Yayasan PPHUI Usulkan Tokoh Perfilman Usmar Ismail Jadi Pahlawan Nasional

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 17 Desember 2017 - 08:33 WIB

Irwan Usmar Ismail (kiri) , disaksikan Djoni Syarifudin (GPBSI) dan Yani Basuki (LSF) Menerima Potongan Tumpeng dari Sony (YPPHUI) Menandai HUT ke 23 YPPHUI
Irwan Usmar Ismail (kiri) , disaksikan Djoni Syarifudin (GPBSI) dan Yani Basuki (LSF) Menerima Potongan Tumpeng dari Sony (YPPHUI) Menandai HUT ke 23 YPPHUI

INDUSTRY.co.id - JAKARTA-- Sejak berdiri Yayasan Pusat Perfilman H Usmar Ismail (PPHUI)  belum pernah merayakan hari ulang tahunnya. Kini  diusianya  ke-23, YPPHUI merayakan sekaligus mengusulkan kepada pemerintah agar Usmar Ismail  diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

“Sudah 23 tahun, tapi baru kali ini kami memperingati,” ujar Sonny Pujisasono, Sekretaris Badan Pengurus Yayasan PPHUI, di lobi Gedung PPHUI, Jalan HR Rasuna Said Kav. C-22, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.

Lebih lanjut, Sonny, menerangkan PPHUI telah 23 tahun menjadi cagar budaya perfilman di Indonesia dan tinggal satu cagar budaya perfilman Indonesia, di mana sampai sekarang masih terjaga. Perkembangan zaman membuat film nasional berkembang pesat. PPHUH kemudian menjadi galeri dan cikal bakal perfilman nasional. “Karena dari PPHUI ini semuanya mengawali. Sejarahnya dari sini. Karena itu layaklah PPHUI dikatakan sebagai galeri perfilman nasional,” terangnya.

Dengan gelar pahlawan nasional untuk Usmar Ismail, masyarakat luas bisa mengenal peletak dasar-dasar film di Indonesia. PPHUI berencana mengirimkan usulan ini kepada pemerintah, tahun depan. “Kebetulan Haji Usmar Ismail ini sedang dalam proses pengusulan sebagai pahlawan nasional. Kami sedang mengusulkan agar dia menjadi pahlawan film nasional pada 2018,” ungkap Sonny.

Sementara itu aktor senior Slamet Rahardjo Djarot mengatakan bahwa gelar pahlawan nasional memang sudah layak disandang oleh H Usmar Ismail. “Ia telah mengantungi Satya Lencana Kebudayaan sebagai dasar awal. Kiprahnya untuk membangun perfilm Indnesia tidak perlu diragukan lagi, “ katanya.

Yayasan PPHUI sudah menggelar kampanye untuk mengesahkan Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional di lima kota besar Indonesia. Setelah itu, penilaian masuk ke dalam kajian akademis. Gagasan agar Usmar Ismail menjadi pahlawan nasional muncul atas perjuangan dia, bukan cuma di dalam layar tetapi juga kiprah sebagai sastrawan, wartawan, seniman, dan tentara.

Keluarga besar Usmar Ismail pun menyambut baik usulan tersebut. Pada acara syukuran Yayasan PPHUI, sejumlah anak Usmar Ismail hadir. Salah satu satunya, Irwan Usmar Ismail yang menduduki posisi Ketua Badan Pengurus Yayasan PPHUI. “Terima kasih atas upaya semua pihak agar Usmar Ismail bisa mendapat gelar sebagai pahlawan nasional. Keputusan ini nanti bakal berdampak positif pada perfilman nasional,” papar Irwan.

Berbagai kegiatan dalam mengisi perayaan HUT ke-23 tahun Yayasan PPHUI digelar dengan pameran lukisan cat di atas kanvas poster film Indonesia dari era 70-an sampai era 2000-an. Puluhan lukisan dan foto poster film kembali dipamerkan di lobi.

Selain itu, Yayasan PPHUI juga meluncurkan cinema hall baru yang sudah berstandar internasional dan meluncurkan ajang penghargaan perfilman, Usmar Ismail Awards 2018. Sebuah penghargaan insan film Indonesia sesungguhnya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…