Kecelakaan Kerja di Proyek Apartemen Kemala Lagoon, Manejemen Tutup Informasi

Oleh : Irvan AF | Rabu, 04 Januari 2017 - 15:15 WIB

Ilustrasi Insiden di Apartemen (AFP/Getty Images)
Ilustrasi Insiden di Apartemen (AFP/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Bekasi  - Pihak pengelola proyek pembangunan apartemen Grand Kamala Lagoon, Bekasi Selatan, menutup akses informasi terkait dugaan kecelakaan kerja akibat runtuhnya konstruksi tangga darurat apartemen, Rabu (4/1/2017) pagi.

"Saya sebagai perwakilan wilayah dari Pemerintah Kota Bekasi tidak bisa masuk ke lokasi saat mencoba meminta informasi seputar dugaan kecelakaan kerja ini," kata Kordinator Lapangan Satpol PP Kecamatan Bekasi Selatan, Marudin, di Bekasi.

Dia mengaku menyayangkan pihak kontraktor yang menutup rapat informasi seputar kecelakaan itu.

Informasi yang dihimpun berdasarkan laporan Kepolisian Sektor Bekasi Selatan menyebutkan kecelakaan itu berlangsung pukul 01.20 WIB saat enam pekerja tengah membangun konstruksi tangga darurat lantai 22 dan 23 di Tower Emerald 1.

Saat itu tangga darurat apartemen yang menggunakan bahan baku konstruksi beton bertulang di lantai 33 dan 32 diduga tidak sesuai bestek sehingga roboh, sementara material tangganya tertahan hingga ke lantai 4.

"Material tangga darurat dari lantai 33 ke bawah ambruk dan materialnya tertahan di lantai empat," kata Marudin.

Informasi yang dihimpun Antara dari lokasi melaporkan, seorang pekerja konstruksi bangunan bernama Pajar Sidik hingga berita ini dibuat masih terjebak di lantai basement apartemen.

Sejumlah petugas masih dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi Pajar dari lokasi kejadian.

Sedangkan satu pekerja lainnya atas nama Omen mengalami luka berat diduga akibat tertimpa konstruksi tangga darurat dan telah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Sebanyak empat pekerja lainnya berhasil selamat karena saat kejadian berada di luar area tangga darurat yang roboh.

Sebanyak dua mobil ambulans dari Rumah Sakit UKI Jakarta dan salah satu rumah sakit swasta di Kota Bekasi nampak memasuki area apartemen pukul 10.15 WIB.

Dikatakan Marudin, kasus itu saat ini dalam penanganan Polsek Bekasi Selatan yang saat ini sudah berada di dalam area lokasi kejadian.

"Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Bayu Pratama masih berada di lokasi kejadian," katanya.

Sementara itu, sejumlah wartawan yang hendak meliput kejadian juga dihadang masuk ke area apartemen oleh sekitar sepuluh petugas keamanan proyek berseragam biru tua.

"Kami tertahan di luar area apartemen sejak pukul 08.00 WIB. Satpamnya melarang semua wartawan masuk," kata wartawan Kompas TV Alexander Blegur (27).(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…