Bukit Asam Akan Gandeng Perusahaan BUMN Bangun PLTU

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 Desember 2017 - 14:05 WIB

PT Bukit Asam tbk (ist)
PT Bukit Asam tbk (ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Emiten pertambangan batibara, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan melakukan sinergi dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertambangan lainnya untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

“Kami akan konsolidasi dengan PT Aneka Tambang Tbk di Pomala, PT Timah Tbk di Bangka-Belitung, dan PT Inalum di Sumatera Utara. Energi batu bara-nya dari Bukit Asam,” kata Joko Pramono, Direktur Bukit Asam, Joko Pranomo.

Joko menambahkan, secara spesifik Bukit Asam belum membahas mengenai bentuk sinergi pengembangan PLTU tersebut. Saat ini, Bukit Asam tengah mengembangkan PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 di Muara Enim, Sumatera Selatan berkapasitas 2×620 megawatt (MW), yang direncanakan beroperasi pada 2021. 

Proyek tersebut dibangun bersama China Huadian yang kemudian membentuk perusahaan patungan, PT Huadian Bukit Asam Power. Huadian Bukit Asam telah menandatangani loan agreement senilai US$1,2 miliar dengan The Export-Import Bank of China (Cexim).

Selain PLTU Mulut Tambang Sumsel 8, Bukit Asam juga akan membangun PLTU Mulut Tambang Peranap yang terletak di Indragiri Hulu, Riau berkapasitas 2×300 MW. Pembangkit tersebut memanfaatkan lebih dari empat juta ton produksi batu bara per tahun di tambang Peranap.

PLTU Peranap akan menggunakan teknologi proven yang dapat membangkitkan tenaga listrk dengan harga kompetitif sesuai aturan pemerintah.

Bukit Asam juga bekerjasama dengan PT PLN (Persero) untuk membangun PLTU Mulut Tambang Sumsel 6 dengan kapasitas 2×300 MW di Tanjung Enim. Pembangkit Sumsel 6 akan memanfaatkan produksi batu bara di tambang Tanjung Enim dengan mencapai tiga juta ton per tahun.

Tidak hanya PLTU Mulut Tambang, Bukit Asam juga akan membangun PLTU Halmahera Timur dengan kapasitas 2×40 MW. PLTU tersebut akan menyediakan pasokan listrik untuk pabrik baru feronikel smelter milik Antam yang terletak di Halmahera Timur, Maluku Utara.

Perusahaan juga akan membangun PLTU Kuala Tanjung dengan kapasitas 2×350 MW untuk menyediakan pasokan listrik pabrik ekspansi aluminium smelter PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Pembangkit ini ditargetkan beroperasi pada 2021.

“Progress saat ini, sesuai proses pengembangan masing-masing. Kekuatan sinergi ini akan menjadi satu kesatuan menjadi produk yang lebih bagus,” kata Joko. (ra/de)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…