Lindungi Pekerja Migran, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng KBRI Singapura

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 11 Desember 2017 - 14:07 WIB

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, Menara Jamsostek, Kamis 23/3 (Fadli: Industry.co.id)
Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, Menara Jamsostek, Kamis 23/3 (Fadli: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - BPJS Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketegakerjaan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura memberikan jaminan sosial berupa asuransi untuk seluruh pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja (TKI) di Singapura.

Kerja sama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangi Duta Besar RI untuk Singapura, I Ngurah Swajaya dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto (9/12).

Turut menyaksikan penandatanganan MoU itu adalah Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Hery Sudarmanto, dan Direktur Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri, Ditjen Pembinaan Penempatan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kemnaker, Soes Hindarno.

I Ngurah Swajaya mengatakan, jumlah PMI atau TKI di Singapura sebanyak 130.000 orang dimana sebanyak 100.000 orang PMI yang bekerja di darat (biasa) dan 30.000 orang PMI bekerja sebagai pelaut. “Saya berharap perlindungan sosial yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan ini juga mencakup pelaut ini,” kata Ngurah.

Sedangkan Hery Sudarmanto menegaskan, hal penting yang diatur dalam UU 18 / 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia adalah meningkatkan perlindungan untuk TKI di luar negeri. Peningkatan perlindungan yang dimaksud, kata Hery, adalah, pertama, penguatan semua Atase Ketenagakerjaan di seluruh KBRI di semua negara penempatan TKI. “Semua atase ketenagakerjaan harus memberikan pelayanan yang maksimal untuk TKI, serta memberikan data yang benar dan lengkap kepada pemerintah pusat di Jakarta,” kata dia.

Kedua, penguatan pemerintah daerah seperti pelayanan satu atap untuk TKI dan penyelenggaraan desa migran produktif (Desmigratif). Ketiga, mengganti penyelenggaraan asuransi TKI di luar negeri dari konsorsium asuransi swasta ke BPJS Ketenagakerjaan. “Pemerintah yakin asuransi TKI ditangani BPJS Ketenagakerjaan maka klaim asuransi TKI dipermudah, dan tidak ada lagi TKI yang ditipu,” kata dia.

Sebagaimana diberitakan, sejak 1 Agustus 2017, sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 07 tahun 2017, BPJS Ketenagakerjaan mengemban tugas baru sebagai penyelenggara program perlindungan sosial (asuransi) bagi PMI yang telah diluncurkan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Peluncuran ini menandai semakin meluasnya cakupan pekerja yang mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, di luar pekerja penerima upah (PU) atau pekerja formal dan pekerja bukan penerima upah (BPU) atau pekerja informal yang sebelumnya sudah wajib dilindungi.

Agus mengatakan, kerja sama dengan KBRI Singapura ini bertujuan untuk mensinergikan kewenangan para pihak dalam rangka mengoptimalkan perlindungan dan pelayanan program jaminan sosial Ketenagakerjaan. Sinergi yang dijalin juga dalam hal integrasi database PMI yang ada di KBRI dengan data milik BPJS Ketenagakerjaan dan pemanfaatan sistem Smart Embassy milik KBRI Singapura.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin