Gandeng Doku, Tunas Group Luncurkan Aplikasi Mobile

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 20 Desember 2017 - 07:16 WIB

Gandeng Doku, Tunas Group Luncurkan Aplikasi Mobile (Foto Abe)
Gandeng Doku, Tunas Group Luncurkan Aplikasi Mobile (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Tunas Group, sebagai group dealer otomotif resmi independen terbesar untuk Toyota dan Daihatsu, pada Selasa (19/12/2017), meluncurkan aplikasi ‘Tunas Friend’ sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan melalui pemanfaatan teknologi sebagai platform terpadu informasi.

Selain memberikan kemudahan akses seputar informasi otomotif, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur e-wallet, dimana Tunas Group menjalin kerja sama dengan DOKU sebagai penyedia layanan pembayaran eletronik dan manajemen resiko berlisensi, untuk menghadirkan fitur e-wallet di dalam aplikasi Tunas Friend.

Sejalan dengan perkembangan jaman yang kian digital, Tunas Group yang telah melayani kebutuhan otomotif konsumen Indonesia selama 30 tahun pun mulai berevolusi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman, sehingga dapat lebih baik lagi melayani konsumen. Semua jenis layanan Tunas Group yang tadinya bersifat ‘offline’, seperti simulasi perhitungan kredit kendaraan, layanan perawatan kendaraan (service history dan estimasi service berikutnya), sampai dengan permintaan test drive, kini terintegrasi dalam aplikasi Tunas Friend.

“Selain dapat mengakses layanan konvensional Tunas Group secara online, kami juga memanfaatkan aplikasi Tunas Friend untuk menjangkau pelanggan lebih dekat melalui promo-promo dan program direct Marketing lainnya yang menarik. Kami berharap tidak hanya mudah digunakan, namun aplikasi ini juga dapat memperluas jangkauan penjualan serta meningkatkan interaksi antara Tunas Group dan pelanggan” ujar Rahmanda Rizki Pratama, Marketing Communication Section Head Tunas Group.

Menurutnya, melalui aplikasi Tunas Friend yang dilengkapi dengan fitur e-wallet, pihaknya ingin memberikan pengalaman baru bagi para pelanggan, dimana selain info otomotif mereka juga mendapatkan manfaat dan fungsi aplikasi yang lebih luas. Intinya kami ingin mengusung semangat one stop shopping with new automotive experience.

Melengkapi konsep one stop shopping, para pelanggan dapat memanfaatkan fitur e-wallet yang berada di dalam aplikasi Tunas Friend ini untuk melakukan beragam jenis transaksi e-Commerce, mulai dari belanja online di ribuan merchant DOKU, membeli pulsa/paket data dan token listrik, melakukan transfer dari dan ke bank lokal manapun, hingga belanja offline serta tarik tunai di Alfamart.

Irfan Burhan, VP Merchant Business DOKU, mengatakan, kehadiran fitur e-wallet di dalam aplikasi Tunas Friend tak sekadar tentang memberikan kemudahan bagi pelanggan Tunas Group dalam melakukan beragam transaksi online yang mendukung gaya hidup modern, tapi juga menambahkan keberagaman fungsi yang bermanfaat bagi pelanggan Tunas Group.

Menurut data Kominfo, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia tahun 2020 diproyeksikan menembus US$ 130 miliar atau 20% PDB (produk domestik bruto) Indonesia. Proyeksi ini menempatkan Indonesia sebagai pasar ekonomi digital terbesar di kawasan ASEAN.

Ditambahkan oleh Dannan Dwiyan, selaku Marketing & Busdev Tunas Group, melalui aplikasi Tunas Friend para pelanggan maupun calon pengguna baik Toyota maupun Daihatsu dapat mengakses informasi lengkap tentang mobil yang mereka inginkan, mulai dari mencari model mobil, mengetahui detail spesifikasi mobil sampai kebutuhan after sales, termasuk informasi tentang jaringan cabang Tunas Group yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Bandung dan didukung oleh Call Center kami.

Kolaborasi antara Tunas Group dan DOKU yang tertuang dalam wujud aplikasi Tunas Friend, merupakan contoh nyata bagaimana Fintech mendukung industri otomotif Nasional.

“ Pada fase awal, kami membenamkan fitur-fitur basic yang ada di DOKU e-Wallet pada fitur e-wallet di aplikasi Tunas Friend. Kami akan terus menambahkan fitur-fitur baru yang pastinya akan semakin menambah kenyamanan bertransaksi para pelanggan, seperti misalnya fitur pembayaran cicilan mobil dan pembayaran biaya perawatan mobil langsung di dealer-dealer Tunas Group dengan menggunakan fitur e-wallet,” ujar Irfan.

Saat ini aplikasi Tunas Friend sudah tersedia dan dapat diunduh langsung dari Google Play. Sebagai promo perdana, pelanggan langsung mendapatkan Gratis 1 Liter Oli untuk mereka yang melakukan servis berkala 10.000 – 50.000 km dengan booking service melalui aplikasi Tunas Friend.

Tunas Toyota dan Tunas Daihatsu merupakan bagian bisnis unit jaringan outlet penjualan dan layanan purna-jual Tunas Group ( PT Tunas Ridean Tbk ).  Tunas Group merupakan grup otomotif independen terbesar yang memiliki 154 outlet, yang memiliki 39 cabang diler resmi, 3 pusat layanan perbaikan body kendaraan dan 36 pusat servis atau bengkel yang tersebar di kota besar seperti Jakarta, Banten, Bandung dan Lampung. Tunas memiliki visi menjadi perusahaan otomotif paling inovatif di Indonesia dengan menciptakan pengalaman mengesankan di setiap interaksi dengan pelanggan.

Sementara DOKU adalah payment company, penyedia layanan pembayaran elektronik dan manajemen resiko nasional pertama yang menawarkan solusi pembayaran sekaligus mitigasi resiko untuk merchant online. Berdiri dan terdaftar dengan nama PT. Nusa Satu Inti Artha, DOKU merupakah perusahaan lokal pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) Level 1 versi 3.2. Melayani lebih dari 26.000 merchant dengan berbagai skala usaha dari segala industri, DOKU terhubung langsung ke lima belas bank besar di Indonesia.

DOKU menyediakan pilihan pembayaran elektronik yang paling beragam baik bagi merchant, konsumen e-Commerce di seluruh Indonesia maupun mancanegara. DOKU merupakan salah satu penerbit e-money dan juga e-wallet di Indonesia yang diawasi dan telah mendapatkan ijin Bank Indonesia dan telah melayani lebih dari 1.6 juta pengguna serta salah satu pemegang lisensi layanan kirim uang/Remittance dengan koridor cash-in aktif di Malaysia, Hong Kong, Taiwan dan Singapura.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.