Berkunjung ke Cirebon, Yuk! Mencicipi Kuliner Empal Gentong H. Apud

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Desember 2017 - 09:41 WIB

Kuliner Empal Gentong H. Apud Cirebon (Foto Dije)
Kuliner Empal Gentong H. Apud Cirebon (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Cirebon-Berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner khas di daerah tersebut. Salah satunya, jika berkunjung ke Kota Cirebon jangan sampai lupa mencicipi kuliner khasnya yaitu Empal Gentong.

Cirebon memang kota yang terkenal dengan udangnya tetapi, juga terkenal kuliner Empal Gentongnya juga. Salah satunya, jika Anda berniat mencicipi Empal Gentong yang melegenda di Cirebon, bisa mengunjungi ke Empal Gentong H. Apud.

Empal Gentong H. Apud, terletak di Jalan Raya. Irm H. Djuanda No. 24, Battembat, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat. Tim Industry.co.id bersama tim dari Kementerian Pariwisata dan Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berkesempatan untuk mencicipi si kuliner yang melegenda ini.

Berdiri sejak tahun 1994, Empal Gentong H. Apud tak pernah sepi pengunjung hingga saat ini. Menurut Regina, salah satu tour guide Kami selama di Cirebon mengatakan, Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas Cirebon. Makanan ini berkuah, karena masaknya di gentong jadi namanya Empal Gentong.

"Kenapa dinamakan Empal Gentong sejenis makanan berkuah, karena dulu belum ada panci, makanya masaknya secara tradisional, yakni di gentong," cerita Regina, di Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Selain memasak dengan gentong, makanan ini juga dimasak menggunakan kayu bakar yang berbeda dengan kayu bakar lainnya.

"Dari dulu juga masaknya juga sudah tradisional, selain pakai gentong juga pakai kayu bakar. Kayunya khusus yakni dari kayu asem. Karena, ada aromanya yang terkandung yang bisa meresap ke gentong yang membuat kuahnya mempunyai aroma yang khas," jelas Regina.

Empal Gentong H. Apud sendiri menggunakan daging sapi yang masih fresh yang dipotong di tempat penjagalan hewan.

Untuk menunya, selain Empal Gentong ada juga Empal Asem, Sate Kambing muda, Nasi Lengko dan Tahu Gejrot. Untuk harga Empal Gentong dapat dibanderol Rp 22 ribu, Empal Asem seharga Rp 22 ribu, untuk Sate Kambing Muda Rp 40 ribu dan, Nasi Lengko Anda bisa menikmati dengan cukup membayar Rp 15 ribu.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Dr KH Din Syamsuddin MA (Foto Ist)

Minggu, 23 September 2018 - 08:20 WIB

Din Syamsudin akan Mundur Sebagai Utusan Khusus Presiden

Presiden Joko Widodo mengatakan akan menerima kedatangan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin terkait pengunduran dirinya sebagai utusan khusus presiden untuk dialog dan kerja sama…

Patung Garuda Wisnu Kencana dinyatakan selesai dibangun di lokasi baru, Garuda Wisnu Kencana Culture Parki. Icon baru Bali, salah satu patung tertinggi di dunia, 271 meter, Habiskan 3.000 ton atau setara 2,5 hektar lembaran tembaga.

Minggu, 23 September 2018 - 08:10 WIB

GWK Patung Tembaga dan Tertinggi Ketiga di Dunia

Presiden Joko Widodo merasa senang dan bangga dengan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang menurutnya merupakan mahakarya anak bangsa. Patung GWK layak disebut mahakarya karena merupakan salah…

Presiden Jokowi dan KH Maruf Amin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 08:00 WIB

KH Maruf Amin Resmi Mundur Sebagai Rais Aam PBNU

Ma'ruf Amin resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Rais Aam Ma'ruf Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Sabtu (23/8/2019)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Kabupaten Badung Bali, Sabtu (22/9/2018) malam. (Foto: Humas Biro Staf Presiden)

Minggu, 23 September 2018 - 07:44 WIB

28 Tahun Berproses, Jokowi Resmikan Patung GWK di Bali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Kabupaten Badung Bali, Sabtu (22/9/2018) malam. Patung GWK layak disebut…

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Minggu, 23 September 2018 - 07:40 WIB

Menhan Ajak Masyarakat Lampung Bersatu Dalam Perdamaian

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu ketika melakukan kunjungan di Lampung dan bertatap muka dengan elemen masyarakat setempat di Gedung Graha Karya Utama, Bandarlampung, Sabtu (22/9/2018)…