OJK Bali Dorong Perbankan Optialkan Realisasi KUR

Oleh : Herry Barus | Kamis, 14 Desember 2017 - 14:38 WIB

OJK
OJK

INDUSTRY.co.id - Denpasar - Otoritas Jasa Keuangan mendorong perbankan di Bali mengoptimalkan realisasi kredit usaha rakyat (KUR) untuk segmentasi ritel dan mikro karena penyaluran hingga Oktober 2017 baru mencapai sekitar 73 persen dari plafon Rp5,3 triliun.

"Sebetulnya rugi juga jika KUR tidak tersalurkan, karena banyak sebetulnya pengusaha di Bali yang membutuhkan itu, tetapi karena beberapa hal, tidak tersalurkan semua," kata Kepala OJK Regional Bali dan Nusa Tenggara Hizbullah di Denpasar, Kamis (14/12/2017)

Menurut Hizbullah, hingga Oktober 2017 KUR untuk ritel dan mikro di Bali baru mencapai Rp3,9 triliun dengan penyerapan paling banyak di Kota Denpasar mencapai Rp823,3 miliar.

Hizbullah memprediksi perbankan masih menerapkan prinsip kehati-hatian dalam mencairkan kredit kepada calon debitur mencermati situasi perekonomian global dan nasional yang dinilai masih belum menggembirakan.

Selain karena kondisi makro ekonomi tersebut, persyaratan untuk mendapatkan KUR juga ditengarai menyebabkan realisasi kredit usaha rakyat belum optimal.

Ia menyebutkan persyaratan sebelumnya calon debitur KUR harus menggunakan KTP elektronik sedangkan belum semua calon debitur memiliki sistem kartu identitas tersebut.

Saat ini aturan tersebut, lanjut dia, sudah diperlunak yakni dapat mengajukan KUR dengan melampirkan surat keterangan KTP elektronik dari instansi berwenang.

Syarat lain yang menyebabkan realisasi KUR belum maksimal yakni calon debitur tidak diperkenankan memiliki kartu kredit sebagai salah satu syarat tambahan tahun 2017.

Selain itu, adanya aturan calon debitur harus memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) bagi pengajuan KUR dengan nilai di atas Rp25 juta, juga menyebabkan realisasi kredit itu terkendala.

"Itu cukup menghambat untuk KUR ritel. Kami sebelumnya ada pertemuan dengan pemeritah daerah dan diusulkan agar NPWP baru bisa dilampirkan jika nilai kredit mungkin di atas Rp100 juta," imbuhnya.

Sementara itu terkait rincian besaran alokasi KUR, OJK mencatat dari total plafon sebesar Rp5,3 triliun selama setahun di Bali, porsi plafon KUR ritel mencapai Rp1,28 triliun dan KUR mikro Rp4 triliun.

Untuk KUR ritel, baru terealisasi hingga Oktober 2017 mendekati Rp1 triliun dan KUR mikro terealisasi Rp2,9 triliun.  (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…