Bukit Asam Akan Gandeng Perusahaan BUMN Bangun PLTU

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 Desember 2017 - 14:05 WIB

PT Bukit Asam tbk (ist)
PT Bukit Asam tbk (ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Emiten pertambangan batibara, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan melakukan sinergi dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertambangan lainnya untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

“Kami akan konsolidasi dengan PT Aneka Tambang Tbk di Pomala, PT Timah Tbk di Bangka-Belitung, dan PT Inalum di Sumatera Utara. Energi batu bara-nya dari Bukit Asam,” kata Joko Pramono, Direktur Bukit Asam, Joko Pranomo.

Joko menambahkan, secara spesifik Bukit Asam belum membahas mengenai bentuk sinergi pengembangan PLTU tersebut. Saat ini, Bukit Asam tengah mengembangkan PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 di Muara Enim, Sumatera Selatan berkapasitas 2×620 megawatt (MW), yang direncanakan beroperasi pada 2021. 

Proyek tersebut dibangun bersama China Huadian yang kemudian membentuk perusahaan patungan, PT Huadian Bukit Asam Power. Huadian Bukit Asam telah menandatangani loan agreement senilai US$1,2 miliar dengan The Export-Import Bank of China (Cexim).

Selain PLTU Mulut Tambang Sumsel 8, Bukit Asam juga akan membangun PLTU Mulut Tambang Peranap yang terletak di Indragiri Hulu, Riau berkapasitas 2×300 MW. Pembangkit tersebut memanfaatkan lebih dari empat juta ton produksi batu bara per tahun di tambang Peranap.

PLTU Peranap akan menggunakan teknologi proven yang dapat membangkitkan tenaga listrk dengan harga kompetitif sesuai aturan pemerintah.

Bukit Asam juga bekerjasama dengan PT PLN (Persero) untuk membangun PLTU Mulut Tambang Sumsel 6 dengan kapasitas 2×300 MW di Tanjung Enim. Pembangkit Sumsel 6 akan memanfaatkan produksi batu bara di tambang Tanjung Enim dengan mencapai tiga juta ton per tahun.

Tidak hanya PLTU Mulut Tambang, Bukit Asam juga akan membangun PLTU Halmahera Timur dengan kapasitas 2×40 MW. PLTU tersebut akan menyediakan pasokan listrik untuk pabrik baru feronikel smelter milik Antam yang terletak di Halmahera Timur, Maluku Utara.

Perusahaan juga akan membangun PLTU Kuala Tanjung dengan kapasitas 2×350 MW untuk menyediakan pasokan listrik pabrik ekspansi aluminium smelter PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Pembangkit ini ditargetkan beroperasi pada 2021.

“Progress saat ini, sesuai proses pengembangan masing-masing. Kekuatan sinergi ini akan menjadi satu kesatuan menjadi produk yang lebih bagus,” kata Joko. (ra/de)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:00 WIB

Tingkat Layanan Jalan Tol, Menteri Rini Ikut Simulasi RFID Jasa Marga

PT Jasa Marga Tbk menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi para…