Industri Pertambangan Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Desember 2017 - 06:12 WIB

Ilustrasi situasi tambang bawah tanah (Foto Ist)
Ilustrasi situasi tambang bawah tanah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id

Nunukan- Bank Indonesia menyatakan, sektor pertambangan penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Utara pada 2017 ini.

"Bahkan BI masih memprediksi pertumbuhan ekonomi daerah itu akan terus naik seiring dengan naiknya harga-harga hasil tambang sejak beberapa bulan terakhir," kata Hendik Sudaryanto, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara akhir pekan lalu.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltara yang semakin membaik dimana triwulan I 2017 hanya 3,75 persen menjadi 6 persen lebih pada triwulan IV 2017.

Selain kenaikan harga hasil tambang, pertumbuhan ekonomi Kaltara juga didorong oleh meningkatnya sektor perdagangan, hotel dan restoran.

Bahkan Hendik berpandangan, semua sektor masih dapat dikembangkan pasca meningkatnya harga CPO (kelapa sawit) dan hasil tambang seperti batubara, minyak dan gas.

Provinsi Kaltara yang termausk penghasil CPO dan batubara serta migas ini tentunya diuntungkan dengan kenaikan harga dunia saat ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun Hendik mengharapkan, pada masa yang akan datang semua sektor saling mendukung dan tidak saling mematikan. Untuk mengantisipasi terjadinya hal ini dibutuhkan perencanaan wilayah yang matang.

"Kalau sudah bagus jangan dikurangi atau dimatikan tapi malah harus dikembangkan lagi. Meskipun ada pengembangan sektor lain yang berbeda dengan pengembangan antar wilayah," harap dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jalan Tol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 05:00 WIB

Pembangunan Infrastruktur di Daerah Dukung Efektivitas Hilirisasi Produk

Masifnya pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air dalam kurun waktu empat tahun terakhir merupakan kebijakan tepat yang telah diambil oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden…

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Kamis, 21 Maret 2019 - 04:45 WIB

Siaga Potensi Gelombang Setinggi Empat Meter di Tujuh Wilayah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan peringatan dini gelombang tinggi kisaran 2,5 hingga 4 meter yang kemungkinan terjadi di 7 wilayah perairan Indonesia dalam empat hari ke…

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…