Minimnya Kunjungan Wisatawan ke Pulau Rinca, ASITA-Kemenpar Gelar Famtrip

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 18 Desember 2017 - 11:30 WIB

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)
Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, NTT - ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar acara Asita Executive Famtrip Labuan Bajo ke Pulau Rinca dengan tujuan yang sangat mulia untuk kesejahteraan rakyat.

Sayangnya, Pulau Rinca yang terletak di Desa Pasir Panjang, Nusa Tenggara Timur, ini merupakan salah satu pulau yang jarang terekspos dan selalu minim kunjungan wisatawannya dan tidak selalu disertakan menjadi paket wisata.

”Dengan Famtrip executive ini, kami berharap lahir paket-paket yang bisa membawa wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara untuk menyambangi Pulau Rinca. Pariwisata masuk, tentu kesejahteraan akan semakin meningkat. Maka dari itu kami terjun langsung ke Pulau Rinca ini,” ujar Ketua Asita NTT Abed Frans, seperti dikutip dari facebook Kemenpar, Senin (18/12/2017).

Asita Executive Famtrip Labuan Bajo itu sendiri digelar selama tiga hari dari tanggal 15 hingga 17 Desember 2017. Bertempat di Sylvia Hotel and Resort Labuan Bajo, Asita juga akan menggelar Rapat Kerja di hotel tersebut. Abde tidak lupa mengucapkan terima kasih banyak kepada Kementerian Pariwisata yang mendukung acaranya tersebut.

Karena, tanpa dukungan Kemenpar, Asita tidak bisa berkreasi di Famtrip ini terutama dalam berjuang merealisasikan misi suci mengangkat pariwisata di Pulau Rinca, Labuan Bajo.

”Kehadiran Kemenpar membuat kami bisa melakukan hal apapun untuk pariwisata Indonesia, terutama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke tanah air, salah satunya dengan mempersiapkan paket menuju Pulau Rinca,” ujar Abed.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Perjalanan Insentif Hendri Karnoza mengatakan, seperti yang selalu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya bahwa pariwisata itu semakin dilestarikan maka semakin mensejahterakan.

”Asita menjadi bagian penting dalam pariwisata. Pentahelix! itulah jurus lima unsur yang oleh Menpar Arief Yahya disebut sebagai penentu kesuksesan pariwisata. Beliau selalu bilang rumusnya ABCGM, Academician, Business, Community, Government, Media. Lima unsur itu harus kompak, saling support, membangun iklim pariwisata yang kondusif dan mensejahterakan,” kata Esthy

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Panjang Pulau Rinca Haji Mudar mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar dan Asita yang telah menyambangi Pulau yang masuk ke dalam Taman Nasional Komodo. Mudar memaparkan, Pasir Panjang merupakan kampung yang terletak di wilayah Kepulauan yakni Pulau Rinca.

Kampung Rinca memiliki luas wilayah 19625 m2 dengan jumlah penduduk sebanyak 1756 orang dengan jumlah kepala keluarga 430 KK. Penduduk Kampung Rinca memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, khususnya penangkapan ikan dengan cara yang masih tradisional.

”Kami melakukan hal ini karena usaha kami agar usaha kami tetap sifatnya yang ramah lingkungan, berkesinambungan dan tetap lestari. Jadi alam di Labuan Bajo ini tetap terjaga dengan baik,” ujar Mudar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…