Melalui Nusa Buku, Medco Ajak Masyarakat Perkuat Literasi Nusantara

Oleh : Candra Mata | Senin, 18 Desember 2017 - 23:16 WIB

MedcoFoundation gelar Talkshow Literasi Budaya Nusantara (dok INDUSTRY.co.id)
MedcoFoundation gelar Talkshow Literasi Budaya Nusantara (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Medco Group mengajak semua elemen bekerja bersama memperkuat literasi budaya nusantara.

Pemerintah, organisasi nonprofit, swasta, lembaga pendidikan, dan komunitas masyarakat perlu berkolaborasi membangun basis literasi Indonesia yang kokoh dan berkesinambungan.

Menurut Yani Panigoro, Direktur Medco Group, banyak inisiatif penguatan literasi dilakukan secara sendiri-sendiri. Misalnya, pemerintah konsentrasi pada pemerataan fasilitas, organisasi nonprofit pada kampanye minat baca, kampus pada penguatan konten.

"Bayangkan jika tiga pihak ini bekerja bersama, dampaknya akan sangat besar bagi literasi di nusantara, kata Yani Panigoro, di sela talkshow Nusa Buku: Literasi Budaya Nusantara di The Energy Building, Jakarta, Jumat (15/12) lalu.

Yani menyebut contoh upaya penguatan literasi oleh Medco Group, yakni Nusa Buku, yang dilaksanakan Medco Foundation. Melalui program ini, Medco mendorong terciptanya kerjasama banyak pihak dalam menguatkan literasi di Indonesia.

Nusa Buku adalah sebuah inisiatif untuk mendorong kerjasama banyak pihak dalam upaya menguatkan budaya literasi di Indonesia, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mendistribusikan buku ke berbagai daerah di Indonesia.

Program ini berawal dari kekhawatiran kami mengenai rendahnya minat baca dan sulitnya akses buku bacaan berkualitas, terutama bagi anak-anak usia sekolah di daerah-daerah tempat Medco Group beroperasi, mulai Aceh hingga Papua. Kami memandang perlu ada sebuah inisiatif untuk menjawab kekhawatiran tersebut, ujarnya.

Yani Panigoro mengatakan Nusa Buku bertujuan menghimpun donasi berupa buku-buku untuk disalurkan ke sekolah, taman baca, maupun perpustakaan daerah yang ada Jakarta, Yogyakarta, Merauke, dan Kepulauan Anambas, Aceh, dan Kalimantan.

Selain itu, Nusa Buku bertujuan meningkatkan minat baca generasi muda, terutama pelajar, di wilayah-wilayah yang menjadi sasaran program, memberikan akses bagi kebutuhan penguatan budaya literasi, dan menggerakkan partisipasi banyak pihak dalam upaya meningkatkan budaya literasi di Indonesia, kata Yani.

Melalui Nusa Buku ini, kami mengajak semua elemen di Indonesia berkolaborasi untuk memperkuat literasi di Indonesia, katanya lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…