Tito: Tidak Benar, Investor Asing Tinggalkan Pasar Modal Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 18 Desember 2017 - 13:15 WIB

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistito (indonesianindustry.com)
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistito (indonesianindustry.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta Data Bursa Efek Indonesia (BEI) per 14 Desember 2017 menunjukkan investor asing telah melakukan aksi jual bersih (net selling) saham bernilai Rp40,3 triliun.

Tetapi, nilai saham yang dimiliki investor asing naik sekitar Rp187 triliun, yaitu dari Rp1.691 triliun pada akhir 2016 menjadi Rp1.878 triliun per 14 Desember 2017 lalu.

Menurut Tito Sulistio, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan mempelajari data-data tersebut maka tidak benar jika ada pihak yang menyimpulkan bahwa investor asing tersebut keluar dari pasar modal Indonesia.

Pasalnya, kendati nilai net selling nya mencapai Rp40,3 triliun, tetapi nilai kapitalisasi pasar saham-saham yang dikoleksi oleh investor asing mengalami kenaikan sekitar Rp187 triliun. Dengan asumsi itu, maka investor asing dinilai tidak pernah meninggalkan pasar modal Indonesia, papar Tito di Warung Made, Pantai Kuta, Bali, Jumat (15/12/2017)

Lebih lanjut Tito mengibaratkan, investor asing itu memiliki uang Rp1.000. Kemudian, mereka belanjakan uang itu di mini market sebesar Rp100. Jadi berapakan sisa uang mereka?

Kalau dihitung secara matematis, maka sisa uang mereka itu Rp900, tetapi ternyata uang mereka malahan bertambah menjadi Rp1.200, misalnya. Kenapa bisa demikian, karena mereka memenangkan lotere dari salah satu barang yang dibeli dari mini market tersebut. Jadi, itulah gambaran investor asing tersebut. Mirip-mirip seperti itulah, papar Tito.

Ketika ditanyakan mengenai investor lokal, di saat yang bersamaan itu, Tito belum memiliki data yang diharapkan dapat memberikan gambaran serupa dengan data investor asing tersebut.

Tapi saya mau katakan, bahwa nilai kepemilikan saham investor domestik sepanjang tahun ini telah meningkat 15,4%. Hingga kini, mereka belum merealisasikan keuntungan investasinya, imbuh Tito. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan Bandung Techno Park (Foto: Humas)

Selasa, 16 Januari 2018 - 21:15 WIB

Bandung Techno Park Wujudkan Wirausaha Industri Digital

Kementerian Perindustrian memfasilitasi pembangunan Bandung Techno Park (BTP) sebagai salah satu pusat riset dan inovasi industri digital di Tanah Air seperti sektor elektronika dan telematika.

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo bersama Ketua Panitia Pelaksana Natal Bersama Dar Edi Yoga (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:32 WIB

Ketua Dewan Pers Dukung Perayaan Natal Bersama Insan Pers

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo menyambut gembira pelaksanaan Perayaan Natal Bersama Insan Pers yang akan diadakan besok sore ( Rabu, 17/1/2018 ) di RS Siloam Semanggi Jakarta.

Masjid Tokyo Camii & Turkish Culture Center di Jepang (Foto: matcha-jp.com)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:15 WIB

Berkunjung ke Tokyo Camii, Masjid Terbesar dan Indah di Jepang

Selain mengunjungi destinasi wisata alam dan berburu kuliner, Jepang juga mempunyai wisata religinya juga loh! Wisatawan Muslim, bisa mengunjungi Tokyo Camii & Turkish Culture Center yang termasuk…

Jongkie D Sugiarto, Co-Chairman Gaikindo (Foto: Herlambang/ INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:05 WIB

Sepanjang Tahun 2017, Penjualan Mobil di Indonesia Capai 1.079.000 Unit

Sepanjang tahun 2017, penjualan mobil di Indonesia untuk semua jenis mencapai 1.079.000 unit. Angka tersebut naik 1,6% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menhub Budi Karya Sumadi Minta Pelindo III Kelola Pelabuhan Penyeberangan Kalianget (Foto Humas Kemenhub)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:00 WIB

Empat Wisata Ini Bakal Dilirik Investor Arab

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengajak investor dari Arab Saudi untuk investasi properti dan infrastruktur di Indonesia. Ada empat daerah wisata yang dinilai layak dimasuki investor Arab…