Tips Memasak Cumi Agar Empuk Seperti di Rumah Makan Nasi Padang

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:10 WIB

Cumi Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Cumi Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Oalahan masakan cumi, merupakan makanan laut yang digemari oleh para pecinta kuliner. cumi yang enak dikonsumsi yakni cumi yang alot dan tidak keras. Oleh karena itu, bagi Anda penggemar olahan kuliner laut ini, tahu tidak bagaiamana memasak si cumi ini agar tidak keras saat dikonsumsi? Yuk intip tipsnya.

Diterumui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/12/2017), Chef William Gozali membeberkan tata cara atau tips agar cumi yang Anda masak tidak alot dan tidak keras.

"Biasanya direndem dulu ke dalam susu. Tujuannya, bikin lebih empuk dan menghilangkan bau amisnya," katanya.

Namun, Ia menjelaskan jika menggunakan susu biayanya mahal, Ia pun memiliki cara lain dengan menggunakan susu dengan takarannya setengah dan dicampur dengan perasan jeruk limau. "Takaran susu dan jeruk limaunya, satu banding satu. kalau mau terlalu asam ya jangan banyak-banyak jeruk limaunya. Terus, susunya yang plain, jangan pakai susu kaleng, nanti keamisan," jelasnya.

William mengungkapkan, resep rahasia bagaimana olahan cumi di Rumah Makan Nasi Padang tidak ada yang ngga alot, semuanya alot. Karena proses masaknya.

"Setelah dicampur, merendamnya ngga harus satu jam, kalu cumi cukup setengah jam saja, sampai membuatnya juice," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 12:00 WIB

Garuda Indonesia Siapkan 10 Penerbangan Tambahan Selama Pertemuan IMF-WB

Maskapai Garuda Indonesia menyiapkan 10 penerbangan tambahan selama penyelenggaraan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB) di Bali pada 12-14 Oktober 2018.

Smartphone Realme

Selasa, 25 September 2018 - 11:53 WIB

Catat Tanggalnya, Smartphone Dengan Layar Notch Pertama Realme 2 Akan Segera Diluncurkan

Setelah secara resmi mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia, Realme akan segera menggelar konferensi pers di Indonesia dan Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Oktober…

Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono bersama Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri saat mengunjungi Pabrik Pabrik Pelumas Shell Indonesia di Marunda, Bekasi (Foto: Dok. Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 11:49 WIB

Importir Keberatan Aturan Wajib SNI Pelumas

Baru-baru ini Kementerian merilis aturan standar nasional Indonesia (SNI) wajib untuk pelumas, melalui peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 tentang pemberlakuan SNI Pelumas secara wajib.…

Pertambangan di Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 11:36 WIB

Dua Perusahaan Ini Bergabung Jadi Penambang Emas Terbesar Dunia

Barrick Gold, salah satu perusahaan penambangan emas terbesar di dunia, membeli perusahaan saingannya Randgold. Penggabungan dua penambang emas ini menciptakan penguasa baru di industri emas…

Lion Air (Foto Ist)

Selasa, 25 September 2018 - 11:30 WIB

Tingkatkan Sektor Logistik, Lion Bidik Terbang ke Myanmar

Lion Air Group membidik Myanmar untuk pengembangan rute internasional di kawasana Asia Tenggara.