Perlu Diketahui, Rekayasa Arus Lalin Terkait Aksi Bela Palestina

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 Desember 2017 - 03:30 WIB

Ilustrasi kemacetan di Jabodetabek. (Foto: Ist)
Ilustrasi kemacetan di Jabodetabek. (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas terkait aksi bela Palestina yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Masjid Istiqlal, Monas, dan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta Pusat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan personel dari Direktorat Lalu Lintas serta Sabhara untuk melakukan pengaturan di lokasi.

"Kami akan mengatur nanti seperti apa faktanya di lapangan. Jika nanti harus ada pengalihan arus lalu lintas, itu nanti kami alihkan. Tetapi kalau pun tidak, kami lakukan contra flow atau buka tutup atau hanya separuh jalan kita gunakan. kami memberikan informasi kepada peserta unjuk rasa untuk berbaris di pinggir jalan, sehingga jalan yang lain bisa dilewati," ujar Argo kepada awak media kemarin.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, rekayasa arus lalu lintas terkait aksi unjuk rasa bela Palestina bergantung perkembangan situasi di lapangan, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, besok.

"Situasional. Bergantung perkembangan situasi di lapangan," ungkapnya.

Berikut rekayasa arus lalu lintas yang dipersiapkan:

A. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Juanda - Pasar Baru - Gunung Sahari atau ke Lapangan Banteng - Pejambon - Medan Merdeka Timur - Ridwan Rais - Tugu Tani, dan seterusnya.

B. Arus lalu lintas dari Tugu Tani yang akan mengarah ke Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Ridwan Rais - Medan Merdeka Timur - Jalan Perwira - Lapangan Banteng - Harmoni atau ke Jalan Gunung Sahari.

C. Arus lalu lintas dari Bundaran HI yang akan mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat dibelokkan ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Harmoni, dan seterusnya.

D. Arus dari Tanah Abang yang akan mengarah ke Patung Kuda diarahkan ke Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Harmoni, dan seterusnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…