Industri Hiburan Harapkan Wartawan Harus Siap Hadapi Perubahan

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 17 Desember 2017 - 09:30 WIB

Rosihan KN (Forwan), Rahayu K (Nagaswara), Harry Koko (Deteksi), Roemy Azis (JSMI), Seo M Hardjo (Target Pro) dan Agy Sugianto (Pro Aktif) berdisksui dalam semiloka Forwan
Rosihan KN (Forwan), Rahayu K (Nagaswara), Harry Koko (Deteksi), Roemy Azis (JSMI), Seo M Hardjo (Target Pro) dan Agy Sugianto (Pro Aktif) berdisksui dalam semiloka Forwan

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,- Menghadapi perubahan yang begitu cepat dibidang teknologi Informasi dan komunikasi, yang juga berimbas ke bidang hiburan, para wartawan diharapkan bisa dapat beradaptasi secara lugas dan tepat. Untuk itu Puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia selama 3 hari mengadakan semi loka dengan bekerja sama dengan Pusbangfilm Kemendikbud di Wisma Arga Mulya Kemendikbud di Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa barat, 11-13 Desember 2017.

Menghadirkan sedikitnya 11 narasumber dalam sejumlah bahasan Semiloka yang terkait berbagai persoalan, baik Film Nasional, Rancangan Undang Undang Penyiaran, Cover Version di dunia musik Indonesia maupun dalam kaitannya dengan organisasi PWI Jaya dibahas, didiskusikan, dan ditambah pengetahuannya.

Kepemimpinan strategis menjadi kunci keberhasilan masa depan. Tanpa kemampuan mengantisipasi peluang dan tantangan masa depan, sulit rasanya kita dapat memenangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, ungkap Suttisno Buyil, Ketua Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia.

Profesi reporter tergantikan oleh Netizen, yang dalam hitungan detik mampu menyuguhkan informasi secara akurat. Profesi reporter, cepat atau lambat termasuk profesi yang diramalkan bakal menghilang. Perubahan yang terjadi lantaran berkembangnya teknologi berkorelasi pada semakin sempitnya lapangan kerja yang bisa diciptakan. Bahkan industri pertelevisian sekalipun menghadapi ancaman kebangkrutan yang nyata.

Para wartawan yang tergabung dalam Forwan diharapkan mampu mempertahankan fleksibilitasnya serta bersikap adaptif di tengah-tengah perubahan tersebut dengan membentuk budaya organisasi yang kreatif dan produktif, lanjut wartawan koran Wawasan Semarang ini.

Buyil berkeyakinan para wartawan yang bergabung di Forwan memiliki multi potensi. Oleh karena itu, Forwan berinisiatif mengembangkan dan menyalurkan bakat-bakat mereka lebih produktif, agar dapat produktif di ranah kreatif. Dan salah satunya melalui Rapat Koordinasi FORWAN, sebagai bentuk penyegaran dan evaluasi program kerja saat Rapat Kerja di Sukabumi, Jawa Barat (7 9/10/2016) yang lalu.

Adapun 11 narasumber yang hadir antara lain Endang Werdiningsih (Ketua PWI Provinsi DKI Jakarta), Indra Yudhistira Ramadan (Presiden Direktur Indonesia Entertainment Produksi), Ody Mulya Hidayat (Produser Max Pictures), Jimmy Herjanto Darmasasmita (GPBSI Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia), Rahayu Kertawiguna (CEO Nagaswara Musik), Harry Koko Santoso (Chief Executive Officer Deteksi Production), Muhammad Roem Aziz (KFC Musik), Agi Sugiyanto (CEO Pro Aktif), Seno M. Hardjo (Promotor & Produser Musik), Benny Benke (Wartawan Suara Merdeka), dan aktor Sandy Nayoan.

Sedangkan dari Forwan selain anggota dan peserta, turut hadir Ipik Tanoyo, dan Ir. Setiabudi A.C. Nurdin (Dewan Pertimbangan Forwan), Amazon Dalimunthe, John Yoseph Sinyal, dan Rosihan Kailinto Nurdin (Dewan Pengawas), Ahmad Syahban Lolo (Wakil Ketua), Eddie Karsito (Sekretaris Umum), Fajar Irawan (Bendahara Umum) dan Tresnawati Wahyudi, selaku Ketua Pelaksana Rakor dan Semiloka ini. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:30 WIB

Rp6,5 Trliun Disiapkan PUPR untuk Prasarana Pendidikan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran tambahan sebesar Rp6,5 triliun untuk memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan serta pasar induk dalam Anggaran…

Ilustrasi KRL Commuter Line

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:15 WIB

KCI Luncurkan Kartu Commuter Edisi Asian Games 2018

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meluncurkan kartu multi trip (KMT) edisi khusus Asian Games dengan mengambil inspirasi dari maskot Asian Games 2018.