Kabupaten Enrekang, Siap Gelar Festival Bumi Kopi Massenrepulu

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 13 Desember 2017 - 19:15 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Enrekang - Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan besok, Kamis (14/12/2017) hingga 17 Desember 2017 akan menggelar Festival Bumi Kopi Massenrepulu.

Uniknya, kegiatan ini dilakukan di lokasi  permaianan yang mamacu adrenalin peserta di dalam sungai yakni river tubing di Sungai Mata Allo Kecamatan Baraka, Enrekang.

"Permainan ini dimainkan secara berkelompok, dan akan dilombakan dengan empat kelas, yakni Slalom, head to head, down river race, dan time trial," kata Koordinator Seksi Penyelenggara Festival Kopi Bumi Massenrempulu 2017, Agil Valentino, seperti dikutip dari antara, Rabu (13/12/2017).

Selain itu yang tidak kalah menarik lainnya, kata dia, adalah lomba foto dengan tema "Wajah Massenrempulu".

Untuk lomba foto ini, lanjut dia, setiap peserta lomba diberi kebebasan dan keleluasaan untuk mencitrakan bumi Massenrempulu dari berbagai sisi, dengan kategori lomba untu umum dan pelajar.

Kegiatan yang digelar selama empat hari ini juga akan menampilkan pemilihan Duta Wisata Enrekang 2017.

Menurut Agil, pemilihan duta ini diselenggarakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Enrekang dan merupakan ajang pemilihan putera-puteri asli Enrekang.

"Tujuannya untuk menjadikan budaya Massenrempulu sebagai daya tarik dan kekuatan kepariwisataan Enrekang dalam rangka memperkenalkan destinasi wisata, seni dan budaya," ujarnya.

Selain itu, panitia juga menyiapkan agenda wisata kebun kopi dan festival kopi seperti lomba foto, kompetisi Brewers Cup, kompetisi river tubing, pameran hasil komoditi kopi dari produsen dan kelompok usaha," katanya.

Dia menjelaskan khusus pameran kopi nanti dipamerkan berbagai komoditas kopi Enrekang mulai dari green bean (mentah) sampai proses penyeduhannya.

Di ajang spesial ini, kata dia, kegiatan pameran akan melibatkan para pemilik cafeshop yang tujuannya untuk memperkenal kopi Kalosi Enrekang serta kegiatan pameran perlengkapan perkopian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Senin, 19 November 2018 - 11:18 WIB

Jelang Dua Dekade Eksistensi, R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Berpengalaman lebih dari 18 tahun di industri kehumasan, R&R Public Relations sebagai PR agency lokal peroleh penghargaan "PR Agency of the Year 2018" dalam ajang Indonesia PR Program of the…

Menteri Perindutrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi pabrik karet PT New Kalbar Processors (NKP) di Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 11:15 WIB

Kunjungi New Kalbar Processors, Menperin Janji Tumbuhkan Industri Pengolahan Karet Remah

Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan sektor industri pengolahan crumb rubber (karet remah). Oleh karena itu, melalui Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang telah dikeluarkan pemerintah,…

Kepala Pusdatin Kementan I Ketut Kariyasa

Senin, 19 November 2018 - 11:12 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan), Ketut Kariyasa menegaskan produktivitas tenaga kerja…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 19 November 2018 - 11:02 WIB

Akademisi Sebut Produksi bukan Variabel Tunggal dalam Kenaikan Harga Beras

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Harga beras yang diberitakan mengalami kenaikan belakangan ini turut mendapat sorotan dari pakar ekonomi pertanian Luthfi Fatah.

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 10:30 WIB

Hindari Jeratan Pinjaman Online, Ini Tujuh Poin yang Harus Diperhatikan Menurut YLKI

Praktik bisnis pinjaman online (pinjol) terus merebak, bahkan masif. Pemerintah pun berbangga, menepuk dada, sementara ribuan konsumen merana, menjadi korban pinjol.