57 Aparat Sipil Negara Provinsi Riau Jadi Terdakwa Korupsi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 08 Desember 2017 - 23:00 WIB

Tersangka Korupsi (Foto Dok Industry.co.id)
Tersangka Korupsi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru - Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau mengungkap bahwa saat ini ada 103 orang yang sudah menjadi terdakwa kasus korupsi selama periode Januari-November 2017 ini dan 57 diantaranya adalah Aparatur Negeri Sipil.

"57 ASN ini seluruh Riau ada yang dari pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Mulai dari jabatan Eselon II setingkat kepala dinas dan staf ahli provinsi dan kabupaten sampai kepala bidang dan bagian," kata Asisten Pidsus Kejati Riau, Sugeng Riyanta di Pekanbaru, Jumat (8/12/2017)

Dia menegaskan bahwa terdakwa tersebut berarti yang sudah 57 ini yang dilimpahkan ke pengadilan. Oleh karena yang masih penyidikan seperti 13 ASN tersangka korupsi Ruang Terbuka Hijau Tunjuk Ajar Pekanbaru belum masuk daftar.

Meski begitu, lanjutnya, jelas persentasenya ASN yang terbesar keterlibatannya dalam kasus korupsi yakni 60 persen. Terbesar kedua yakni dari kalangan wiraswasta yaitu sebanyak 23 orang, pejabat desa tujuh, honorer dan pensiunan ASN masing-masing enam.

"Lalu tiga dari Badan Usaha Milik Negara, satu anggota DPRD, dan satu juga dari Kepolisian Republik Indonesia," ungkapnya.

Kejati Riau sendiri dalam periode Januari-November 2017 ini menyatakan sudah memproses 94 perkara korupsi yang sudah pada tahap penuntutan. Perkara berasal dari penyidikan kejaksaan sendiri maupun dari kepolisian.

"Upaya penindakan pidsus terhadap perkara korupsi dari Januari hingga November jajaran Kejati dan kejaksaan negeri jumlah penyelidikan 34 perkara , yang ditindaklanjuti jadi penyidikan 73 berkas, dan yang sudah dilimpahkan ke tahap penuntutan dari kejaksaan dan kepolisian ada 94 perkara," ujar Sugeng seperti dilansir Antara.

Dia merinci bahwa jumlah penyidikan dari kejaksaan yakni 53 perkara dan dari kepolisian 41 perkara. Terhadap semuanya ini yang sudah divonis atau dilakukan eksekusi atau divonis ada 83 perkara atau 83 terpidana.

Untuk Kejati Riau sendiri, lanjutnya jumlah perkara yang ditangani 43 perkara dan yang sudah naik penuntutan 29 perkara. Untuk yang dari Kejari kabupaten/kota rata-rata hanya berkisar dibawah lima perkara, bahkan ada yang belum naik ke penuntutan yang dari penyidikannya sendiri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…