Integrasikan Sistem Transportasi, Adhi Karya Gandeng PPD Sediakan Shuttle Bus di Kawasan LRT City

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 13 Desember 2017 - 11:40 WIB

Ilustrasi Transportasi di Jakarta (Ist)
Ilustrasi Transportasi di Jakarta (Ist)

INDUSTRY.co.id, Bekasi - PT AdhiKarya (Persero) Tbk atau ADHI, melalui Departemen Transit Oriented Development (TOD) & Hotel, menawarkan salah satu solusi atas problem perkotaan di Jakarta dan sekitarnya dengan menghadirkan LRT City. LRT City merupakan sebuah kawasan hunian dan komersial yang terintegrasi dan terkoneksi langsung dengan sistem transportasi massal light rail transit (LRT) Jabodebek.

Dalam mengintegrasikan sistem ini, memanfaatkan sinergi BUMN, dimana PT AdhiKarya (Persero) Tbk, menggandeng  Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD).

Untuk tahapan awal kerjasama tersebut, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan melakukan uji coba mulai yang dilakukan pada 12 Desember 2017 bertempat di halaman kawasan LRT City Bekasi Timur – Eastern Green. Acara ini diresmikan oleh kepala BPTJ Bambang Prihartono dengan dihadiri oleh Direktur Utama Perum PPD Pande  PutuYasa, General Manager Transjabodetabek Waryantini, Direktur Utama Operasional II PT AdhiKarya (Persero) Tbk. Budi Saddewa Soedirodan General Manager Departemen TOD & Hotel, PT AdhiKarya (Persero) Tbk. AmroziHamidi.

Sebelumnya, pada Maret 2017 telah dilakukan penandatanganan  kerjasama antara AdhiKarya dengan Perum PPD. Kerjasama kedua BUMN ini merupakan langkah nyata dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang meliputi dua hal yaitu kerjasama pengembangan lahan milik Perum PPD dan pengadaan shuttle bus yang akan menghubungkan setiap kawasan yang dikembangkan ADHI dengan fasilitas umum lainnya.

Budi Saddewa Soediro, Direktur Operasional II AdhiKarya mengatakan, dalam upaya memberikan kemudahan bagi penghuni kawasan LRT City, ADHI akan mengintegrasikan sistem transportasi kawasan LRT City dengan beberapa fasilitas publiklainnya. Oleh  karena itu, pihaknya menjalinkerjasamadenganPerum PPD untuk pengadaan shuttle bus sehingga masyarakat yang tinggal di kawasan LRT City memiliki pilihan moda transportasi untuk menghubungkan kawasan LRT City denganarea-area bisnis lainnya.

“Diharapkan dengan perpaduan moda antara LRT dengan bus dalam kawasan iniakan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna transportasi massal. Dalam beberapa tahun mendatang, kawasan LRT City akan menjadi alternatif bagi masyarakat urban yang mencari hunian dengan kemudahan akses transportasi,”ujarnya.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono, mengharapkan, transportasi model ini diharap dapat memindahkan dari penggunaan kendaraan pribadi beralih keangkutan umum dan target model share 60% angkutan umum pada tahun 2029 dapat tercapai. “Untuk masa sosialisasi, Perum PPD bekerjasama dengan BPTJ, Jasa Marga, Pemerintah dan Dishub Kota Bekasi,”ujarnya.

Sementara itu, Pande Putu Yasa selaku Direktur Utama Perum PPD menegaskan, tujuan pengoperasian layanan ini merupakan salah satu bentuk peran serta Perum PPD dalam mendukung program pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jakarta khususnya, dan berharap pengoperasian layanan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum selain juga sebagai alternatif ataupun solusi sehingga masyarakat dapat menjadikan budaya naik angkutan umum sebagai  gaya hidup.

LRT City mengusung konsep Transit Oriented Development dengan pendekatan pengembangan kota yang bersifat kompak, mengadopsi tata campuran (mixed-use), dan dilengkapi jaringan prasarana pejalan kaki dan sepeda.Selain LRT, LRT City juga menawarkan alternatif transportasi umum lain yang dapat menjadi solusi pengurangan kendaraan pribadi yang masuk ke Jakarta.

Bus Transjabodetabek Premium ini melayani tujuan/rute dari LRT City BekasiTimur – Eastern Green menuju Grand Paragon Jl. Gajah Mada, Jakarta Pusat.

Untuk trayek ini Perum PPD menyiapkan Armada dengan fasilitas premium seperti kursi menghadap kedepan, full AC, free WiFi, seat belt, kursis anda rdan colokan listrik. Selain itu, LRT City Bekasi Timur – Eastern Green melengkapi fasilitas premium tersebut dengan adanya Park and ride dengan tarif parki runtuk para penumpang Rp 10.000/hari apabila menunjukkan tiket Transjabodetabek Premium.

Untuk jadwal dari rute ini di mulai dari LRT City BekasiTimur – Eastern Green pukul 05.30 WIB, 05.45 WIB, 06.00 WIB dan Jadwal dari Grand Paragon dimulai pukul 15.30 WIB, 16.00 WIB, 16.30 WIB. Bus Transjabodetabek Premium ini akan langsung masuk tol dan keluar di depan Polda Metro Jaya dan demikian juga sebaliknya. Tarif dari Bus Transjabodetabek Premium ini sebesar Rp. 25.000 per penumpang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…