Tetra Pak Indonesia Berikan Edukasi tentang Susu UHT Guna Lengkapi Gizi dan Tingkatkan Konsumsi Susu Anak Indonesia

Oleh : Candra Mata | Rabu, 13 Desember 2017 - 18:50 WIB

 (Kiri ke Kanan) Gabrielle Angriani, Communication Manager of Tetra Pak Indonesia, Emilia E. Achmadi MS., RD, Pakar Gizi, dan Andra Alodita, Lifestyle Blogger Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)
(Kiri ke Kanan) Gabrielle Angriani, Communication Manager of Tetra Pak Indonesia, Emilia E. Achmadi MS., RD, Pakar Gizi, dan Andra Alodita, Lifestyle Blogger Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Sebagai salah satu sumber pangan kaya gizi, susu memiliki peranan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anggota keluarga, khususnya anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang kian berkembang juga berperan besar akan jenis susu yang beredar di pasaran saat ini.

Melihat tren ini, Tetra Pak Indonesia menyadari pentingnya edukasi bagi keluarga untuk dapat memilih susu yang tepat bagi keluarga terutama bagi buah hati mereka, salah satunya melalui susu Ultra-high Temperature (UHT).

Melalui acara Susu Bergizi Kesukaan Anak hari ini, Tetra Pak Indonesia membahas rendahnya tingkat konsumsi susu Indonesia bila dibandingkan dengan rata-rata negara ASEAN lainnya seperti Filipina dengan 22,1 liter; Thailand dengan 33,7 liter; dan Malaysia dengan 50,9 liter.

Namun menariknya, konsumsi susu nasional terus meningkat hingga 5% setiap tahunnya dengan rata-rata konsumsi sebesar 17,2 kg/orang per tahun.

Pertumbuhan ini kian dikuatkan dengan temuan yang menyebutkan bahwa keluarga Indonesia mulai peduli akan makanan yang dikonsumsi2, termasuk bagaimana para orang tua lebih memerhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi oleh buah hatinya setiap hari.

Sebagai sumber kalsium, susu merupakan produk pangan dengan kandungan nutrisi lengkap yang paling mudah diserap khususnya oleh anak-anak dengan fungsi pencernaan normal saat masa tumbuh kembangnya.

"Agar dapat menyesuaikan tingginya kebutuhan nutrisi di tengah aktifnya kegiatan mereka, susu cair segar berkualitas yang mengandung keseimbangan nutrisi dapat menjadi solusi, salah satunya susu UHT, ujar Emilia E. Achmadi MS., RDN selaku Pakar Gizi.

Ia menambahkan bahwa idealnya anak-anak berusia 2-5 tahun membutuhkan 400 600 cc susu segar sehari (setara dengan 2 3 gelas) untuk dapat melengkapi nutrisi harian di luar makanan padat lainnya.

Bahan-bahan premium yang terkandung dalam susu UHT, seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral menjadikannya produk yang lengkap dan seimbang serta aman dikonsumsi sehari-hari oleh anak berusia di atas dua tahun.

"Bukan hanya kandungan nutrisinya saja, susu UHT menarik bagi anak-anak melalui ragam pilihan rasa yang disukai, " jelas Emilia.

Andra Alodita, lifestyle blogger Indonesia turut berbagi cerita tentang berbagai keuntungan saat mengonsumsi susu UHT bersama anaknya.

Sebagai Ibu muda merangkap freelancer saya memulai aktivitas sejak pagi hari. Namun, saya tetap memastikan seisi rumah untuk memperoleh nutrisi yang lengkap, terutama untuk anak," kata Alodita.

Menurutnya, untuk mendorong kebiasaan makan sehat, upaya yang di lakukan adalah membuat lebih banyak pilihan makanan bernutrisi yang menarik bagi anak, salah satunya adalah dengan menyediakan susu dengan berbagai variasi rasa yang disukai.

"Bukan hanya dapat meningkatkan konsumsi susu anak, tetapi juga menghindarinya dari produk minuman lain yang kurang bergizi, ujar Alodita.

Lazim hukumnya bila para orang tua, terutama Ibu, menginginkan agar anak dapat mengonsumsi susu yang tepat demi mendapatkan nutrisi terbaik setiap hari.

Hal ini sangat dimudahkan dengan kehadiran susu UHT yang mengandung semua kebaikan gizi susu serta menawarkan varian rasa beragam sehingga cenderung lebih disukai anak.

"Susu UHT juga turut mendukung gaya hidup modern yang dijalani oleh para Ibu dalam menyediakan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak dengan cara yang praktis. Dengan begitu, anak-anak dapat menikmati susu UHT kesukaan mereka baik di sekolah maupun saat beraktivitas di luar rumah, ujar Gabrielle Angriani, Communications Manager Tetra Pak Indonesia.

Melalui program edukasi ini, Tetra Pak Indonesia, mengimbau para konsumen untuk memerhatikan tanggal kedaluwarsa susu serta memastikan bahwa kualitas kemasan dalam keadaan baik.

Menyadari bahwa konsumen saat ini lebih memerhatikan keamanan konsumsi pangan, Tetra Pak Indonesia, melalui teknologi aseptik dengan enam lapisan pelindung dapat memastikan kebaikan dan nutrisi dalam susu UHT supaya terjaga.

Tetra Pak Indonesia juga berharap untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perkembangan teknologi UHT dan pengemasan aseptik susu cair yang memungkinkan konsumen memilih berbagai jenis rasa, dan manfaat susu sesuai kebutuhan serta variasi kemasan sesuai selera dan kebutuhan anak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…