Industri Hiburan Harapkan Wartawan Harus Siap Hadapi Perubahan

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 17 Desember 2017 - 09:30 WIB

Rosihan KN (Forwan), Rahayu K (Nagaswara), Harry Koko (Deteksi), Roemy Azis (JSMI), Seo M Hardjo (Target Pro) dan Agy Sugianto (Pro Aktif) berdisksui dalam semiloka Forwan
Rosihan KN (Forwan), Rahayu K (Nagaswara), Harry Koko (Deteksi), Roemy Azis (JSMI), Seo M Hardjo (Target Pro) dan Agy Sugianto (Pro Aktif) berdisksui dalam semiloka Forwan

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,- Menghadapi perubahan yang begitu cepat dibidang teknologi Informasi dan komunikasi, yang juga berimbas ke bidang hiburan, para wartawan diharapkan bisa dapat beradaptasi secara lugas dan tepat. Untuk itu Puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia selama 3 hari mengadakan semi loka dengan bekerja sama dengan Pusbangfilm Kemendikbud di Wisma Arga Mulya Kemendikbud di Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa barat, 11-13 Desember 2017.

Menghadirkan sedikitnya 11 narasumber dalam sejumlah bahasan Semiloka yang terkait berbagai persoalan, baik Film Nasional, Rancangan Undang Undang Penyiaran, Cover Version di dunia musik Indonesia maupun dalam kaitannya dengan organisasi PWI Jaya dibahas, didiskusikan, dan ditambah pengetahuannya.

Kepemimpinan strategis menjadi kunci keberhasilan masa depan. Tanpa kemampuan mengantisipasi peluang dan tantangan masa depan, sulit rasanya kita dapat memenangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, ungkap Suttisno Buyil, Ketua Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia.

Profesi reporter tergantikan oleh Netizen, yang dalam hitungan detik mampu menyuguhkan informasi secara akurat. Profesi reporter, cepat atau lambat termasuk profesi yang diramalkan bakal menghilang. Perubahan yang terjadi lantaran berkembangnya teknologi berkorelasi pada semakin sempitnya lapangan kerja yang bisa diciptakan. Bahkan industri pertelevisian sekalipun menghadapi ancaman kebangkrutan yang nyata.

Para wartawan yang tergabung dalam Forwan diharapkan mampu mempertahankan fleksibilitasnya serta bersikap adaptif di tengah-tengah perubahan tersebut dengan membentuk budaya organisasi yang kreatif dan produktif, lanjut wartawan koran Wawasan Semarang ini.

Buyil berkeyakinan para wartawan yang bergabung di Forwan memiliki multi potensi. Oleh karena itu, Forwan berinisiatif mengembangkan dan menyalurkan bakat-bakat mereka lebih produktif, agar dapat produktif di ranah kreatif. Dan salah satunya melalui Rapat Koordinasi FORWAN, sebagai bentuk penyegaran dan evaluasi program kerja saat Rapat Kerja di Sukabumi, Jawa Barat (7 9/10/2016) yang lalu.

Adapun 11 narasumber yang hadir antara lain Endang Werdiningsih (Ketua PWI Provinsi DKI Jakarta), Indra Yudhistira Ramadan (Presiden Direktur Indonesia Entertainment Produksi), Ody Mulya Hidayat (Produser Max Pictures), Jimmy Herjanto Darmasasmita (GPBSI Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia), Rahayu Kertawiguna (CEO Nagaswara Musik), Harry Koko Santoso (Chief Executive Officer Deteksi Production), Muhammad Roem Aziz (KFC Musik), Agi Sugiyanto (CEO Pro Aktif), Seno M. Hardjo (Promotor & Produser Musik), Benny Benke (Wartawan Suara Merdeka), dan aktor Sandy Nayoan.

Sedangkan dari Forwan selain anggota dan peserta, turut hadir Ipik Tanoyo, dan Ir. Setiabudi A.C. Nurdin (Dewan Pertimbangan Forwan), Amazon Dalimunthe, John Yoseph Sinyal, dan Rosihan Kailinto Nurdin (Dewan Pengawas), Ahmad Syahban Lolo (Wakil Ketua), Eddie Karsito (Sekretaris Umum), Fajar Irawan (Bendahara Umum) dan Tresnawati Wahyudi, selaku Ketua Pelaksana Rakor dan Semiloka ini. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…