Pupuk Kaltim Raih Penghargaan Proper Nasional Peringkat Emas

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Desember 2017 - 15:59 WIB

Pupuk Kaltim Raih Penghargaan Proper Nasional Peringkat Emas
Pupuk Kaltim Raih Penghargaan Proper Nasional Peringkat Emas

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Pupuk Kalimatan Timur (Pupuk Kaltim) berhasil meraih penghargaan Proper Emas pada ajang Penghargaan Anugerah PROPER 2017 yang digelar di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin (18/12/2017). Pupuk Kaltim merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang berhasil meraih Proper Emas 2017. 

Penghargaan tertinggi dibidang Proper tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan diterima oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim, Bakir Pasaman. Dalam kesempatan tersebut, Bakir mengungkapkan, Pupuk Kaltim sangat bangga atas pencapaian penghargaan Proper Emas 2017. 

“Pencapaian luar biasa ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama solid jajaran Manajemen dan seluruh karyawan Pupuk Kaltim yang selalu mengedepankan aspek continuous improvement dan inovasi dalam segala hal,”
kata Bakir. 

Proper Emas adalah bukti upaya berkelanjutan Pupuk Kaltim dalam bidang lingkungan, efisiensi energi serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Pupuk Kaltim menjadi salah satu perusahaan dari 19 Perusahaan yang menerima Proper Emas 2017. Dengan diraihnya Propernas Emas, artinya dalam pengelolaan lingkungan, Pupuk Kaltim tidak hanya mengikuti standar-standar yang ditetapkan, tetapi telah melakukan praktek terbaik, terpadu dan berkelanjutan. “Kami terus melakukan inovasi dalam segaala bidang dan pencapaian ini merupakan bukti implementasi corporate sustainability,” kata Bakir.

Keberhasilan Pupuk Kaltim meraih Proper Emas melalui jalan yang cukup panjang, dimana sebelumnya Pupuk Kaltim meraih proper hijau sebanyak 4 (empat) kali berturut-turut. Berbagai program CSR dicanangkan secara konsisten sehingga berhasil meraih Proper emas. 

Pupuk Kaltim telah melakukan pendampingan dalam berbagai program CSR, utamanya dalam program CSR unggulan, yaitu Kompos Berbasis Masyarakat, Budidaya Tanaman Obat Keluarga, Better Living in Malahing, Budidaya Kerapu dan Lobster di Keramba Jaring Apung serta Inkubator Bisnis untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Hasil dari pendampingan tersebut, beberapa penghargaan hingga skala nasional berhasil diraih dan yang utama adalah, masyarakat dapat memiliki penghasilan sendiri dan bisa lebih mandiri dibanding sebelumnya. 

“Kami secara konsisten menerapkan beyond compliance melalui program keberlanjutan yang kami laksanakan secara terus-menerus kepada masyarakat,” kata Bakir.

Untuk informasi, Proper atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan merupakan salah satu upaya Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk mendorong penataan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Proper Emas merupakan proper terbaik, artinya Perusahaan telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan continue. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…