Melalui Nusa Buku, Medco Ajak Masyarakat Perkuat Literasi Nusantara

Oleh : Candra Mata | Senin, 18 Desember 2017 - 23:16 WIB

MedcoFoundation gelar Talkshow Literasi Budaya Nusantara (dok INDUSTRY.co.id)
MedcoFoundation gelar Talkshow Literasi Budaya Nusantara (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Medco Group mengajak semua elemen bekerja bersama memperkuat literasi budaya nusantara.

Pemerintah, organisasi nonprofit, swasta, lembaga pendidikan, dan komunitas masyarakat perlu berkolaborasi membangun basis literasi Indonesia yang kokoh dan berkesinambungan.

Menurut Yani Panigoro, Direktur Medco Group, banyak inisiatif penguatan literasi dilakukan secara sendiri-sendiri. Misalnya, pemerintah konsentrasi pada pemerataan fasilitas, organisasi nonprofit pada kampanye minat baca, kampus pada penguatan konten.

"Bayangkan jika tiga pihak ini bekerja bersama, dampaknya akan sangat besar bagi literasi di nusantara, kata Yani Panigoro, di sela talkshow Nusa Buku: Literasi Budaya Nusantara di The Energy Building, Jakarta, Jumat (15/12) lalu.

Yani menyebut contoh upaya penguatan literasi oleh Medco Group, yakni Nusa Buku, yang dilaksanakan Medco Foundation. Melalui program ini, Medco mendorong terciptanya kerjasama banyak pihak dalam menguatkan literasi di Indonesia.

Nusa Buku adalah sebuah inisiatif untuk mendorong kerjasama banyak pihak dalam upaya menguatkan budaya literasi di Indonesia, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mendistribusikan buku ke berbagai daerah di Indonesia.

Program ini berawal dari kekhawatiran kami mengenai rendahnya minat baca dan sulitnya akses buku bacaan berkualitas, terutama bagi anak-anak usia sekolah di daerah-daerah tempat Medco Group beroperasi, mulai Aceh hingga Papua. Kami memandang perlu ada sebuah inisiatif untuk menjawab kekhawatiran tersebut, ujarnya.

Yani Panigoro mengatakan Nusa Buku bertujuan menghimpun donasi berupa buku-buku untuk disalurkan ke sekolah, taman baca, maupun perpustakaan daerah yang ada Jakarta, Yogyakarta, Merauke, dan Kepulauan Anambas, Aceh, dan Kalimantan.

Selain itu, Nusa Buku bertujuan meningkatkan minat baca generasi muda, terutama pelajar, di wilayah-wilayah yang menjadi sasaran program, memberikan akses bagi kebutuhan penguatan budaya literasi, dan menggerakkan partisipasi banyak pihak dalam upaya meningkatkan budaya literasi di Indonesia, kata Yani.

Melalui Nusa Buku ini, kami mengajak semua elemen di Indonesia berkolaborasi untuk memperkuat literasi di Indonesia, katanya lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Catur non master

Minggu, 18 November 2018 - 23:06 WIB

Lima Ratus Peserta Ramaikan Piala Catur Hatta Taliwang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Turnamen Catur non master dan master wanita di bawah umur 15 tahun, memperebutkan piala M Hatta Taliwang dalam rangka memperingati hari Pahlawan.…

Pedet

Minggu, 18 November 2018 - 19:52 WIB

Peningkatan Kelahiran Pedet Bukti Keberhasilan UPSUS SIWAB

INDUSTRY.co.id -

Luwuk Banggai,- Beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan panen pedet (anak sapi) yang hasilnya terbukti luar biasa. Ini menjadi salah satu bukti…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 November 2018 - 19:42 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja dan PDB Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta- Berdasarkan data BPS, pada periode 2015-2017, produktivitas tenaga kerja pada sektor pertanian dan PDB sektor pertanian mengalami peningkatan…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…