PT Pertamina Terus Kembangkan Transaksi Nontunai

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2017 - 16:57 WIB

Ilustrasi SPBU (ist)
Ilustrasi SPBU (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pertamina (Persero) terus mengembangkan sistem transaksi pembayaran Bahan Bakar Minyak (BBM) skema nontunai (cashless) pada beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Berdasarkan informasi yang diterima Antara di Jakarta, kemarin, PT Pertamina Marketing Operation Region I (MOR I) juga berkomitmen turut berperan aktif dalam mendorong penggunaan transaksi nontunai pada transaksi BBM di SPBU Pertamina seluruh Sumatera Barat yang dituangkan melalui kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Bank Indonesia.

Nota Kesepakatan ditandatangani langsung oleh Retail Fuel Marketing Manager Region I, Agus Taufik Harahap bersama Endy Dwi Tjahjono selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, serta Nasrul Abit, Wakil Gubernur Sumatera Barat, bertempat di Padang.

Agus Taufik Harahap dalam sambutannya menyampaikan bahwa program sinergi antara Pertamina, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Bank Indonesia merupakan upaya mendukung program Gerakan Nasional NonTunai (GNNT) yang dilakukan melalui cara percepatan dan perluasan transaksi nontunai transaksi BBM.

"Dengan nota kesepakatan ini merupakan wujud komitmen Pertamina untuk berperan aktif dalam mendorong transaksi nontunai. Kami menyadari sebagai pelaku bisnis retail dengan outlet yang tersebar di seluruh penjuru negeri, bahwa Pertamina memiliki peran yang cukup besar guna suksesnya program elektronifikasi pembayaran atau Gerakan Nasional NonTunai (GNNT)," kata Agus.

Rencana penerapan transaksi nontunai akan mulai dilaksanakan di seluruh SPBU di Kota Padang pada bulan Januari 2018 dengan menerapkan jalur khusus nontunai kemudian dilanjutkan ke daerah lainnya hingga mencakup seluruh Sumatera Barat. Penerapan program akan dibagi dalam 4 tahap dengan menggunakan evaluasi pada setiap tahapannya.

Masyarakat akan menerima sosialisasi terlebih dahulu mengenai manfaat dan keunggulan transaksi secaranon tunai. Kemudian penerapannya akan dipermudah dengan mendekatkan instrumen cashless melalui banking corner yang melayani kartu debit, kartu kredit, maupun uang elektronik di seluruh SPBU.

"Selain itu, untuk memudahkan konsumen dalam bertransaksi nontunai, Pertamina akan mengadakan kerja sama program menggandeng Bank BUMN yaitu Bank BRI sebagai penyedia jasa perbankan untuk lebih memudahkan penerapannya pada masayarakat. Dengan adanya program transaksi tunai dalam kerjasama ini, transaksi di SPBU akan menjadi lebih praktis dan menguntungkan konsumen", kata Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerai Mitra 10. (Foto: Panoramio)

Senin, 16 Juli 2018 - 21:08 WIB

Jadi Pemegang Saham Strategis di CSAP, SCG Percepat Pertumbuhan Mitra 10

Siam Cement Group (SCG), salah satu pemimpin konglomerat bisnis di ASEAN, hari ini, Senin (16/7/2018) mengumumkan penandatanganan perjanjian kerja sama denganPT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode…

Tim Wushu Indonesia yang berlagapada ajangKejuaraan Dunia Wushu Junior di Brasilia, Brasilberfoto bersama denganDuta BesarIndonesiauntuk Brasil, TotoRiyanto (Foto: Dok. Kemenperin)

Senin, 16 Juli 2018 - 20:33 WIB

Harumkan Nama Bangsa di Kejuaraan Dunia, Tim Wushu RI Juga Bawa Misi Ekonomi Berkelanjutan

Tim Wushu Indonesia mampu harumkan nama bangsa di ajang Kejuaran Dunia Wushu Junior ke-7 (7th World Junior Wushu Championships) di Brasilia, Brasil yang berlangsung pada tanggal 9-15 Juli 2018.…

PLN Ilustrasi

Senin, 16 Juli 2018 - 20:00 WIB

KPK Geledah Kantor Pusat PLN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor pusat Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi suap…

Dirut PLN Sofyan Basir beserta manajamen menggelar konferensi pers perihal kasus PLTU Riau 1, Senin (16/7/2018) (Dok: INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:42 WIB

Tersandung Hukum, PLN Hentikan Proyek PLTU Riau 1

Manajemen PLN akhirnya memutuskan proyek pembangunan PLTU Riau 1 hingga proses hukum selesai. Dimana PLTU Riau 1 merupakan proyek konsorsium anak usaha PLN yaitu PT Pembangkit Jawa Bali (PJB)…

Sofyan Basir (Foto/Rziki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:30 WIB

Dirut PLN: Status Saya Adalah Saksi

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir mengatakan status hukumnya usai rumahnya didatangi KPK adalah masih sebagai saksi.