Kabupaten Enrekang, Siap Gelar Festival Bumi Kopi Massenrepulu

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 13 Desember 2017 - 19:15 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Enrekang - Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan besok, Kamis (14/12/2017) hingga 17 Desember 2017 akan menggelar Festival Bumi Kopi Massenrepulu.

Uniknya, kegiatan ini dilakukan di lokasi  permaianan yang mamacu adrenalin peserta di dalam sungai yakni river tubing di Sungai Mata Allo Kecamatan Baraka, Enrekang.

"Permainan ini dimainkan secara berkelompok, dan akan dilombakan dengan empat kelas, yakni Slalom, head to head, down river race, dan time trial," kata Koordinator Seksi Penyelenggara Festival Kopi Bumi Massenrempulu 2017, Agil Valentino, seperti dikutip dari antara, Rabu (13/12/2017).

Selain itu yang tidak kalah menarik lainnya, kata dia, adalah lomba foto dengan tema "Wajah Massenrempulu".

Untuk lomba foto ini, lanjut dia, setiap peserta lomba diberi kebebasan dan keleluasaan untuk mencitrakan bumi Massenrempulu dari berbagai sisi, dengan kategori lomba untu umum dan pelajar.

Kegiatan yang digelar selama empat hari ini juga akan menampilkan pemilihan Duta Wisata Enrekang 2017.

Menurut Agil, pemilihan duta ini diselenggarakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang dan merupakan ajang pemilihan putera-puteri asli Enrekang.

"Tujuannya untuk menjadikan budaya Massenrempulu sebagai daya tarik dan kekuatan kepariwisataan Enrekang dalam rangka memperkenalkan destinasi wisata, seni dan budaya," ujarnya.

Selain itu, panitia juga menyiapkan agenda wisata kebun kopi dan festival kopi seperti lomba foto, kompetisi Brewers Cup, kompetisi river tubing, pameran hasil komoditi kopi dari produsen dan kelompok usaha," katanya.

Dia menjelaskan khusus pameran kopi nanti dipamerkan berbagai komoditas kopi Enrekang mulai dari green bean (mentah) sampai proses penyeduhannya.

Di ajang spesial ini, kata dia, kegiatan pameran akan melibatkan para pemilik cafeshop yang tujuannya untuk memperkenal kopi Kalosi Enrekang serta kegiatan pameran perlengkapan perkopian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…