Tingkatkan Efisiensi Industri Manufaktur, Siemens Hadirkan Digital Twin

Oleh : Candra Mata | Kamis, 14 Desember 2017 - 21:04 WIB

Pengunjung pameran manufaktur di booth Siemens
Pengunjung pameran manufaktur di booth Siemens

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam ajang International Manufacturing, Machinery, Equipment, Materials and Services Exhibition ke-28 yang digelar di JIExpo Kemayoran pada 6-9 Desember 2017, Siemens menampilkan solusi digital twin untuk membantu kalangan industri dalam mendesain, menyimulasikan, memvalidasi, dan mengoptimalkan secara virtual sebuah produk fisik, proses produksi, atau kinerja produksi.

Perangkat lunak ini disebut-sebut mampu secara akurat menampilkan produk, proses produksi dan kinerja sistem produksi dalam operasi industri.

Jalur digital menyambungkan informasi dari digital twin ke produk, proses produksi, dan kinerja produksi untuk membantu industri menghasilkan produk terbaik dengan lebih cepat.

Dan, Sektor Dirgantara & Pertahanan, Produk Konsumsi & Retail, dan Otomotif termasuk industri di Indonesia yang sudah siap untuk menerima konsep digital twin.

Dengan adanya kembaran digital dari produk, proses produksi, dan kinerja produk, maka bisa mendorong manufaktur yang fleksibel, mengurangi waktu dan biaya produksi, meningkatkan kualitas, serta produktivitas di semua tingkatan bisnis organisasi.

Siemens juga mendorong pengembangan sistem operasi MindSphere berbasis cloud dan bersifat terbuka untuk IoT dengan penambahan antarmuka dan aplikasi.

"Kalangan industri biasanya melakukan langkah perbaikan proses berdasarkan hasil analisis data masa lalu. Namun, kini ada tren baru menuju tindakan prediktif dengan memanfaatkan digital twin untuk mensimulasikan dan mengoptimalkan proses industri," kata Fransiskus Nugroho, Channel Sales Director PLM Software of PT Siemens Indonesia.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa meskipun industri manufaktur hanya berkontribusi 18 persen terhadap PDB Indonesia pada 2017, namun merupakan penyumbang utama pertumbuhan ekonomi.

Industri manufaktur non-migas pada kuartal ketiga 2017 mencatat pertumbuhan 5,49 persen di atas pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,06 persen; terutama ditunjang sektor Logam Dasar yang tumbuh 10,6 persen; Makanan dan Minuman tumbuh 9,46 persen; Mesin dan Perlengkapan dengan pertumbuhan 6,35 persen; dan Otomotif yang tumbuh 5,63 persen.

Dikatakan Fransiskus, pihaknya meyakini bahwa konsep digital twin bisa membantu industri manufaktur untuk memproduksi komponen secara lebih efisien, dengan kualitas dan kuantitas produk lebih tinggi.

"Konsep digital twin bisa membantu sektor industri Indonesia dalam meraih kembali status sebagai motor utama penggerak perekonomian," ungkapnya.

Selama pameran berlangsung, Siemens juga menampilkan Totally Integrated Automation (TIA) Portal sebagai pintu gerbang menuju otomasi di Digital Enterprise dan membantu perusahaan dalam melangkah menuju Industri 4.0.

TIA Portal, menurut Fransiskus, menawarkan lebih dari sekadar kerangka kerja dari mulai perencanaan digital dan rekayasa teknik terpadu sampai ke operasi yang transparan, namun juga perangkat yang benar-benar terpadu serta memberikan akses tak terbatas ke layanan otomasi digital yang lengkap dari Siemens.

"Singkatnya, teknologi ini akan membantu pelanggan untuk memadukan semua sistem yang dibutuhkan di pabrik manufaktur," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…