Produsen Akan Perluas Pasar Ekspor Sepeda Motor di Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Rabu, 04 Januari 2017 - 11:46 WIB

Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)
Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pada tahun ini, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) akan memperluas pasar ekspor sepeda motor dengan volume ekspor diperkirakan menyentuh 336.000 unit, naik 20% dibandingkan realisasi tahun lalu.

"Kami terus berupaya untuk memperluas pasar ekspor, meskipun itu memang sangat tergantung pada kondisi ekonomi global," kata Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, Rabu (4/1).

Sejak pertama kali menyasar pasar global pada 2014 lalu, volume ekspor sepeda motor terus meningkat. Pada tahun pertama, volume ekspor hanya sebanyak 41.746 unit, dan meningkat menjadi 228.229 pada tahun berikutnya.

Produk yang dipasarkan ke luar negeri juga telah beragam, mulai kendaraan berkapasitas mesin 110 cc hingga 250 cc. Pabrikan sepeda motor mengincar sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.

"Produsen roda dua di dalam negeri terus meyakinkan pihak prinsipal untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi pasar global. Indonesia telah menjadi lokasi pengembangan pasar ekspor," ujar Gunadi.

Berdasarkan data AISI, target ekspor roda dua pada tahun ini awalnya dipatok sebanyak 320.000 unit. Namun hingga November realisasi ekspor baru mencapai 257.234 unit dan diyakini hanya akan mencapai 280.000 unit hingga tutup tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.