Rehabilitasi Aliran Sungai di Kalsel, Tunas Inti Abadi Raih Penghargaan Lingkungan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 13 Desember 2017 - 13:19 WIB

Rehabilitasi Aliran Sungai di Kalsel, Tunas Inti Abadi Raih Penghargaan Lingkungan
Rehabilitasi Aliran Sungai di Kalsel, Tunas Inti Abadi Raih Penghargaan Lingkungan

INDUSTRY co.id -Yogyakarta – Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Kehutanan Siti Nurbaya memberikan penghargaan kepada para penggiat lingkungan bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia 2017 di Ponjong, Gunung Kidul pada Sabtu, (9/12/2017). Salah satu penerima penghargaan karena aksinya di bidang lingkungan adalah Reswara Group melalui anak usahanya PT Tunas Inti Abadi.

PT Tunas Inti Abadi mendapat penghargaan dalam upaya merehabilitasi daerah aliran sungai di Kalsel, khususnya di Tanah Bumbu. TIA dianggap berhasil merehabilitasi kondisi DAS yang telah kritis dengan melakukan penanaman mangrove atau bakau.

Presiden jokowi mengatakan, aksi penanaman tidak sekadar menanam semata. Perawatan tanaman harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dan dapat memerbaiki kondisi lingkungan. Selain itu, dapat juga mendukung ekonomi masyarakat setempat.

“Kami berterima kasih kepada para penggiat lingkungan baik para pemimpin daerah, perusahaan, kelompok masyarakat dan juga perseorangan atas kepeduliannya. Namun yang terpenting adalah menjaga dan merawat pohon yang telah ditanam. Ini yang penting. Jangan sekadar nanam, seremoni dan pergi,” kata Presiden Jokowi di Ponjong.

Direktur Utama TIA Dadik Kiswanto mengungkapkan terimakasihnya kepada Pemerintah yang telah mengapresiasi apa yang telah dilakukan tim TIA. Ini menjadi penyemangat tersendiri bagi perusahaan.

“Kami telah melakukan rehabilitasi DAS semenjak kami beroperasi. Secara bertahap, kami melakukan penanaman mangrove di Tanah Bumbu. Selain itu kami juga melakukan penanaman dan perawatan tanaman di Tahura Sultan Adam Tiwingan, Banjar Baru, Kalsel,” jelas Dadik.

Dadik berharap, ke depan semua perusahaan tambang peduli akan lingkungan. Tidak boleh ada lagi stigma bahwa tambang hanya bisa merusak lingkungan. Tambang juga dapat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat jika dikelola dengan baik dan benar.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi menyempatkan melakukan penanaman pohon jati di bukit kapur kapur Ponjong, Gunung Kidul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka pameran Ulos Hangoluan (Foto: Dok. Kemenpar)

Rabu, 19 September 2018 - 18:45 WIB

Buka Pameran Ulos Hangoluan dan Tondi, Menpar Dibuat Kagum

Kain khas Suku Batak, Ulos, ternyata memiliki nilai yang sangat tinggi. Ulos pun punya peranan penting dalam kehidupan warga Suku Batak. Makna inilah yang coba disampaikan dalam pameran Ulos,…

Ilustrasi Perumahan

Rabu, 19 September 2018 - 18:00 WIB

Berkenalan DONA, Inovasi Terkini dari Home Credit Indonesia

Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global terus melakukan inovasi untuk menyediakan layanan pembiayaan yang mudah, cepat dan bertanggung jawab di tanah air. Salah…

Presiden Joko Widodo

Rabu, 19 September 2018 - 17:35 WIB

Presiden Jokowi Teken Perpres Pengunaan Cukai Rokok Tutup Defisit BPJS Kesehatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) mengenai penggunaan cukai rokok untuk menutup defisit dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)…