KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi

Oleh : Ridwan | Jumat, 15 Desember 2017 - 14:27 WIB

KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi (Foto Dok Industry.co.id)
KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan asal Jepang, Sango Corporation merealisasikan investasinya di Indonesia dengan megandeng PT Krakatau Steel (KS) untuk mengembangkan produk baja bernilai tambah tinggi yaitu, wire rod.

Nantinya, produk baja bernilai tambah tinggi tersebut akan di pasok untuk memenuhi kebutuhan industri otomotif nasional.

"Ini merupakan milestone atau tombak sejarah untuk industri otomotif pendalaman struktur. Kementerian Perindustrian mendorong pendalaman struktur, beberapa waktu lalu untuk produk plastik sekarang produk wire rod. Dimana selama ini wire rod kita impor sekarang sudah bisa di pasok oleh KS," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Ia menambahkan, untuk tahap pertama, nilai proyek investasi tersebut sebesar US$ 95 juta. "Nantinya dalam kerja sama ini akan menghasilkan 40 ribu ton wire rod per tahun untuk kebutuhan industri otomotif. Dengan begitu akan menghemat devisa mencapai US$ 24 juta per tahun," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan investasi ini maka supplai kepada industri otomotif dan spare part akan semakin baik karena quality control nya dijamin dan untuk delivery nya akan lebih terjaga.

"Dengan demikian jika terjadi masalah pada kualitas wire rod, maka paikan otomotif bisa langsung menyampaikanya ke KS-Sango," tutur Airlangga.

Sekedar informasi, kerja sama ini digagas dalam misi investasi yang dipimpin Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada pertemuan dengan CEO Sango pada Oktober 2016 lalu di Tokyo, Jepang.

Kemudian dilanjutkan dengan joint study model suplai industri wire rod di Indonesia dan survei market industri komponen otomotif berbasis wire rod.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Taksi Online (Ist)

Kamis, 20 September 2018 - 13:04 WIB

Dua Kali Ditolak MA, Kemenhub Atur Strategi Baru Rancang Aturan Taksi Online

Mahkamah Agung (MA) sudah terhitung dua kali mementahkan aturan transportasi yang dibuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait taksi online atau daring.

POPCON AWARD Film Indonesia Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 13:00 WIB

POPCON Asia 2018 Untuk Pertama Kalinya Gelar POPCON AWARD Film Indonesia

2018 merupakan tahun yang spesial bagi industri perfilman Tanah Air. Dalam waktu tiga tahun terakhir, jumlah penonton Film Indonesia semakin meningkat. Total penonton Film Indonesia di tahun…

Restu Pratiwi Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 12:00 WIB

Yayasan Danamon Peduli Turut Promosikan Festival Pasar Rakyat di Banjarmasin

Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) kembali menggelar Festival Pasar Rakyat Banjarmasin 2018 (FPR) yang bertajuk Bakunjang ka Pasar atau yang artinya ajakan untuk berkunjung ke pasar tradisional/rakyat.…

Bank BJB

Kamis, 20 September 2018 - 11:28 WIB

Prospek Peringkat Bank BJB Stabil

INDUSTRY.co.id

Pefindo Sematkan Peringkat idAA-Bank Jabar Banten (BJBR) dan obligasi berkelanjutan I/2017. Pefindo juga menegaskan peringkat idA untuk obligasi…

Kementerian PUPR dan K-Water Tandatangani MoU Kerjasama Manajemen Sumber Daya Air

Kamis, 20 September 2018 - 10:38 WIB

Kementerian PUPR dan K-Water Tandatangani MoU Kerjasama Manajemen Sumber Daya Air

Kementerian PUPR dengan Korea Water Resources Corporation (K-Water) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama di bidang pengelolaan sumber daya air yang dilakukan oleh Dirjen Sumber Daya…