PT Inalum Tuntaskan Penggantian Mesin Turbin PLTA Siguragura

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2017 - 17:16 WIB

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)
PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)

INDUSTRY.co.id - Toba Samosir- PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero memastikan penggantian mesin (overhaul) empat turbin PLTA Siguragura tuntas pada tahun 2018.

"Overhaul dilakukan untuk memastikan kapasitas listrik yang 'output' puncak bisa lebih maksimal," kata Direktur Inalum Carry F Mumbunan, saat meninjau PLTA Siguragura di Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, kemarin.

Menurut Carry, total kapasitas pembangkit PLTA Siguragura mencapai 286 MW atau 4x71,5 MW.

Ia menjelaskan, secara bertahap "overhaul" PLTA Siguragura sudah dilakukan sejak 2007. "Tiga mesin sudah selesai, tinggal satu lagi yang dijadwalkan tuntas pada 2018," ujarnya.

Sejak diresmikan pada Juni 1983, PLTA Siguragura menggunakan teknologi terbaru dari Thosiba, Jepang.

Sementara itu, Deputi GM Power Operator & Civil Inalum Antoni O. Galingging mengatakan perusahaan membangun dan mengoperasikan dua PLTA yaitu Siguragura dan PLTA Tangga yang terletak di Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Propinsi Sumatera Utara.

PLTA Tangga berkapasitas 316 MW atau 4x79,2 MW dengan menggunakan teknologi mesin turbin Mitsubishi, Jepang.

Kedua stasiun pembangkit ini dioperasikan dengan memanfaatkan air Sungai Asahan yang mengalirkan air Danau Toba ke Selat Malaka, sehingga total listrik yang dihasilkan sangat bergantung pada kondisi permukaan air Danau Toba.

"Inilah alasan overhaul dilakukan berkesinambungan supaya mesin-mesin pembangkit tetap terpelihara, kapasitas prima karena menggunakan teknologi yang lebih hemat air," ujarnya.

Listrik yang dihasilkan dari kedua pembangkit tersebut dialokasikan untuk pabrik aluminium Inalum di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Tranmisi aliran listrik PLTA Siguragura dan PLTA Tangga ke Kuala Tanjung sepanjang 120 km, melalui empat kabupaten yaitu Tobasa, Asahan, Simalungun dan Batubara. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengurus Cabang Persatuan Squash Indonesia DKI Jakarta masa bakti 2018-2022

Kamis, 17 Januari 2019 - 18:22 WIB

Amalia Berambisi Bawa Atlet Squash DKI Jakarta Juara

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI), Alfitra Salamm hari ini Kamis (17/1/2019) resmi melantik Pengurus Provinsi dan Pengurus Cabang Persatuan Squash Indonesia DKI Jakarta…

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…