Indonesia Bawa pulang Tiga Proyek di LafargeHolcim Award 2017

Oleh : Ridwan | Sabtu, 09 Desember 2017 - 08:26 WIB

Penghargaan LafargeHolcim Award 2017
Penghargaan LafargeHolcim Award 2017

INDUSTRY.co.id - Jakarta, LafargeHolcim Awards 2017 untuk Asia Pasifik telah digelar dengan tiga proyek dari Indonesia membawa pulang masing-masing Silver Award dalam kategori utama, Acknowledgement Award, dan Next Generation.

Ketiga pemenang fokus pada peningkatan kualitas edukasi melalui keterlibatan masyarakat dan meningkatkan kondisi lingkungan secara berkelanjutan.

Tiga pemenang dalam LafargeHolcim Awards 2017, untuk kategori Silver Award yakni proyek SHAU dari Bandung yang membuat perpustakaan mikro di Indonesia. Kategori Acknowledgement Award diraih oleh Pppooolll Architects dari Jakarta. Sedangkan untuk kategori Next Generation Awards dimenangkan oleh Andi Subagio.

Seperti diketahui, LafargeHolcim Awards mengapresiasi konstruksi lebih dari hanya sekadar bangunan yang indah. LafargeHolcim Awards merupakan kompetisi paling bergengsi di dunia untuk desain berkelanjutan.

Kriteria kompetisi berhadiah total USD 2 juta ini sama menantangnya dengan tujuan berkelanjutan itu sendiri. Kompetisi ini mencari proyek di tingkat desain lanjutan, bukan karya akhir.

Kompetisi ini memberikan pengakuan terhadap desain yang melampaui standar saat ini, menonjolkan respons berkelanjutan atas berbagai isu teknologi, lingkungan, sosial ekonomi, dan budaya yang memengaruhi konstruksi kontemporer, dan menawarkan.

Gunawan Tjahjono yang merupakan salah satu juri di LafargeHolcim Awards mengatakan, kompetisi ini memberikan pengakuan terhadap desain yang melampaui standar saat ini, menonjolkan respons berkelanjutan atas berbagi isu teknologi, lingkungan, sosial ekonomi, dan budaya yang memengaruhi konstruksi kontemporer.

"Kompetisi ini mencari proyek di tingkat desain lanjutan, bukan karya akhir," ungkap Gunawan di Jakarta (8/12/2017).

Meskipun ada tiga karya pemenang dari Indonesia, Gunawan berharap mereka bisa berlomba di acara lain. Tapi, ada hal yang paling terpenting, bagaimana membuat banyak kalangan arsitektur lainnya untuk berlomba seperti ini.

"Bagi yang sudah menang, maka bisa ikut award lain lagi. Hasilnya untuk masyarakat luas. Saya berharap tahun depan bisa disebarkan ke seluruh perguruan tinggi dan media sosia, pasti lebih banyak yang ikut serta," ujar Gunawan.

Suistanable Development Manager PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), Oepoyo Prakoso menambahkan, LafargeHolcim Awards telah dibuatkan kelima kalinya. Setiap tahunnya, banyak kalangan arsitektur yang mendaftar untuk ikut dalam perlombaan tersebut.

"Antusias di Indonesia sangat besar, dari 5.000 entry di seluruh dunia ada 400 submit dari Indonesia. Mereka datang dari Jakarta, Bandung, Aceh, Yogyakarta dan yang lainnya, dan Alhamdulillah Indonesia meraih 3 proyek," tutur Oepoyo.

Oepoyo berharap semoga ke depannya jumlah yang mendaftar dalam program LafargeHolcim Awards lebih bisa meningkat lagi. "LafargeHolcim kali ini memakan proses yang cukup lama, dari mulai opening tahun 2016, entry closing pada Maret 2017 dan pengumuman hadiah di November 2017," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 00:55 WIB

OJK Monitor Penyelesaian Kewajiban Jiwasraya

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik upaya yang telah dilakukan oleh Direksi dan pemegang saham PT. Jiwasraya (Persero) berkaitan…

BRI Syariah

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:37 WIB

Produk Halal BRIsyariah Sukses Gaet Milenial Jogja

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Jogja Halal Fest 2018 yang digelar di Yogyakarta pada tanggal 11 sd 14 Oktober lalu, menjadi bukti besarnya animo masyarakat terhadap produk…

Japan Airlines (JAL) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:00 WIB

Japan Airlines Beroperasi di Terminal 3 Bandara Soetta

Japan Airlines (JAL) beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 26 Oktober 2018 mendatang.

Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia (Foto Humas BUMN)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Indonesia Pavilion Pukau Ribuan Peserta Annual Meeting IMF-WB 2018

Kehadiran Indonesia Pavilion sebagai wajah pembangunan dan budaya Indonesia yang digagas oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak 8 Oktober - 14 Oktober 2018, mendapat banyak perhatian…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:15 WIB

Pemerintah Usulkan Asumsi Rupiah 2019 Rp15.000

Pemerintah mengusulkan perubahan asumsi nilai tukar rupiah dalam RAPBN 2019 menjadi Rp15.000 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.500 per dolar AS.