Tito: Tidak Benar, Investor Asing Tinggalkan Pasar Modal Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 18 Desember 2017 - 13:15 WIB

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistito (indonesianindustry.com)
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistito (indonesianindustry.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta Data Bursa Efek Indonesia (BEI) per 14 Desember 2017 menunjukkan investor asing telah melakukan aksi jual bersih (net selling) saham bernilai Rp40,3 triliun.

Tetapi, nilai saham yang dimiliki investor asing naik sekitar Rp187 triliun, yaitu dari Rp1.691 triliun pada akhir 2016 menjadi Rp1.878 triliun per 14 Desember 2017 lalu.

Menurut Tito Sulistio, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan mempelajari data-data tersebut maka tidak benar jika ada pihak yang menyimpulkan bahwa investor asing tersebut keluar dari pasar modal Indonesia.

Pasalnya, kendati nilai net selling nya mencapai Rp40,3 triliun, tetapi nilai kapitalisasi pasar saham-saham yang dikoleksi oleh investor asing mengalami kenaikan sekitar Rp187 triliun. Dengan asumsi itu, maka investor asing dinilai tidak pernah meninggalkan pasar modal Indonesia, papar Tito di Warung Made, Pantai Kuta, Bali, Jumat (15/12/2017)

Lebih lanjut Tito mengibaratkan, investor asing itu memiliki uang Rp1.000. Kemudian, mereka belanjakan uang itu di mini market sebesar Rp100. Jadi berapakan sisa uang mereka?

Kalau dihitung secara matematis, maka sisa uang mereka itu Rp900, tetapi ternyata uang mereka malahan bertambah menjadi Rp1.200, misalnya. Kenapa bisa demikian, karena mereka memenangkan lotere dari salah satu barang yang dibeli dari mini market tersebut. Jadi, itulah gambaran investor asing tersebut. Mirip-mirip seperti itulah, papar Tito.

Ketika ditanyakan mengenai investor lokal, di saat yang bersamaan itu, Tito belum memiliki data yang diharapkan dapat memberikan gambaran serupa dengan data investor asing tersebut.

Tapi saya mau katakan, bahwa nilai kepemilikan saham investor domestik sepanjang tahun ini telah meningkat 15,4%. Hingga kini, mereka belum merealisasikan keuntungan investasinya, imbuh Tito. (Aaham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agung Sedayu Group kembali menjadi yang teratas dalam ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Jumat, 21 September 2018 - 14:35 WIB

Sejumlah Developer Kenamaan Tanah Air Raih Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Para pengembang Indonesia menunjukkan inovasi real estat masing-masing dalam acara gala dinner PropertyGuru Indonesia Property Awards tahun ke-4, yang dipersembahkan oleh Kohler di Ballromm…

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

MICE Perlu Penanganan Lebih Serius

Kementerian Pariwisata meminta komitmen para kepala daerah untuk secara serius memajukan wisata bisnis atau yang dikenal juga sebagai wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition).

Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

Gandeng Mastercard, Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Pemegang Kartu Debit Bukopin Mastercard selanjutnya juga dapat menikmati berbagai promo menarik di berbagai toko ataumerchantyang bekerjasama, sepertiberbagai programdiskondancashbackmenarik.

Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)

Jumat, 21 September 2018 - 14:15 WIB

Sejumlah Strategi Diperkuat Terkait Kunjungan Wisman

Kementerian Pariwisata memperkuat strategi pemasaran ke luar negeri untuk mencapai target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara pada 2018.

MasterCard (ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:15 WIB

Mastercard Bekerja Sama dengan League of Legends sebagai Mitra Global Pertama dari Esport

Perjanjian global pertama ini menandakan dukungan Mastercard terhadap komunitasesportssekaligus memperluas portofolio perusahaan dalam bidang olahraga dan hiburan kelas dunia.