Kemenperin Jembatani Sinergitas Antara IKM dan Industri Besar Komponen Otomotif

Oleh : Ridwan | Senin, 11 Desember 2017 - 15:39 WIB

Menperin bersama pelaku usaha komponen otomotif
Menperin bersama pelaku usaha komponen otomotif

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebanyak 70 IKM komponen otomotif yang berasal dari sentra-sentra industri kecil dan menengah (IKM) pulau Jawa ikut serta dalam kegiatan Link and Match IKM komponen otomotif dengan para supplier APM di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Pada kegiatan ini, Kemenperin melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) menjadi jembatan antara IKM dan industri besar agar dapat terhubung dan bersinergi sehingga terjalin kerjasama yang menguntungkan antar kedua belag pihak.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, strategi kemitraan merupakan salah satu upaya yang paling efektif untuk membangun IKM yang mandiri.

"Dalam kemitraan ini dapat memperoleh kepastian pasar, kepastian pasokan bahan baku serta mengharuskan IKM melakukan perbaikan kualitas dan kuantitas, sistem manajemen, peningkatan SDM, akses informasi, teknologi, perizinan dan hal lainnya sesuai dengan permintaan mereka," ujar Airlangga.

Saat ini terdapat 416 sentra IKM komponen otomotif yang tersebar di Kabupaten Tegal, Klaten, Perbalingga, Sidoarjo, Juwana, Pasuruan, Sukabumi, dan Bandung. Sementara itu, terdapat 123 IKM yang tergabung dalam Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO).

"Kemitraan ini juga bertujuan agar usaha kecil dan menengah yang ada di daerah tersebut semakin meningkat," terangnya.

Menperin berharao dengan adanya kemitraan ini, akan semakin meningkatkan kemampuan IKM dalam negeri. Menurutnya, IKM dalam negeri sudah menguasai teknologi. Saat ini IKM sudah tidak bicara lagi tentang penguasaan teknologi, tetapi sudah mengarah ke pengembangan teknologi nya itu sendiri.

"Pengembangan teknologi inovasi sangat diperlukan agar bisa lebih baik di pasar regional maupun global.

Seperti diketahui, perkembangan industri otomotif di Indonesia saat ini terus berada di angka positif. Hal ini terlihat dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil sepanjang Januari-Agustus 2016 mencapai 715.291 unit.

Selain itu, merujuk data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjuakan sepeda motor nasiinak pada September 2017 mencapai 546.607 unit.

"Angka ini menunjukkan cerminan pasar suku cadang, aksesoris, dan perlengkapan mobil dan motor. Oleh karena itu, kebutuhan sektor otomotif yang besar menjadi pekuang IKM untuk dapat menciptakan produk dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar komponen otomotif nasional," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…