Perlu Diperhatikan, BNPB Prediksi 2.000 Kejadian Bencana Sepanjang 2018

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Desember 2017 - 06:04 WIB

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)
BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi 2.000 kejadian bencana akan terjadi di 2018 yang didominasi oleh bencana hidrometeorologi mulai dari banjir, longsor hingga puting beliung.

"Jika mengacu pada prakiraan BMKG maka di 2018 musim kemarau dan hujan akan normal. Namun prediksi kita ada sekitar 2.000 kejadian bencana di 2018 yang 90 persen merupakan bencana hidrometeorologi," kata Kepala Pusat dan Informasi Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Kamis (21/12/2017)

Besaran bencana banjir maupun longsor, menurut dia, sangat tergantung dengan intensitas hujan. Dengan kondisi lingkungan yang "darurat ekologis", di mana kerusakan lingkungan, degradasi hutan, Daerah Aliran Sungai (DAS) kritis yang meluas membuat bencana banjir dan tanah longsor meluas.

Bencana-bencana hidrometeorologi tersebut, lanjutnya, akan banyak terjadi di musim hujan yaitu pada November 2017 hingga April 2018, dan puncaknya akan terjadi pada Februari hingga Maret 2018.

"Dari bencana-bencana hidrometeorologi yang terjadi, longsor paling banyak menelan korban, ini karena masyarakat masih banyak yang tinggal di zona merah rawan bencana," ujar Sutopo.

Selain itu, ia meminta masyarakat yang memang tinggal di daerah yang rawan atau langganan banjir dan longsor untuk selalu waspada mengingat bencana-bencana hidrometeorologi tersebut terjadi di lokasi yang sama, dan hanya akan meluas jika terjadi kejadian ekstrem.

"Siklon tropis memang jarang terjadi di Indonesia, tapi dengan hujan intensitas biasa saja sudah persoalan karena daya dukung dan daya tampung lingkungan sudah sangat buruk," ujar dia.

Siklon tropis, menurut dia, biasanya terjadi di 10 derajat Lintang Utara (LU) dan 10 derajat Lintang Selatan (LS). Saat siklon semakin mendekat ke darat maka kekuatannya semakin lemah.

Ia mengatakan dampak perubahan iklim sangat signifikan untuk Indonesia. Hujan semakin lebat dan frekuensinya meningkat.

Antisipasi karhutla Sutopo menegaskan musim kering di beberapa daerah akan terjadi dua kali, yakni pada Februari-Maret dan Juni-Oktober 2018. Karenanya antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) harus sudah dilakukan sejak dini.

Ia mengingatkan potensi asap dari karhutla yang bisa terjadi pada perhelatan Asian Games 2018 yang akan di gelar di Jakarta dan Palembang yang rawan karhutla.

"18 Agustus 2018 itu Asian Games dimulai, itu sudah masuk musim kering. Pelaksanaannya di Palembang yang merupakan provinsi rawan karhutla karenanya antisipasi kita lakukan".

BNPB dan aparat lainnya, menurut Sutopo, sudah mempersiapkan helikopter untuk "water booming" dan pesawat untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Sumatera Selatan.

"Prakiraan BMKG tahun depan sama dengan tahun ini, kondisinya hujan dan kemarau normal. Karhutla bisa ditekan di 2017, kita akan terus melakukan antisipasi dan siap melakukan pemadaman di 2018," ujar dia kepada awak media.

Namun demikian, ia mengingatkan agar pemerintah daerah yang akan disibukkan dengan Pilkada tetap waspada. Ada 117 Pilkada di provinsi, kabupaten dan kota di 2018, dan itu akan berpengaruh pada pelaksanaan penanggulangan bencana sehingga perlu diantisipasi sejak saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…