Tips Memasak Cumi Agar Empuk Seperti di Rumah Makan Nasi Padang

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:10 WIB

Cumi Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Cumi Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Oalahan masakan cumi, merupakan makanan laut yang digemari oleh para pecinta kuliner. cumi yang enak dikonsumsi yakni cumi yang alot dan tidak keras. Oleh karena itu, bagi Anda penggemar olahan kuliner laut ini, tahu tidak bagaiamana memasak si cumi ini agar tidak keras saat dikonsumsi? Yuk intip tipsnya.

Diterumui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/12/2017), Chef William Gozali membeberkan tata cara atau tips agar cumi yang Anda masak tidak alot dan tidak keras.

"Biasanya direndem dulu ke dalam susu. Tujuannya, bikin lebih empuk dan menghilangkan bau amisnya," katanya.

Namun, Ia menjelaskan jika menggunakan susu biayanya mahal, Ia pun memiliki cara lain dengan menggunakan susu dengan takarannya setengah dan dicampur dengan perasan jeruk limau. "Takaran susu dan jeruk limaunya, satu banding satu. kalau mau terlalu asam ya jangan banyak-banyak jeruk limaunya. Terus, susunya yang plain, jangan pakai susu kaleng, nanti keamisan," jelasnya.

William mengungkapkan, resep rahasia bagaimana olahan cumi di Rumah Makan Nasi Padang tidak ada yang ngga alot, semuanya alot. Karena proses masaknya.

"Setelah dicampur, merendamnya ngga harus satu jam, kalu cumi cukup setengah jam saja, sampai membuatnya juice," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokocrypto Tawarkan Keunggulan Ekosistem Blockchain yang Terintegrasi (Foto Kormen)

Jumat, 16 November 2018 - 13:27 WIB

Tokocrypto Gandeng Infonesia Sebagai Sarana Edukasi Publik Terkait Blockchain dan Aset Kripto

Salah satu platform jual beli aset kripto, Tokocrypto menggandeng aplikasi sosial media baru produk anak bangsa, Infonesia, sebagai salah satu saluran resmi untuk mengedukasi publik.

Tiga artis senior, Ratna Riantiarno, Ninikl Karim dan Widyawati beradu akting dalam film "Mama Mama Jagoan" (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Tiga Aktris Wanita Senior Masuk Penjara di Film 'Mama-Mama Jagoan'

Sungguh suatu keberanian luar biasa dari produser film pendatang baru Buddy-buddy Pictures ketika meluncurkan film terbaru bergene komedi berjudul Mama-mama Jagoan. Film yang digarap oleh sutradara…

Monumen Kapsul Waktu

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Hari ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, yang menyimpan Impian Indonesia 2015-2085, telah rampung dibangun. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan monumen seluas 2,5 ha tersebut pada…

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik (Rizki Meirino)

Jumat, 16 November 2018 - 11:53 WIB

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto dinobatkan sebagai sebagai Tokoh Profesional terbaik dalam acara Indonesia Awards 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (15/11). Sosok Suprajarto…

Bendungan Logung Kudus

Jumat, 16 November 2018 - 11:34 WIB

Pembangunan Rampung, Bendungan Logung Kudus Akan Tingkatkan Suplai Air Untuk Lahan Pertanian

Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah saat ini telah rampung dan siap diisi air atau impounding pada akhir November 2018.