Industri Alat Berat Nasional Kian Tunjukkan Kinerja Yang Positif

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 Desember 2017 - 14:52 WIB

Menperin berkunjung ke pabrik Komatsu
Menperin berkunjung ke pabrik Komatsu

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, percepatan pembangunan infrastruktur yang terus digenjot oleh pemerintah membuat kinerja industri alat berat mengalami perbaikan yang cukup signifikan pada tahun 2017.

Merujuk data dari Himpunan Alat Berat Indonesia (Hinabi), produksi alat berat hingga kuartal pertama tahun 2017 mencapai 1.152 unit atau naik 87% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Bahkan, Hinabi memproyeksikan hingga akhir tahun 2017, produksi alat berat akan mencapai 4.400 unit.

"Diperkirakan kebutuhan alat berat akan terus meningkat sejalan dengan peningkatan pembangunan infrastruktur dan pengolahan komoditas baik pertambangan, pekebunan maupun kehutanan," ujar Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Ia menambahkan, industri alat berat sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung kegiatan sektor perekonomian.

"Industri alat berat juga merupakan pendukung pada kegiatan industri pertambangan, pengolahan lahan hutan serta pembangunan infratsruktur lainnya," ungkapnya

Menurut Airlangga, Indonesia sangat membutuhkan pasokan alat berat, khususnya dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi hasil tambang, pengolahan hutan dan pengembangan infrastruktur.

"Halini merupakan bukti bahwa Indonesia merupakan lokasi investasi yang baik untuk sektor industri alat berat," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

Jumat, 20 Juli 2018 - 12:00 WIB

Ajang ISTA 2018Kemenpar Optimis Raih Peringkat 30 di Tahun 2019

Berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) World Economic Forum (WEF), Indonesia berada di peringkat 42 pada tahun 2017, kini diproyeksikan naik peringkat ke-30 dunia pada 2019…

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto Ist)

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:45 WIB

Ini Janji BI Dampingi UMKM ke Pasar Global

Bank Indonesia menerapkan tiga langkah pendekatan untuk mendorong akses UMKM ke pasar global.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:33 WIB

DPR: Kelompok Cyber Narcoterrorism Gunakan Sosmed Pasarkan Narkoba

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan waswas terhadap kemunculan kelompok "cyber narcoterrorism" yang memanfaatkan dunia maya sebagai media untuk memasarkan narkoba.

Reza Priyambada, analis PT Binaartha Parama Sekuritas (Foto Abe)

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:28 WIB

Kebijakan Trump Bisa Untungkan Obligasi Dalam Negeri

Kembalinya sentimen negatif dapat memberikan imbas negatif juga pada pergerakan pasar obligasi dalam negeri dimana pelaku pasar diperkirakan akan kembali melakukan aksi jualnya.

Bank Indonesia

Jumat, 20 Juli 2018 - 11:25 WIB

Rupiah Berpeluang Melemah Meski Suku Bunga BI Bertahap

Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.475-14.462. Adanya rilis Bank Indonesia yang mempertahankan level suku bunganya meski positif untuk kondisi makroekonomi.