Berkunjung ke Cirebon, Yuk! Mencicipi Kuliner Empal Gentong H. Apud

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Desember 2017 - 09:41 WIB

Kuliner Empal Gentong H. Apud Cirebon (Foto Dije)
Kuliner Empal Gentong H. Apud Cirebon (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Cirebon-Berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner khas di daerah tersebut. Salah satunya, jika berkunjung ke Kota Cirebon jangan sampai lupa mencicipi kuliner khasnya yaitu Empal Gentong.

Cirebon memang kota yang terkenal dengan udangnya tetapi, juga terkenal kuliner Empal Gentongnya juga. Salah satunya, jika Anda berniat mencicipi Empal Gentong yang melegenda di Cirebon, bisa mengunjungi ke Empal Gentong H. Apud.

Empal Gentong H. Apud, terletak di Jalan Raya. Irm H. Djuanda No. 24, Battembat, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat. Tim Industry.co.id bersama tim dari Kementerian Pariwisata dan Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) berkesempatan untuk mencicipi si kuliner yang melegenda ini.

Berdiri sejak tahun 1994, Empal Gentong H. Apud tak pernah sepi pengunjung hingga saat ini. Menurut Regina, salah satu tour guide Kami selama di Cirebon mengatakan, Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas Cirebon. Makanan ini berkuah, karena masaknya di gentong jadi namanya Empal Gentong.

"Kenapa dinamakan Empal Gentong sejenis makanan berkuah, karena dulu belum ada panci, makanya masaknya secara tradisional, yakni di gentong," cerita Regina, di Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Selain memasak dengan gentong, makanan ini juga dimasak menggunakan kayu bakar yang berbeda dengan kayu bakar lainnya.

"Dari dulu juga masaknya juga sudah tradisional, selain pakai gentong juga pakai kayu bakar. Kayunya khusus yakni dari kayu asem. Karena, ada aromanya yang terkandung yang bisa meresap ke gentong yang membuat kuahnya mempunyai aroma yang khas," jelas Regina.

Empal Gentong H. Apud sendiri menggunakan daging sapi yang masih fresh yang dipotong di tempat penjagalan hewan.

Untuk menunya, selain Empal Gentong ada juga Empal Asem, Sate Kambing muda, Nasi Lengko dan Tahu Gejrot. Untuk harga Empal Gentong dapat dibanderol Rp 22 ribu, Empal Asem seharga Rp 22 ribu, untuk Sate Kambing Muda Rp 40 ribu dan, Nasi Lengko Anda bisa menikmati dengan cukup membayar Rp 15 ribu.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?