Crowdo Lejitkan UKM Indonesia

Oleh : Kormen Barus, Hariyanto | Minggu, 17 Desember 2017 - 15:25 WIB

Cally Alexandra General Manager of Crowdo Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)
Cally Alexandra General Manager of Crowdo Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Crowdo membantu memperluas layanannya kepada masyarakat yang masih belum terakses bank konvensional, terutama masyarakat UKM di Indonesia, sehingga mampu menciptakan ekosistem fintech yang sehat.

Platform Peer to Business (P2B ) terbesar dan tercepat pertumbuhannya di Asia Tenggara, Crowdo, di awal tahun ini mengumumkan peluncuran global aplikasi seluler, "Crowdo Connect, yang menghubungkan UKM Indonesia untuk mendapatkan pendanaan dari komunitas investor global.

Aplikasi mobile tersebut kini sudah tersedia di Google PlayStore di 140 negara yang berbeda.

Menurut General Manager of Crowdo Indonesia, Cally Alexandra (Cally) saat ditemui redaksi INDUSTRY.co.id dikantornya, investor dari seluruh dunia kini dapat membantu membiayai pertumbuhan UKM Indonesia hanya dengan beberapa klik saja.

UKM Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dari sumber tambahan modal untuk membantu mereka membiayai tahap pertumbuhan berikutnya .

Tujuan kami adalah untuk memproses pinjaman UKM mulai Rp 1 miliar sampai dengan Rp 2 miliar hanya dalam waktu beberapa jam", ujarnya.

Crowdo menggambarkan platformnya secara berbeda dengan memanfaatkan teknologi terbaru yang tersedia untuk membuat proses pembiayaan dan investasi end-to-end yang se-efisien, se-transparan dan secerdas mungkin.

Misalnya, Crowdo menggunakan mesin pembelajaran dan analisis prediktif agar proses penilaian risiko mereka lebih inovatif dan tangguh, serta menawarkan dashboard investasi cerdas kepada Investor sehingga mereka dapat melacak pengembalian bunga dan eksposur secara real time.

Crowdo telah berhasil mendanai lebih dari 3 ribu proyek sampai saat ini dengan total anggota investor mencapai 31 ribu anggota yang telah terdaftar.

Dari sisi kinerja, menurut Cally Alexandra, Crowdo sampai dengan September naik terus. Sebelumnya dari Juni sampai Desember tahun 2016, naik 1.642 persen.

Sementara dari Januari sampai Juni naik 440 persen dari patokan Desember 2016.

Untuk 3 bulan terakhir dari Juli sampai September 2017 kebutuhanya naik hampir double setiap bulanya dari sebelumnya,ujarnya.

Soal modal usaha, mulai nilai pinjaman Rp50 juta sampai dengan Rp2 miliar, karena semua sektornya UKM. Bagi Cally, soal pinjaman, tidak harus ada jaminan. Karena Crowdo lebih fleksibel.

Misalnya jaminanya itu bisa investasi itu sendiri atau misalnya stok barang atau bisa dengan jaminan pribadi. Istilahnya personal guarante yang di aktakan.

Sementara bunga pinjaman, kata Cally, mulai dari 10 persen sampai dengan 25 persen efektif per tahun.

Cally Alexandra mangatakan, Crowdo merupakan solusi bagi UMKM dalam mendapatkan pendanaan modal usaha online, maupun sebagai alternatif pendapatan.

Crowdo menawarkan sistem pendanaan gotong royong secara online dimana para pelaku usaha ataupun yang ingin meminjamkan dana dapat melakukan semuanya secara online.

Dengan didukung oleh kecerdasan buatan (artificial intelligent) yang telah dikembangkan, proses pengajuan, baik itu pinjaman maupun pemberi pinjaman, dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Hadirnya Crowdo, lanjut Cally, membuka peluang usaha baru maupun pengembangan usaha yang membutuhkan biaya. Crowdo siap membantu UKM, untuk mencari pinjaman modal dari jaringan yang dimiliki.

"Jaringan Crowdo sendiri tidak hanya sebatas kepada pemberi pinjaman yang berdomisili di Indonesia saja. Namun juga memberi kesempatan kepada UKM untuk mendapatkan pendanaan modal dari para peminjam di seluruh dunia," jelasnya.

Menurut Cally, pelaku UKM dapat mulai melakukan pinjaman tanpa harus bersusah payah datang ke kantor Crowdo. Tinggal buka laman website crowdo.co.id, lakukan registrasi, unggah dokumen, lalu pinjaman Anda dapat mulai diproses.

Dan semua dilakukan secara online. Efisiensi dalam proses ini tentu merupakan salah satu keunggulan Crowdo.

Apabila sebelumnya proses peminjaman membutuhkan waktu berminggu-minggu, bahkan bulanan, maka melalui Crowdo hal tersebut dapat dilakukan dalam hitungan hari.

Bahkan, kata Cally, apabila pengajuan pinjaman telah disetujui dan telah dipublikasikan di platform Crowdo, maka proses pengumpulan dana dapat selesai kurang dari satu jam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…