Aulia E. Marinto Optimis, BLANJA.com Tetap Akan Menjadi Pemain E-Commerce Terdepan di Indonesia

Oleh : Kormen Barus, Ridwan | Sabtu, 16 Desember 2017 - 15:21 WIB

CEO blanja.com Aulia E Marinto
CEO blanja.com Aulia E Marinto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Blanja.com, sebuah perusahaan e-commerce, hasil joint venture,antara Telkom Group dan e-Bay Inc, terus memperlihatkan perannya di kancah bisnis e commerce, saat ini.

Dalam kurun waktu kurang dari 12 bulan, sejak official launch pada 8 Desember 2014, Blanja.com, sukses mencatatperkembangan yang sangat positif. Pencapaian total salesnya mencapai Rp600 miliar pada akhir 2015, sementara pertumbuhan jumlah penjual lebih dari 7000 dan menjual berbagai produk.

Perkembangan bisnis Blanja.com dalam beberapa tahun memang selalu meningkat dan menggembirakan. Semua itu, tidak terlepas dari strategi blanja.com, yang selalu memanfaatkan kekuatan dan keahlian dari dua shareholder yaitu Telkom Grup dan eBay.inc.

Blanja.com sukses mengimplementasikan lima pondasi bisnis, yaitu talent, category management, teknologi, marketing dan operation. Hal tersebut membuat CEO Blanja.com, Aulia E. Marinto optimis, perusahaanya tetap akan menjadi pemain e-commerce terdepan di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Konsep marketplace Blanja.com memang menawarkan ekosistem yang lengkap, aman dan mudah bagi penjual dan pembeli.

Penjual dari berbagai jenis dan tipe (UKM, prinsipal, distributor, reseller, individu maupun entitas) dapat dengan mudah dan nyaman memasarkan produknya (branded maupun non-branded produk) melalui Blanja.com.

Sedangkan bagi pembeli dapat berbelanja kapan pun dan dimana pun ditempat yang lengkap, aman dan mudah.

Di tengah bisnis yang tengah menggeliat, Blanja.com pun selalu memperhatikan UMKM. Blanja.com berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan UKM Indonesia khususnya dalam hal mensolusikan kebutuhan akses pemasaran yang selama ini menjadi salah satu kendala terbesar UKM Indonesia.

Sejauh ini, berbagai jenis UKM telah bergabung di blanja.com melalui pendekatan langsung maupun bekerja sama dengan pihak ketiga. Blanja.com juga selau mengedukasi dan mensosialisasikan manfaat e-commerce marketplace secara lebih luas.

"Dalam konteks seller lokal ada yang terdiri dari branded produk ada yang sebutannya UKM. 16 ribuan jumlah seller nya hari ini. Kita lebih milih mereka yang berkualitas. Dan satu yang perlu dicatat, pembeli blanja.com menyasar individual end user, kita bukan menyasar reseller," kata Aulia kepada redaksi Industry.co.id.

Dikatakan Aulia, banyak yang telah berinisiatif untuk meng-edukasi sekaligus mendata UKM. Hal ini penting karena menurutnya, UKM adalah pilar ekonomi Indonesia yang telah menyelamatkan Indonesia dari krisis.

Yang kita mau, jumlah UKM harus terdata agar kita tahu dampaknya terhadap GDP secara digital. Kalau semuanya sudah bisa ke baca maka kita akan tahu kekuatan sebenarnya. Inginnya dalam satu-dua tahun infrastruktur data itu selesai,"pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…