Apresiasi Perkembangan Industri Kuliner, AQUA Reflections Gelar 'Jakarta’s Best Eats'

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 Desember 2017 - 08:14 WIB

AQUA Reflections Gelar 'Jakarta’s Best Eats'
AQUA Reflections Gelar 'Jakarta’s Best Eats'

INDUSTRY co.id -Jakarta - Untuk pertama kalinya AQUA Reflections mengangkat pilar kuliner dan berkolaborasi dengan salah satu majalah kuliner yaitu FoodieS dengan mengadakan Jakarta’s Best Eats dalam rangka memberikan apresiasi terhadap perkembangan dan peningkatan standar kualitas industri kuliner di Jakarta yang selalu berkembang.

Pertumbuhan industri kuliner khususnya restoran di Indonesia sangatlah pesat terutama di Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari pengeluaran konsumen pada makanan dan minuman non-alkohol yang tercatat terus bertambah dari tahun ke tahun. 

Pengeluaran konsumen Indonesia untuk makanan dan minuman non-alkohol di tahun 2016 tercatat sebesar USD 176,7 miliar dengan estimasi pertumbuhan tahunan dari 2016-2020 diprediksi sebesar 9,4%. 

Pertumbuhan ini juga didorong oleh kecenderungan gaya hidup warga Jakarta yang menjadikan restoran bukan hanya tempat makan tetapi juga sebagai tempat berkumpul keluarga, teman dan juga kolega dengan mementingkan suasana dan kualitas restoran. Hal ini tentunya menuntut para pemain industri kuliner khususnya para Chef dan restaurateur untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas penawaran mereka.

“Untuk mengapresiasi perkembangan pesat ini, sebagai sesama pionir dikategori masing-masing yang memiliki kesamaan visi dalam mendukung perkembangan industri kuliner di Indonesia, AQUA Reflections bersama Majalah FoodieS dengan bangga menggelar Jakarta’s Best Eats. Acara ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para pemain terbaik di industri kuliner khususnya para Chef dan restaurateur di Jakarta,“ ujar Disa Lestari, Senior Brand Manager AQUA di Jakarta, Rabu (6/12/2017) kemarin.

Pada acara ini, AQUA Reflections juga bekerjasama dengan beberapa figur ternama dan ahli di bidang kuliner Indonesia yang berperan sebagai juri Jakarta’s Best Eats, yaitu Jed Doble – FoodieS Publisher, Linda Tan - Gourmand, Hans Danial – Food Blogger, Petty Elliott - Chef, Ade Putri – Food Storyteller, Arimbi Nimpuno – Celeity Chef, Rinrin Marinka – Celeity Chef dan Ruli Tobing – Danone AQUA

Untuk memastikan tingkat kompetisi berdasarkan segmentasi pasar restoran di Jakarta, penghargaan ini dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu pertama, Fine Dining yang akan lebih menekankan kesempurnaan pada rasa, tampilan, kreativitas, pelayanan dan pengaturan meja. Kedua Upmarket Venue yang fokus pada restoran untuk segmen menengah ke atas namun memiliki level pelayanan dan desain interior yang berbeda dari fine-dining, serta dan yang ketiga Casual Dining yang merupakan restoran yang berada di mall, tempat sendiri,  maupun di tempat yang lebih kecil dengan penyajian yang lebih cepat dan suasana yang lebih hidup.

Proses penjurian Jakarta’s Best Eats sendiri akan dimulai pada bulan Januari 2018 dan akan diumumkan pada bulan Maret 2018. Hingga saat ini terdapat sekitar 200 restoran dari tiga kategori di atas yang ikut berpartisipasi, namun pendaftaran masih dibuka bagi para pengelola restoran yang ingin berpartisipasi dengan menominasikan restorannya hingga 31 Desember 2017.

Nantinya semua restoran yang mendaftar akan bersaing sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan, dimana para juri akan membuat daftar nominator dari kategori tersebut. Kurang lebih terdapat 10 penghargaan yang akan diberikan kepada para restaurateur dan Chef terbaik pada acara puncak ditahun 2018, dengan penghargaan utama Restaurant of The Year dan Chef of The Year.

 “Merupakan suatu kehormatan bagi saya sebagai FoodieS Publisher dapat berkolaborasi dengan AQUA Reflections dalam Jakarta’s Best Eats. Kami percaya bahwa industri kuliner merupakan industri penting dan terus berkembang pesat, sehingga kami sangat mendukung para pemain di industri kuliner khususnya para Chef dan restaurateur. Selain itu kami juga berharap hal ini dapat menjadi panduan bagi para foodist dalam memilih restoran terbaik di Jakarta,” jelas Jed Doble.

Jakarta’s Best Eats diharapkan dapat menjadi sebuah bukti nyata kepedulian AQUA Reflections sebagai premium and untuk ikut meningkatkan standar kualitas industri kuliner di Indonesia yang sedang berkembang.

“Ini merupakan langkah awal AQUA Reflections mewujudkan komitmen dan jati diri dalam industri kuliner, untuk mewujudkan kampanye Reflections of You. dan tidak menutup kemungkinan bahwa di masa mendatang acara penghargaan ini juga dapat dilakukan di kota-kota lain di Indonesia,” tutup Disa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…