Apresiasi Perkembangan Industri Kuliner, AQUA Reflections Gelar 'Jakarta’s Best Eats'

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 Desember 2017 - 08:14 WIB

AQUA Reflections Gelar 'Jakarta’s Best Eats'
AQUA Reflections Gelar 'Jakarta’s Best Eats'

INDUSTRY co.id -Jakarta - Untuk pertama kalinya AQUA Reflections mengangkat pilar kuliner dan berkolaborasi dengan salah satu majalah kuliner yaitu FoodieS dengan mengadakan Jakarta’s Best Eats dalam rangka memberikan apresiasi terhadap perkembangan dan peningkatan standar kualitas industri kuliner di Jakarta yang selalu berkembang.

Pertumbuhan industri kuliner khususnya restoran di Indonesia sangatlah pesat terutama di Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari pengeluaran konsumen pada makanan dan minuman non-alkohol yang tercatat terus bertambah dari tahun ke tahun. 

Pengeluaran konsumen Indonesia untuk makanan dan minuman non-alkohol di tahun 2016 tercatat sebesar USD 176,7 miliar dengan estimasi pertumbuhan tahunan dari 2016-2020 diprediksi sebesar 9,4%. 

Pertumbuhan ini juga didorong oleh kecenderungan gaya hidup warga Jakarta yang menjadikan restoran bukan hanya tempat makan tetapi juga sebagai tempat berkumpul keluarga, teman dan juga kolega dengan mementingkan suasana dan kualitas restoran. Hal ini tentunya menuntut para pemain industri kuliner khususnya para Chef dan restaurateur untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas penawaran mereka.

“Untuk mengapresiasi perkembangan pesat ini, sebagai sesama pionir dikategori masing-masing yang memiliki kesamaan visi dalam mendukung perkembangan industri kuliner di Indonesia, AQUA Reflections bersama Majalah FoodieS dengan bangga menggelar Jakarta’s Best Eats. Acara ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para pemain terbaik di industri kuliner khususnya para Chef dan restaurateur di Jakarta,“ ujar Disa Lestari, Senior Brand Manager AQUA di Jakarta, Rabu (6/12/2017) kemarin.

Pada acara ini, AQUA Reflections juga bekerjasama dengan beberapa figur ternama dan ahli di bidang kuliner Indonesia yang berperan sebagai juri Jakarta’s Best Eats, yaitu Jed Doble – FoodieS Publisher, Linda Tan - Gourmand, Hans Danial – Food Blogger, Petty Elliott - Chef, Ade Putri – Food Storyteller, Arimbi Nimpuno – Celebrity Chef, Rinrin Marinka – Celebrity Chef dan Ruli Tobing – Danone AQUA

Untuk memastikan tingkat kompetisi berdasarkan segmentasi pasar restoran di Jakarta, penghargaan ini dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu pertama, Fine Dining yang akan lebih menekankan kesempurnaan pada rasa, tampilan, kreativitas, pelayanan dan pengaturan meja. Kedua Upmarket Venue yang fokus pada restoran untuk segmen menengah ke atas namun memiliki level pelayanan dan desain interior yang berbeda dari fine-dining, serta dan yang ketiga Casual Dining yang merupakan restoran yang berada di mall, tempat sendiri,  maupun di tempat yang lebih kecil dengan penyajian yang lebih cepat dan suasana yang lebih hidup.

Proses penjurian Jakarta’s Best Eats sendiri akan dimulai pada bulan Januari 2018 dan akan diumumkan pada bulan Maret 2018. Hingga saat ini terdapat sekitar 200 restoran dari tiga kategori di atas yang ikut berpartisipasi, namun pendaftaran masih dibuka bagi para pengelola restoran yang ingin berpartisipasi dengan menominasikan restorannya hingga 31 Desember 2017.

Nantinya semua restoran yang mendaftar akan bersaing sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan, dimana para juri akan membuat daftar nominator dari kategori tersebut. Kurang lebih terdapat 10 penghargaan yang akan diberikan kepada para restaurateur dan Chef terbaik pada acara puncak ditahun 2018, dengan penghargaan utama Restaurant of The Year dan Chef of The Year.

 “Merupakan suatu kehormatan bagi saya sebagai FoodieS Publisher dapat berkolaborasi dengan AQUA Reflections dalam Jakarta’s Best Eats. Kami percaya bahwa industri kuliner merupakan industri penting dan terus berkembang pesat, sehingga kami sangat mendukung para pemain di industri kuliner khususnya para Chef dan restaurateur. Selain itu kami juga berharap hal ini dapat menjadi panduan bagi para foodist dalam memilih restoran terbaik di Jakarta,” jelas Jed Doble.

Jakarta’s Best Eats diharapkan dapat menjadi sebuah bukti nyata kepedulian AQUA Reflections sebagai premium brand untuk ikut meningkatkan standar kualitas industri kuliner di Indonesia yang sedang berkembang.

“Ini merupakan langkah awal AQUA Reflections mewujudkan komitmen dan jati diri dalam industri kuliner, untuk mewujudkan kampanye Reflections of You. dan tidak menutup kemungkinan bahwa di masa mendatang acara penghargaan ini juga dapat dilakukan di kota-kota lain di Indonesia,” tutup Disa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).