PT Inalum Tuntaskan Penggantian Mesin Turbin PLTA Siguragura

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2017 - 17:16 WIB

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)
PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)

INDUSTRY.co.id - Toba Samosir- PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero memastikan penggantian mesin (overhaul) empat turbin PLTA Siguragura tuntas pada tahun 2018.

"Overhaul dilakukan untuk memastikan kapasitas listrik yang 'output' puncak bisa lebih maksimal," kata Direktur Inalum Carry F Mumbunan, saat meninjau PLTA Siguragura di Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, kemarin.

Menurut Carry, total kapasitas pembangkit PLTA Siguragura mencapai 286 MW atau 4x71,5 MW.

Ia menjelaskan, secara bertahap "overhaul" PLTA Siguragura sudah dilakukan sejak 2007. "Tiga mesin sudah selesai, tinggal satu lagi yang dijadwalkan tuntas pada 2018," ujarnya.

Sejak diresmikan pada Juni 1983, PLTA Siguragura menggunakan teknologi terbaru dari Thosiba, Jepang.

Sementara itu, Deputi GM Power Operator & Civil Inalum Antoni O. Galingging mengatakan perusahaan membangun dan mengoperasikan dua PLTA yaitu Siguragura dan PLTA Tangga yang terletak di Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Propinsi Sumatera Utara.

PLTA Tangga berkapasitas 316 MW atau 4x79,2 MW dengan menggunakan teknologi mesin turbin Mitsubishi, Jepang.

Kedua stasiun pembangkit ini dioperasikan dengan memanfaatkan air Sungai Asahan yang mengalirkan air Danau Toba ke Selat Malaka, sehingga total listrik yang dihasilkan sangat bergantung pada kondisi permukaan air Danau Toba.

"Inilah alasan overhaul dilakukan berkesinambungan supaya mesin-mesin pembangkit tetap terpelihara, kapasitas prima karena menggunakan teknologi yang lebih hemat air," ujarnya.

Listrik yang dihasilkan dari kedua pembangkit tersebut dialokasikan untuk paik aluminium Inalum di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Tranmisi aliran listrik PLTA Siguragura dan PLTA Tangga ke Kuala Tanjung sepanjang 120 km, melalui empat kabupaten yaitu Tobasa, Asahan, Simalungun dan Batubara. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Sinar Mas Grroup Saleh Husin (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 September 2018 - 06:00 WIB

Sinar Mas Donasikan 16.000 Buku Tulis Bagi Korban Gempa NTB

Merespon imbauan pemerintah agar aktivitas pendidikan tetap berlangsung pasca terjadinya bencana gempa bumi Nusa Tenggara Barat awal Agustus lalu, sebanyak 16.000 buku tulis didonasikan bagi…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 19 September 2018 - 05:00 WIB

Percepatan dan Kredibilitas ISPO, Solusi Jitu Melawan Issue Negatif

Komoditas kelapa sawit terus menjadi sasaran dalam perang dagang dengan negara-negara pasar, khususnya Uni Eropa dengan tuduhan merusak lingkungan, memicu emisi gas rumah kaca, deforestasi,…

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Selamatta Sembiring (Foto: Dok. Kominfo)

Selasa, 18 September 2018 - 22:04 WIB

Kemenkominfo Imbau Anak Muda Bijak Bermedsos dan Jaga Persatuan Bangsa

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau anak muda bijakmemanfaatkan media sosial dan menjaga persatuan bangsa. Pasalnya, ada banyak penyalahgunaan media sosial dengan…

Seminar Nasional Terowongan Kementerian PUPR

Selasa, 18 September 2018 - 21:43 WIB

Kementerian PUPR Terus Dorong Inovasi Teknologi Pembangunan Terowongan

Keberadaan terowongan dalam pembangunan jalan akan mempersingkat jarak dibandingkan pembangunan jalan yang harus memutar perbukitan atau pegunungan.

Presiden dan CEO Manhattan Associates Eddie Capel saat mengumumkan sistem pergudangan terintegrasi (Foto: Dok. Manhattan)

Selasa, 18 September 2018 - 21:30 WIB

Manhattan Associates Umumkan Penyempurnaan Sistem Pergudangan Terintegrasi

Manhattan Associates Inc. (NASDAQ: MANH) hari ini mengumumkan penyempurnaan yang signifikan terhadap solusi andalannyaWarehouse Management Solution(WMS)atau Solusi Pengelolaan Gudang.