miliki.

Cara terbaik untuk menjawabnya

Pikirkan sebuah contoh spesifik yang dapat menunjukkan kekuatan dan kompetensi Anda sebagai profesional HR. Jika memungkinkan, sebutkan sebuah contoh di mana Anda memberikan kontribusi khusus kepada departemen atau perusahaan.

Beritahu sedetail mungkin dan bila perlu sertakan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengatasi rintangan yang Anda hadapi di sepanjang jalan.

Tip terakhir:

Bekerja di bidang HR membutuhkan kepribadian yang menyenangkan, orang yang memiliki keterampilan sosial yang kuat dan mempunyai sentuhan kepribadian karena setiap individu berbeda. Ini semua tentang bagaimana cara menyeimbangkan keseimbangan yang tepat antara kepercayaan diri dan kepribadian diri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…