Industri Pertambangan Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Desember 2017 - 06:12 WIB

Ilustrasi situasi tambang bawah tanah (Foto Ist)
Ilustrasi situasi tambang bawah tanah (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id

Nunukan- Bank Indonesia menyatakan, sektor pertambangan penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Utara pada 2017 ini.

"Bahkan BI masih memprediksi pertumbuhan ekonomi daerah itu akan terus naik seiring dengan naiknya harga-harga hasil tambang sejak beberapa bulan terakhir," kata Hendik Sudaryanto, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara akhir pekan lalu.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltara yang semakin membaik dimana triwulan I 2017 hanya 3,75 persen menjadi 6 persen lebih pada triwulan IV 2017.

Selain kenaikan harga hasil tambang, pertumbuhan ekonomi Kaltara juga didorong oleh meningkatnya sektor perdagangan, hotel dan restoran.

Bahkan Hendik berpandangan, semua sektor masih dapat dikembangkan pasca meningkatnya harga CPO (kelapa sawit) dan hasil tambang seperti batubara, minyak dan gas.

Provinsi Kaltara yang termausk penghasil CPO dan batubara serta migas ini tentunya diuntungkan dengan kenaikan harga dunia saat ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun Hendik mengharapkan, pada masa yang akan datang semua sektor saling mendukung dan tidak saling mematikan. Untuk mengantisipasi terjadinya hal ini dibutuhkan perencanaan wilayah yang matang.

"Kalau sudah bagus jangan dikurangi atau dimatikan tapi malah harus dikembangkan lagi. Meskipun ada pengembangan sektor lain yang berbeda dengan pengembangan antar wilayah," harap dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bandara

Rabu, 26 September 2018 - 10:20 WIB

BKPM Tawarkan Investasi Bandara Komodo Rp3 Triliun

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan menawarkan investasi pengembangan Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, NTT, senilai Rp3 triliun dengan skema…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 10:13 WIB

IHSG Dibayangi Sentimen The Fed

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI)dibuka melemah sebesar 2,74 poin pada Rabu (26/9/2018), dibayangi sentimen pertemuan The Fed.

Pameran otomotif akhir tahun, IIMS Makassar akan hadir pada tanggal 10 14 Oktober 2018 mendatang di Celebes Convention Center

Rabu, 26 September 2018 - 10:09 WIB

Pameran Otomotif IIMS 2018 Siap Menyapa Kota Makassar

Pameran otomotif akhir tahun, IIMS Makassar akan hadir pada tanggal 10 14 Oktober 2018 mendatang di Celebes Convention Center. Selama 5 hari penyelenggaraan, IIMS Makassar akan menggunakan lahan…

Barang Impor (Ist)

Rabu, 26 September 2018 - 10:07 WIB

Pemerintah Terapkan TKDN, Cukupkah Suplay ?

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyatakan investor asing sangat berminat masuk ke Indonesia, meskipun memasuki tahun politik.

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 09:53 WIB

Fundamental Stabil Hari Ini Cermati Sepuluh Saham

INDUSTRY.co.id

Jakarta - IHSG saat ini jelang pergantian bulan sekaligus pergantian kuartal dimana rilis data perekonomian awal bulan suku bunga dan inflasi yang…