Industri Pertelevisian Indonesia Terancam Bangkrut Digilas Digital

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 15 Desember 2017 - 09:59 WIB

Presiden Direktur PT Indonesia Entertainment Production, Indra Yudhistira di acara Semiloka ForummWartawan Hiburan (Forwan)
Presiden Direktur PT Indonesia Entertainment Production, Indra Yudhistira di acara Semiloka ForummWartawan Hiburan (Forwan)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Kehadiran teknologi informasi  atau digital tidak saja telah menelan banyak korban seperti bertumbangannya suratkabar di Indonesia, namun lima tahun kedepan industri pertelevisian  juga terancam bangkrut. Oleh karenanya perlu kesiapan ekstra untuk menyambut datangnya industri pertelevisian di dunia teknologi informasi.

Demikian dikemukakan Indra Yudhistira Ramadhan, Direktur Utama Indonesia Entertainment Produksi (IEP), pada Semiloka Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia yang bekerjasama dengan Pusbang Film Kemendikbud serta PWI Jaya, di Wisma Arga Mulya, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, yang bertemakan “TV Vs Digital”.

Oleh karenanya Indra berharap para pelaku industri televisi di tanah air untuk bersiap – siap beralih ke televisi digital. “Jaman sudah berubah dan bagaimana televisi di masa depan sangat bergantung dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi ini. Maka jika tidak segera mengantisipasinya, tidak menutup kemungkin tidak lama lagi televisi juga akan tersingkir. Bersiap-siaplah menghadapi kenyataan pahit ini, “kata  Indra.

Saat ini Indonesia merupakan negara yang memiliki perkembangan pemakai internet terbesar di dunia. Pengguna internet di Indonesia mencapai 103 juta orang pada tahun 2016. Pengguna facebook 75 juta, BBM 62 juta, WA 40 juta dan pemakai Line mencapai 30 juta. Dimana nilai e-commerce nya tumbuh 59% per tahun. Fakta ini, bagi Indra merupakan ancaman yang serius.

Jadi siapapun harus siap menghadapinya. Bagaimana caranya? Caranya hanya dengan mengenal dunia digital lebih baik lagi, serta lebih dalam lagi. Dan dunia pertelevisian Indonesia harus bersiap-siap beralih ke televisi digital agar tidak menuju kebangkrutannya. Jangan sampai akhirnya tergilas perkembangan dunia teknologi informasi, tutupnya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…