Kabupaten Enrekang, Siap Gelar Festival Bumi Kopi Massenrepulu

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 13 Desember 2017 - 19:15 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Enrekang - Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan besok, Kamis (14/12/2017) hingga 17 Desember 2017 akan menggelar Festival Bumi Kopi Massenrepulu.

Uniknya, kegiatan ini dilakukan di lokasi  permaianan yang mamacu adrenalin peserta di dalam sungai yakni river tubing di Sungai Mata Allo Kecamatan Baraka, Enrekang.

"Permainan ini dimainkan secara berkelompok, dan akan dilombakan dengan empat kelas, yakni Slalom, head to head, down river race, dan time trial," kata Koordinator Seksi Penyelenggara Festival Kopi Bumi Massenrempulu 2017, Agil Valentino, seperti dikutip dari antara, Rabu (13/12/2017).

Selain itu yang tidak kalah menarik lainnya, kata dia, adalah lomba foto dengan tema "Wajah Massenrempulu".

Untuk lomba foto ini, lanjut dia, setiap peserta lomba diberi kebebasan dan keleluasaan untuk mencitrakan bumi Massenrempulu dari berbagai sisi, dengan kategori lomba untu umum dan pelajar.

Kegiatan yang digelar selama empat hari ini juga akan menampilkan pemilihan Duta Wisata Enrekang 2017.

Menurut Agil, pemilihan duta ini diselenggarakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang dan merupakan ajang pemilihan putera-puteri asli Enrekang.

"Tujuannya untuk menjadikan budaya Massenrempulu sebagai daya tarik dan kekuatan kepariwisataan Enrekang dalam rangka memperkenalkan destinasi wisata, seni dan budaya," ujarnya.

Selain itu, panitia juga menyiapkan agenda wisata kebun kopi dan festival kopi seperti lomba foto, kompetisi Brewers Cup, kompetisi river tubing, pameran hasil komoditi kopi dari produsen dan kelompok usaha," katanya.

Dia menjelaskan khusus pameran kopi nanti dipamerkan berbagai komoditas kopi Enrekang mulai dari green bean (mentah) sampai proses penyeduhannya.

Di ajang spesial ini, kata dia, kegiatan pameran akan melibatkan para pemilik cafeshop yang tujuannya untuk memperkenal kopi Kalosi Enrekang serta kegiatan pameran perlengkapan perkopian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?

MRT akan mulai proses uji coba operasi secara penuh mulai tanggal 26 Februari 2019.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:40 WIB

Mulai 26 Februari, Warga Jakarta Bisa Jajal MRT Jakarta Gratis

PT Moda raya terpadu (MRT) Jakarta segera beroperasi pada bulan Maret 2019 mendatang. Namun masyarakat sudah mulai bisa menjajal Ratangga, sebutan untuk kereta MRT, pada akhir Februari mendatang.