Industri Pertelevisian Indonesia Terancam Bangkrut Digilas Digital

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 15 Desember 2017 - 09:59 WIB

Presiden Direktur PT Indonesia Entertainment Production, Indra Yudhistira di acara Semiloka ForummWartawan Hiburan (Forwan)
Presiden Direktur PT Indonesia Entertainment Production, Indra Yudhistira di acara Semiloka ForummWartawan Hiburan (Forwan)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Kehadiran teknologi informasi  atau digital tidak saja telah menelan banyak korban seperti bertumbangannya suratkabar di Indonesia, namun lima tahun kedepan industri pertelevisian  juga terancam bangkrut. Oleh karenanya perlu kesiapan ekstra untuk menyambut datangnya industri pertelevisian di dunia teknologi informasi.

Demikian dikemukakan Indra Yudhistira Ramadhan, Direktur Utama Indonesia Entertainment Produksi (IEP), pada Semiloka Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia yang bekerjasama dengan Pusbang Film Kemendikbud serta PWI Jaya, di Wisma Arga Mulya, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, yang bertemakan “TV Vs Digital”.

Oleh karenanya Indra berharap para pelaku industri televisi di tanah air untuk bersiap – siap beralih ke televisi digital. “Jaman sudah berubah dan bagaimana televisi di masa depan sangat bergantung dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi ini. Maka jika tidak segera mengantisipasinya, tidak menutup kemungkin tidak lama lagi televisi juga akan tersingkir. Bersiap-siaplah menghadapi kenyataan pahit ini, “kata  Indra.

Saat ini Indonesia merupakan negara yang memiliki perkembangan pemakai internet terbesar di dunia. Pengguna internet di Indonesia mencapai 103 juta orang pada tahun 2016. Pengguna facebook 75 juta, BBM 62 juta, WA 40 juta dan pemakai Line mencapai 30 juta. Dimana nilai e-commerce nya tumbuh 59% per tahun. Fakta ini, bagi Indra merupakan ancaman yang serius.

Jadi siapapun harus siap menghadapinya. Bagaimana caranya? Caranya hanya dengan mengenal dunia digital lebih baik lagi, serta lebih dalam lagi. Dan dunia pertelevisian Indonesia harus bersiap-siap beralih ke televisi digital agar tidak menuju kebangkrutannya. Jangan sampai akhirnya tergilas perkembangan dunia teknologi informasi, tutupnya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…