KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi

Oleh : Ridwan | Jumat, 15 Desember 2017 - 14:27 WIB

KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi (Foto Dok Industry.co.id)
KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan asal Jepang, Sango Corporation merealisasikan investasinya di Indonesia dengan megandeng PT Krakatau Steel (KS) untuk mengembangkan produk baja bernilai tambah tinggi yaitu, wire rod.

Nantinya, produk baja bernilai tambah tinggi tersebut akan di pasok untuk memenuhi kebutuhan industri otomotif nasional.

"Ini merupakan milestone atau tombak sejarah untuk industri otomotif pendalaman struktur. Kementerian Perindustrian mendorong pendalaman struktur, beberapa waktu lalu untuk produk plastik sekarang produk wire rod. Dimana selama ini wire rod kita impor sekarang sudah bisa di pasok oleh KS," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Ia menambahkan, untuk tahap pertama, nilai proyek investasi tersebut sebesar US$ 95 juta. "Nantinya dalam kerja sama ini akan menghasilkan 40 ribu ton wire rod per tahun untuk kebutuhan industri otomotif. Dengan begitu akan menghemat devisa mencapai US$ 24 juta per tahun," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan investasi ini maka supplai kepada industri otomotif dan spare part akan semakin baik karena quality control nya dijamin dan untuk delivery nya akan lebih terjaga.

"Dengan demikian jika terjadi masalah pada kualitas wire rod, maka pabrikan otomotif bisa langsung menyampaikanya ke KS-Sango," tutur Airlangga.

Sekedar informasi, kerja sama ini digagas dalam misi investasi yang dipimpin Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada pertemuan dengan CEO Sango pada Oktober 2016 lalu di Tokyo, Jepang.

Kemudian dilanjutkan dengan joint study model suplai industri wire rod di Indonesia dan survei market industri komponen otomotif berbasis wire rod.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…