Industri Alat Berat Nasional Kian Tunjukkan Kinerja Yang Positif

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 Desember 2017 - 14:52 WIB

Menperin berkunjung ke pabrik Komatsu
Menperin berkunjung ke pabrik Komatsu

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, percepatan pembangunan infrastruktur yang terus digenjot oleh pemerintah membuat kinerja industri alat berat mengalami perbaikan yang cukup signifikan pada tahun 2017.

Merujuk data dari Himpunan Alat Berat Indonesia (Hinabi), produksi alat berat hingga kuartal pertama tahun 2017 mencapai 1.152 unit atau naik 87% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Bahkan, Hinabi memproyeksikan hingga akhir tahun 2017, produksi alat berat akan mencapai 4.400 unit.

"Diperkirakan kebutuhan alat berat akan terus meningkat sejalan dengan peningkatan pembangunan infrastruktur dan pengolahan komoditas baik pertambangan, pekebunan maupun kehutanan," ujar Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Ia menambahkan, industri alat berat sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung kegiatan sektor perekonomian.

"Industri alat berat juga merupakan pendukung pada kegiatan industri pertambangan, pengolahan lahan hutan serta pembangunan infratsruktur lainnya," ungkapnya

Menurut Airlangga, Indonesia sangat membutuhkan pasokan alat berat, khususnya dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi hasil tambang, pengolahan hutan dan pengembangan infrastruktur.

"Halini merupakan bukti bahwa Indonesia merupakan lokasi investasi yang baik untuk sektor industri alat berat," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:32 WIB

Baznas Kirim Klinik Keliling untuk Pengungsi Myanmar

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan mengirim klinik keliling untuk pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh sebagai bagian dari upaya lanjutan membantu meringankan beban korban yang terusir…

Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:27 WIB

Jelang Sumut 1, PAN Sumut Matangkan Pemenangan Edy-Ijeck

Partai Amanat Nasional mematangkan persiapan untuk memenangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Sumatera Utara.

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:21 WIB

Perluas Pasar, Semen Baturaja Bangun Proyek Cement Mill d Jambi

Perseoran Terbatas Semen Baturaja berencana berinvestasi dengan membangun proyek "cement mill" dan "packing plant" di Kota Jambi, Provinsi Jambi, sebagai upaya memperluas sebaran pasar semen…

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:16 WIB

Fundamental Ekonomi Nasional Kuat, Kinerja IHSG Tahun Politik Positif

Bursa Efek Indonesia optimistis kinerja indeks harga saham gabungan pada 2018 yang merupakan tahun politik akan tetap membukukan hasil positif.

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto

Jumat, 19 Januari 2018 - 18:45 WIB

Kemenperin Targetkan Industri Pengolahan Ikan Tumbuh 10 Persen pada 2018

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto mengatakan, potensi perikanan di Indonesia masih berpotensi untuk ditingkatkan.