Produsen Akan Perluas Pasar Ekspor Sepeda Motor di Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Rabu, 04 Januari 2017 - 11:46 WIB

Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)
Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pada tahun ini, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) akan memperluas pasar ekspor sepeda motor dengan volume ekspor diperkirakan menyentuh 336.000 unit, naik 20% dibandingkan realisasi tahun lalu.

"Kami terus berupaya untuk memperluas pasar ekspor, meskipun itu memang sangat tergantung pada kondisi ekonomi global," kata Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, Rabu (4/1).

Sejak pertama kali menyasar pasar global pada 2014 lalu, volume ekspor sepeda motor terus meningkat. Pada tahun pertama, volume ekspor hanya sebanyak 41.746 unit, dan meningkat menjadi 228.229 pada tahun berikutnya.

Produk yang dipasarkan ke luar negeri juga telah beragam, mulai kendaraan berkapasitas mesin 110 cc hingga 250 cc. Pabrikan sepeda motor mengincar sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.

"Produsen roda dua di dalam negeri terus meyakinkan pihak prinsipal untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi pasar global. Indonesia telah menjadi lokasi pengembangan pasar ekspor," ujar Gunadi.

Berdasarkan data AISI, target ekspor roda dua pada tahun ini awalnya dipatok sebanyak 320.000 unit. Namun hingga November realisasi ekspor baru mencapai 257.234 unit dan diyakini hanya akan mencapai 280.000 unit hingga tutup tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kayu di Hutan

Rabu, 22 November 2017 - 19:28 WIB

Pemerintah Wacanakan Buka Keran Ekspor Kayu Bulat

Setelah dilarang selama 16 tahun. pemerintah mempertimbangkan untuk membuka kran ekspor kayu bulat atau log. Alasannya, untuk mengangkat harga komoditas itu yang jatuh di pasar lokal.

Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 18:27 WIB

Aptrindo: Sudah Saatnya Angkutan Barang Masuk Sistem Digital

Era industrialisasi digital mengharuskan semua sektor industri mengimplementasikan sistem digitalisasi guna meningkatkan daya saing industri, tak terkecuali industri angkutan barang.

PT Totalindo Eka Persada Tbk

Rabu, 22 November 2017 - 17:50 WIB

Totalindo Eka Persada Akan Garap Proyek TOD Senilai Rp3 Triliun

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) menandatangani perjanjian pembangunan proyek kawasan terpadu (TOD) dengan BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya senilai Rp3 triliun.

PT Asia Pacific Fiber Tbk (ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:38 WIB

Dongkrak Penjualan, Asia Pacific Fiber Genjot Produksi Serat Antiapi

Guna meningkatkan angka penjualan, produsen tekstil PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY) menggenjot produksi serat antiapi. Langkah tersebut dilakukan lantaran permintaan domestik terhadap serat…

Budayawan; Emha Ainun Nadjib (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:37 WIB

Ango An Poteh Tolang, Setnov

Andaikan Markesot dikenal oleh Setya Novanto dan ditanya tentang keadaannya hari-hari ini, mestinya Markesot menjawab begini: "Etembang poth mata, ango`an poth tolang, ta`iye!". Daripada mata…