Dirut PLN Kunjungi PLTU Tiongkok Pelajari Efisiensi Pembangkit Listrik

Oleh : Herry Barus | Jumat, 08 Desember 2017 - 11:19 WIB

Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)
Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dirut PT PLN (Persero) Sofyan Basir mengunjungi PLTU Ninghai di Kota Ningbo, Tiongkok, Rabu (6/12/2017 ), untuk mempelajari tingkat efisiensi dan emisi pembangkit tersebut.

Menurut Sofyan dalam rilisnya di Jakarta, kemarin  setidaknya ada empat hal yang bisa dipelajari dari kunjungannya ke pembangkit Ninghai berkapasitas total 4.4000 MW yang dibangun China Shenhua Energy Company itu.

Pertama, tingginya kinerja salah satu pembangkit paling efisien di dunia itu. Pembangkit listrik, yang 35 persen batubaranya dari Indonesia tersebut, mempunyai tingkat efisiensi mencapai 280 gram/kWh.

Kedua, tingkat keandalan pembangkit berteknologi "ultra super critical" itu rata-rata mampu beroperasi hingga 95 persen setahun bila sedang tidak dilakukan perawatan dan 80 persen bila sedang ada perawatan.

Ketiga, memenuhi standar emisi Pemerintah Tiongkok yang sangat ketat dalam hal lingkungan. "Dan keempat, kebersihan pembangkit yang terjaga baik," ujarnya.

Selain itu, Sofyan menambahkan kunjungannya juga ingin memastikan investor Shenhua dapat membangun PLTU IPP Jawa 7 dengan kualitas yang sama, yakni berkinerja tinggi dengan rendah emisi.

PLTU IPP Jawa 7 dikembangkan Konsorsium Shenhua Guohua dan PT Pembangkit Jawa Bali Investasi dengan komposisi saham 70:30.

Pembangkit berkapasitas 2x1.000 MW yang sudah memulai konstruksi pada September 2017 itu ditargetkan rampung pada April 2020.

PLN membeli listrik Jawa 7 dengan harga 4,2 sen dolar AS per kWh.

"Kami harus akui pada masa lalu kontraktor pembangunan pembangkit yang digarap investor Tiongkok kualitasnya di bawah dan jauh dari harapan, sehingga membebani PLN dan berpengaruh pada ketersediaan daya listrik nasional," kata Sofyan.

Namun, lanjutnya, saat ini PLN lebih berhati-hati memilih investor Tiongkok yang salah satunya hanya bekerja sama dengan perusahaan milik pemerintah berpengalaman seperti Shenhua Energy.

Shenhua sebelumnya juga menanamkan investasinya di PLTU Sumsel-1, Muara Enim, Sumatera Selatan berkapasitas 2x350 MW.

Pada pembangkit itu, PT Shenhua Guohua Lion Power Indonesia bergabung dengan Indonesia LPE dengan pembagian saham 75:25.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…