PT Inalum Tuntaskan Penggantian Mesin Turbin PLTA Siguragura

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2017 - 17:16 WIB

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)
PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum)

INDUSTRY.co.id - Toba Samosir- PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero memastikan penggantian mesin (overhaul) empat turbin PLTA Siguragura tuntas pada tahun 2018.

"Overhaul dilakukan untuk memastikan kapasitas listrik yang 'output' puncak bisa lebih maksimal," kata Direktur Inalum Carry F Mumbunan, saat meninjau PLTA Siguragura di Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, kemarin.

Menurut Carry, total kapasitas pembangkit PLTA Siguragura mencapai 286 MW atau 4x71,5 MW.

Ia menjelaskan, secara bertahap "overhaul" PLTA Siguragura sudah dilakukan sejak 2007. "Tiga mesin sudah selesai, tinggal satu lagi yang dijadwalkan tuntas pada 2018," ujarnya.

Sejak diresmikan pada Juni 1983, PLTA Siguragura menggunakan teknologi terbaru dari Thosiba, Jepang.

Sementara itu, Deputi GM Power Operator & Civil Inalum Antoni O. Galingging mengatakan perusahaan membangun dan mengoperasikan dua PLTA yaitu Siguragura dan PLTA Tangga yang terletak di Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Propinsi Sumatera Utara.

PLTA Tangga berkapasitas 316 MW atau 4x79,2 MW dengan menggunakan teknologi mesin turbin Mitsubishi, Jepang.

Kedua stasiun pembangkit ini dioperasikan dengan memanfaatkan air Sungai Asahan yang mengalirkan air Danau Toba ke Selat Malaka, sehingga total listrik yang dihasilkan sangat bergantung pada kondisi permukaan air Danau Toba.

"Inilah alasan overhaul dilakukan berkesinambungan supaya mesin-mesin pembangkit tetap terpelihara, kapasitas prima karena menggunakan teknologi yang lebih hemat air," ujarnya.

Listrik yang dihasilkan dari kedua pembangkit tersebut dialokasikan untuk pabrik aluminium Inalum di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Tranmisi aliran listrik PLTA Siguragura dan PLTA Tangga ke Kuala Tanjung sepanjang 120 km, melalui empat kabupaten yaitu Tobasa, Asahan, Simalungun dan Batubara. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Huawei

Senin, 18 Desember 2017 - 15:33 WIB

Huawei Diperkirakan Akan Luncurkan P11 Diawal 2018 Mendatang

Huawei lanjutkan kerjasama dengan produsen kamera asal Jerman , Leica yang akan meluncurkan Huawei P11 yang diperkirakan akan diluncurkan pada awal tahun 2018 mendatang.

Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 15:30 WIB

2018, Serangkaian Event Olahraga dan Agenda Pariwisata Bakal Hadir Meriahkan Batam

Selain meningkatkan pariwisata di Kepulauan Riau, Badan Pengusahaan (BP) Batam memiliki beberapa agenda untuk meningkatkan ekonomi terutama dari bidang pariwisata.

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Senin, 18 Desember 2017 - 15:14 WIB

ICAEW Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Lebih Pesat Sebesar 5,3 Persen di 2018

Lapora terbaru Economic Insight: South-East Asia mengungkapkan, prospek perkembangan Indonesia tertahan oleh belanja konsumen yang lesu. Namun, pertumbuhan masih diperkirakan akan naik hingga…

Gedung Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 15:00 WIB

BI Siap Beri Sangsi Perusahaan Pembayaran Tak Berijin

Bank Indonesia (BI) berkomitmen menjaga perlindungan konsumen dan sekaligus keberlangsungan usaha pada pelaku jasa sistem pembayaran.

Go-Jek (ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 14:30 WIB

Bank Indonesia Proses Ijin Akuisisi Gojek

Bank Indonesia (BI) sedang memproses perijinan akuisisi Gojek terhadap dua perusahaan calon jasa sistem pembayaran. Meskipum Gojek bukan pelaku jasa sistem pembayaran tetap harus ijin ke BI.…