BI Siap Beri Sangsi Perusahaan Pembayaran Tak Berijin

Oleh : Wiyanto | Senin, 18 Desember 2017 - 15:00 WIB

Gedung Bank Indonesia
Gedung Bank Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bank Indonesia (BI) berkomitmen menjaga perlindungan konsumen dan sekaligus keberlangsungan usaha pada pelaku jasa sistem pembayaran.

Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Pungky Purnomo Wibowo, menjelaskan, keberlangsungan usaha tersebut dirajut pada pengawasan yang diberikan ke pelaku usaha tersebut.

"Pelaku usaha wajib dapat ijin dari BI, untuk jaga keamanan, efisiensi, jaga publik dan jaga persaingan yang sehat," kata dia di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Ia mengatakan meskipun sebuah perusahaan tidak melakukan langsung terhadap jasa sistem pembayaran, namun jika akan membeli perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, maka wajib ijin.

Adapun bagi semua pihak yang tidak mematuhi, lanjut dia akan diberi sangsi dari teguran sampai dicabut ijin usahanya.

"Jadi baik yang mengakuisisi dan yang diakuisisi wajib ijin ke BI," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman di Payakumbuh

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:47 WIB

Pemerintah Komitmen Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia

Kementerian Pertanian berkomitmen untuk merebut kembali pasar rempah dunia dari tangan Vietnam dengan mengembalikan kejayaan rempah Indonesia seperti sedia kala.

Selat Lembeh, di Bitung, Sulawesi Utara (Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:42 WIB

Industri Pariwisata Tingkatkan Perekonomian Kota Bitung

Pemerintah Kota Bitung, Sulawesi Utara, sejak tahun lalu berfokus mendorong pengembangan sektor pariwisata setelah perekonomian dari sektor perikanan merosot tajam.

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) (Foto ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:36 WIB

Vale Refisi Target Produksi Menjadi 75.000 Metrik Ton

PT Vale Indonesia Tbk perusahaan tambang nikel merevisi target produksi selama tahun 2018 menjadi 75.000 metrik ton dari rencana sebelumnya yaitu 77.000 metrik ton.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam upaya membantu rakyat Palestina

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:30 WIB

BAZNAS dan UNRWA Tandatangani Kerja Sama Bantu Rakyat Palestina

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menandatangani perjanjian kerja sama dengan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dalam upaya memberikan bantuan…

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur ASII (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 15:30 WIB

Astra International Yakin Ekspor Bisa Lebih Besar

Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, meyakini bahwa potensi jumlah ekspor yang dimiliki Indonesia masih bisa jauh lebih besar dari realisasi jumlah ekspor Indonesia…