Perhatian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Soal Perang Siber Direspon Positif

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 Desember 2017 - 07:57 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono bersama Kapolri Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono bersama Kapolri Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kementerian Pertahanan Marsma TNI Yusuf Jauhari merespons positif perhatian khusus Panglima TNI yang baru dilantik, Marsekal Hadi Tjahjanto terhadap perang siber atau "Cyber Warfare".

Yusuf, di Jakarta, Jumat (8/12/2017) , menilai perang siber memang harus menjadi perhatian lantaran bisa berujung pada terganggunya stabilitas negara kesatuan republik Indonesia.

"Seperti adanya ransomeware yang memang ujung stabilitas negara. Misalnya dia menghantam perbankan kepercayaan publik menjadi hilang. Misalnya BI (Bank Indonesia) mengadu saya kena dan hilang sekian. Kan jadi masalah," ujarnya.

Belum lagi dampak-dampak yang terasa langsung seperti serangan ransomeware kepada objek vital negara. Yusuf mengungkapkan tinjauan ke arah tersebut mulai terasa penting.

"Belum lagi dalam situasi asimetris. Siber bisa menjadi operasi yang efektif, murah namun massif untuk menjalankan hal tersebut," jelas dia keppada awak media.

Yusuf juga mengaku optimistis pernyataan Panglima Marsekal Hadi juga akan dapat membuat sinergi lembaga pertahanan lain untuk lebih waspada terhadap perang siber.

"Itu akan jadi perhatian, karena TNI menyampaikan hal itu langsung jadi semua akan bekerja secara automatic. Dia juga akan jadi "leading sektor" di sisi operasional pertahanan karena semua akan mereferensi itu dan itu akan jadi pertahanan formal," tandas Yusuf.

Sebelumnya, Marsekal Hadi dalam pemaparannya di uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR RI Rabu (6/12) sempat menyinggung soal perang siber yang menjadi ancaman serius bangsa.

Menurut Hadi dimensi siber yang dihuni hampir dua pertiga aspek kehidupan manusia modern, sehingga perlu adanya pengamanan.

"Hal tersebut menunjukan bahwa keamanan dimensi siber harus menjadi pertimbangan utama dalam penyelenggaraan fungsi-fungsi pertahanan dan kemanan nasional," ujar Hadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Rabu, 24 April 2024 - 09:11 WIB

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Dengan rasa duka cita yang mendalam, kami menyampaikan bahwa salah satu perempuan terbaik Indonesia, Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, telah meninggalkan kita dalam kedamaian pada hari Rabu, jam…

Peran perempuan di sektor parekraf

Rabu, 24 April 2024 - 09:10 WIB

UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism Jadi Momen Perkuat Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pelaksanaan 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific di Bali…

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…