PT Inalum Tuntaskan Penggantian Mesin Turbin PLTA Siguragura

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2017 - 17:16 WIB

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)
PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)

INDUSTRY.co.id - Toba Samosir- PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero memastikan penggantian mesin (overhaul) empat turbin PLTA Siguragura tuntas pada tahun 2018.

"Overhaul dilakukan untuk memastikan kapasitas listrik yang 'output' puncak bisa lebih maksimal," kata Direktur Inalum Carry F Mumbunan, saat meninjau PLTA Siguragura di Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, kemarin.

Menurut Carry, total kapasitas pembangkit PLTA Siguragura mencapai 286 MW atau 4x71,5 MW.

Ia menjelaskan, secara bertahap "overhaul" PLTA Siguragura sudah dilakukan sejak 2007. "Tiga mesin sudah selesai, tinggal satu lagi yang dijadwalkan tuntas pada 2018," ujarnya.

Sejak diresmikan pada Juni 1983, PLTA Siguragura menggunakan teknologi terbaru dari Thosiba, Jepang.

Sementara itu, Deputi GM Power Operator & Civil Inalum Antoni O. Galingging mengatakan perusahaan membangun dan mengoperasikan dua PLTA yaitu Siguragura dan PLTA Tangga yang terletak di Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Propinsi Sumatera Utara.

PLTA Tangga berkapasitas 316 MW atau 4x79,2 MW dengan menggunakan teknologi mesin turbin Mitsubishi, Jepang.

Kedua stasiun pembangkit ini dioperasikan dengan memanfaatkan air Sungai Asahan yang mengalirkan air Danau Toba ke Selat Malaka, sehingga total listrik yang dihasilkan sangat bergantung pada kondisi permukaan air Danau Toba.

"Inilah alasan overhaul dilakukan berkesinambungan supaya mesin-mesin pembangkit tetap terpelihara, kapasitas prima karena menggunakan teknologi yang lebih hemat air," ujarnya.

Listrik yang dihasilkan dari kedua pembangkit tersebut dialokasikan untuk pabrik aluminium Inalum di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Tranmisi aliran listrik PLTA Siguragura dan PLTA Tangga ke Kuala Tanjung sepanjang 120 km, melalui empat kabupaten yaitu Tobasa, Asahan, Simalungun dan Batubara. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Founder KAHMIPreneur Kamrussamad Raih Sertifikasi International ASEAN Engineering (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 15:03 WIB

Founder KAHMIPreneur Kamrussamad Raih Sertifikasi International ASEAN Engineering

Sertifikasi International ASEAN Engineering diberikan pada ajang bergengsi Conference of The ASEAN Federation of Engineering Organizations (CAFEO) ke-36 yang telah berlangsung sejak tanggal…

Tokocrypto Tawarkan Keunggulan Ekosistem Blockchain yang Terintegrasi (Foto Kormen)

Jumat, 16 November 2018 - 13:27 WIB

Tokocrypto Gandeng Infonesia Sebagai Sarana Edukasi Publik Terkait Blockchain dan Aset Kripto

Salah satu platform jual beli aset kripto, Tokocrypto menggandeng aplikasi sosial media baru produk anak bangsa, Infonesia, sebagai salah satu saluran resmi untuk mengedukasi publik.

Tiga artis senior, Ratna Riantiarno, Ninikl Karim dan Widyawati beradu akting dalam film "Mama Mama Jagoan" (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Tiga Aktris Wanita Senior Masuk Penjara di Film 'Mama-Mama Jagoan'

Sungguh suatu keberanian luar biasa dari produser film pendatang baru Buddy-buddy Pictures ketika meluncurkan film terbaru bergene komedi berjudul Mama-mama Jagoan. Film yang digarap oleh sutradara…

Monumen Kapsul Waktu

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Hari ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, yang menyimpan Impian Indonesia 2015-2085, telah rampung dibangun. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan monumen seluas 2,5 ha tersebut pada…

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik (Rizki Meirino)

Jumat, 16 November 2018 - 11:53 WIB

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto dinobatkan sebagai sebagai Tokoh Profesional terbaik dalam acara Indonesia Awards 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (15/11). Sosok Suprajarto…