Tak Terpengaruh Kampanye Negatif, Produksi CPO Diperkirakan Capai 36,5 Juta Ton Pada Akhir Tahun

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Desember 2017 - 10:19 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY co.id -Jakarta - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) optimis produksi Crude Palm Oil (CPO) pada akhir tahun 2017 diperkirakan dapat mencapai 36,5 juta ton, meningkat sekitar 15,8% dibandingkan produksi CPO tahun lalu yakni sebesar 31,5 juta ton.

"Kami optimistis produksi CPO pada tahun ini mencapai target karena cuaca yang baik,” kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Joko Supriyono di Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Selain itu, produksi CPO juta tidak terpengaruh gencarnya kampanye negatif produk kelapa sawit dari Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS). "Kampanye negatif yang dilakukan itu hanya untuk memperebutkan pangsa pasar saja," papar Joko.

Joko menilai, permintaan terhadap CPO di pasar global justru terus meningkat meskipun kerap dihadang kampanye negatif, Indonesia tetap dapat mempertahankan pangsa pasar CPO di pasar global. 

"Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan kampanye masif untuk men-counter isu negatif yang dilontarkan UE dan AS. Jadi kita melakukan kampanye juga supaya pasar tidak terpengaruh," kata Joko.

Joko mengatakan, Indonesia sudah memetakan  pasar tujuan ekspor yang masih berpotensial seperti India, Pakistan, serta Tiongkok. Pemetaan dilakukan sambil fokus mempertahankan pasar dan berupaya membuktikan bahwa produksi minyak sawitnya sejalan dengan aspek keberlanjutan lingkungan. Hal ini dilakukan dengan melakukan berbagai sertifikasi sistem berkelanjutan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.