Bertemu EABA, Menperin Bahas Perkembangan Industri di Indonesia

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Desember 2017 - 16:30 WIB

Menperin Airlangga Hartarto menerima kunjungan Europe-ASEAN Business Alliance (EABA) (Foto Dok Industry.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto menerima kunjungan Europe-ASEAN Business Alliance (EABA) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan Europe-ASEAN Business Alliance (EABA) di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

EABA merupakan aliansi berbasis anggota dari perusahaan multinasional terkemuka di Eropa dengan kepentingannya di negara ASEAN.

Dalam kesempatan tersebut Menperin didampingi oleh Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII), Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan.

"Kami membahas mengenai perkembangan industri di Indonesia mulai dari kebijakan, kerja sama investasi yang prospektif hingga lingkungan bisnis di wilayah Indonesia," ujar Airlangga.

Airlangga berharap pertemuan ini bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan industri di Indonesia.

Sementara itu, Dirjen KPAII, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, meraka meminta untuk industri yang sudah investasi di Indonesia tidak mengalami masalah di dalam kegiatan kesehariannya terutama pada bahan baku.

"Selain itu, mereka juga mengkhawatirkan adanya perubahan-perubahan peraturan yang nantinya bisa menggangu kelangsungan produksinya," tambah Putu.

Intinya, lanjut Putu, mereka minta jaminan dari pemerintah Indonesia untuk tidak merubah peraturan-peraturan yang ada tanpa dikomunikasikan sebelumnya, karena akan menggangu kelangsungan usaha dan investasi mereka.

"Tadi saya sampaikan kepada mereka dalam menetapkan peraturan baru harus ada mekanisme nya tersendiri yaitu dalam lima tahun selalu ada kajian," terangnya.

Putu menjelaskan, meraka sangat memahami bahwa Kemenperin tidak mungkin bekerja sendiri. "Oleh karena itu, mereka berharap Kemenperin bersinergi dengan Kementerian lainnya sehingga dampak peraturan yang timbul dari Kementerian lain tidak serta merta membuat industri nya terganggu," tutup Putu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…