Produsen Akan Perluas Pasar Ekspor Sepeda Motor di Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Rabu, 04 Januari 2017 - 11:46 WIB

Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)
Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pada tahun ini, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) akan memperluas pasar ekspor sepeda motor dengan volume ekspor diperkirakan menyentuh 336.000 unit, naik 20% dibandingkan realisasi tahun lalu.

"Kami terus berupaya untuk memperluas pasar ekspor, meskipun itu memang sangat tergantung pada kondisi ekonomi global," kata Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, Rabu (4/1).

Sejak pertama kali menyasar pasar global pada 2014 lalu, volume ekspor sepeda motor terus meningkat. Pada tahun pertama, volume ekspor hanya sebanyak 41.746 unit, dan meningkat menjadi 228.229 pada tahun berikutnya.

Produk yang dipasarkan ke luar negeri juga telah beragam, mulai kendaraan berkapasitas mesin 110 cc hingga 250 cc. Pabrikan sepeda motor mengincar sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.

"Produsen roda dua di dalam negeri terus meyakinkan pihak prinsipal untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi pasar global. Indonesia telah menjadi lokasi pengembangan pasar ekspor," ujar Gunadi.

Berdasarkan data AISI, target ekspor roda dua pada tahun ini awalnya dipatok sebanyak 320.000 unit. Namun hingga November realisasi ekspor baru mencapai 257.234 unit dan diyakini hanya akan mencapai 280.000 unit hingga tutup tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Oesman Sapta Odang (OSO) Ketum Umum Hanura Oesman

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:07 WIB

Konflik Partai Hanura, OSO-Daryatmo Harus Temukan Kompromi Politik

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan para elit politik Hanura harus secepatnya bertemu untuk menemukan kompromi politik yang terbaik bagi partai…

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:57 WIB

Menhan Ungkap Empat Isu Krusial Ganggu Keamanan Kawasan

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, menyebutkan, saat ini dunia tengah menghadapi empat isu krusial yang dapat mengganggu keamanan kawasan regional dan wilayah.

Ilustrasi Petani Garam (Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:55 WIB

Kemenperin Blak-Blakan Soal Impor Garam

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui jika saat ini pemerintah maupun para petani belum mampu menyediakan kebutuhan garam bagi industri. Sehingga, opsi impor garam menjadi langkah…

Partai Solidaritas Indoensia (PSI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:52 WIB

PSI Galang Dana Publik untuk Perbaiki Iklim Politik Tanah Air

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggalang dana donasi publik untuk pembiayaan partai dan mendorong perbaikan iklim politik di Tanah Air.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:39 WIB

MPR: Indonesia Butuh Haluan Negara

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Indonesia membutuhkan kembali pola pembangunan sejenis garis besar haluan negara(GBHN), ditengah munculnya fenomena Demokrasi Pancasila menghasilkan…