Industri Pertambangan Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Desember 2017 - 06:12 WIB

Ilustrasi situasi tambang bawah tanah (Foto Ist)
Ilustrasi situasi tambang bawah tanah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id

Nunukan- Bank Indonesia menyatakan, sektor pertambangan penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Utara pada 2017 ini.

"Bahkan BI masih memprediksi pertumbuhan ekonomi daerah itu akan terus naik seiring dengan naiknya harga-harga hasil tambang sejak beberapa bulan terakhir," kata Hendik Sudaryanto, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara akhir pekan lalu.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltara yang semakin membaik dimana triwulan I 2017 hanya 3,75 persen menjadi 6 persen lebih pada triwulan IV 2017.

Selain kenaikan harga hasil tambang, pertumbuhan ekonomi Kaltara juga didorong oleh meningkatnya sektor perdagangan, hotel dan restoran.

Bahkan Hendik berpandangan, semua sektor masih dapat dikembangkan pasca meningkatnya harga CPO (kelapa sawit) dan hasil tambang seperti batubara, minyak dan gas.

Provinsi Kaltara yang termausk penghasil CPO dan batubara serta migas ini tentunya diuntungkan dengan kenaikan harga dunia saat ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun Hendik mengharapkan, pada masa yang akan datang semua sektor saling mendukung dan tidak saling mematikan. Untuk mengantisipasi terjadinya hal ini dibutuhkan perencanaan wilayah yang matang.

"Kalau sudah bagus jangan dikurangi atau dimatikan tapi malah harus dikembangkan lagi. Meskipun ada pengembangan sektor lain yang berbeda dengan pengembangan antar wilayah," harap dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HARRIS Hotels Merayakan Hari Kesehatan Nasional 2018 Menyediakan Healthy Corner

Senin, 12 November 2018 - 20:15 WIB

HARRIS Hotels Merayakan Hari Kesehatan Nasional 2018 Menyediakan Healthy Corner

HARRIS Hotels mengadakan program Healthy Corner di semua hotel di dalam jaringannya yang kini berjumlah 23 hotel di seluruh pelosok Indonesia dengan tujuan untuk memberikan inspirasi kepada…

GE

Senin, 12 November 2018 - 19:54 WIB

GE Healthcare Resmikan Pemasangan 1000 CT Scan di Kawasan Asia Tenggara

GE Healthcare, penyedia teknologi dan solusi kesehatan, terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUN))

Senin, 12 November 2018 - 19:51 WIB

Tol Ngawi-Kertosono Bisa Dilalui Januari 2019

PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola tol Ngawi-Kertosono menyatakan tol seksi 3 Wilangan-Kertosono akan beroperasi pada awal 2019.…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 12 November 2018 - 19:45 WIB

Urban Jakarta IPO di Kisaran Rp1.000-Rp1.250

PT Urban Jakarta Propertindo Tbk akan melepas sebagian sahamnya ke publik melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di kisaran harga Rp1.000-Rp1.250 per saham.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 12 November 2018 - 19:40 WIB

BEI: Penghitungan Free Float Praktik Umum Bursa Dunia

Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai bahwa metode penghitungan terhadap kelompok saham atau indeks dengan memasukan rasio "free float" merupakan praktik umum di bursa dunia.