Salut Hormat Untuk Jenderal Gatot Nurmantyo

Oleh : Jaya Suprana | Jumat, 08 Desember 2017 - 18:21 WIB

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Foto Ist)
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Rabu 6 Desember 2017,  Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengantar calon Panglima TNI yang baru Marsekal Hadi Tjahjanto ke DPR untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. Hal ini merupakan ungkapan bahwa dirinya siap menyerahkan tampuk pimpinan TNI. "Pantasnya saya mengantar ke sini sebagai pertanda bahwa begitu sudah disetujui kemudian dilantik, maka  dengan tulus ikhlas, tongkat komando saya berikan kepada Pak Hadi," kata Gatot di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Kenegarawan 

Untuk ke sekian kali, Panglima TNI Gatot Nurmantyo menampilkan sikap kenegarawan yang sangat layak untuk dihormati serta diteladani. Jenderal Gatot Nurmantyo mewujudkan semangat legowo bukan sekedar sebagai slogan namun benar-benar sebagai kenyataan sikap dan perilaku. Kelegowoan Gatot Nurmantyo mengantar Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI yang  akan menggantikan Gatot Nurmantyo untuk mengikuti fit and proper test di DPR mengingatkan saya kepada kenegarawan Prabowo Subianto pada saat menghadiri upacara pelantikan Joko Widodo menjadi presiden VII RI setelah mengalahkan Prabowo pada Pilpres. Sekaligus juga mengingatkan saya kepada kenegarawan Jokowi yang secara khusus menyapa Prabowo di hadapan para hadirin pada upacara pelantikan presiden Jokowi di DPR.

Keperwiraan 

Sebagai rakyat, saya menghormati Jenderal TNI, Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI yang telah tulus mengabdikan dirinya kepada negara, bangsa dan rakyat Indonesia dalam mengawal kepresidenan Jokowi di berbagai bidang antara lain mengamankan pilkada 2017 yang penuh dramatika, membantu membuka lahan pertanian di kawasan problematis, membangun infra struktur di Papua, mengurangi derita para korban bencana alam di berbagai pelosok Nusantara, menanggulangi terorisme dan lain sebagainya. Adalah Panglima TNI yang diam-diam menguatirkan keselamatan saya maka memerintahkan Pangdam Jaya untuk menugaskan Danrem Wijayakrama mendampingi ketika saya menjenguk para korban penggusuran Pasar Ikan yang mengungsi di masjid Luar Batang, April 2016.

Kebudayaan 

Sebagai pemerhati kebudayaan, saya menghormati kepedulian Jenderal TNI, Gatot Nurmantyo yang terungkap pada berbagai kegiatan kebudayaan antara lain menyelenggarakan wayang orang SATHA KURAWA sebagai pergelaran wayang orang pertama di dunia menampilkan 100 Kurawa benar-benar dalam jumlah 100 orang (semuanya anggota TNI !) tampil serentak di atas suatu panggung pergelaran.

Jenderal Gatot Nurmantyo juga paripurna mendukung pergelaran Wayang NKRI sebagai pergelaran perdana dunia yang mempersatukan wayang orang, wayang kulit, wayang golek, wayang beber serta berbagai jenis wayang di sebuah panggung pergelaran wayang di pelataran kota tua Jakarta. Jenderal TNI, Gatot Nurmantyo pula yang secara jiwaraga lahir-batin konsekuen dan konsisten mendukung sehingga memungkinkan pengejawantahan pergelaran drama kolosal berkisah perjuangan penuh pengorbanan Jenderal Besar Soedirman (diperankan oleh cucu Jenderal Besar Soedirman!) demi secara spektakular mendirgahayu 72 tahun TNI di pelataran dermaga Cilegon pada tanggal 5 Oktober 2017 disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi.

JAYA SUPRANA: Penulis adalah rakyat yang menghormati karsa dan karya bakti Jenderal TNI Gatot Nurmantyo_

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…