Bertemu EABA, Menperin Bahas Perkembangan Industri di Indonesia

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Desember 2017 - 16:30 WIB

Menperin Airlangga Hartarto menerima kunjungan Europe-ASEAN Business Alliance (EABA) (Foto Dok Industry.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto menerima kunjungan Europe-ASEAN Business Alliance (EABA) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan Europe-ASEAN Business Alliance (EABA) di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

EABA merupakan aliansi berbasis anggota dari perusahaan multinasional terkemuka di Eropa dengan kepentingannya di negara ASEAN.

Dalam kesempatan tersebut Menperin didampingi oleh Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII), Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan.

"Kami membahas mengenai perkembangan industri di Indonesia mulai dari kebijakan, kerja sama investasi yang prospektif hingga lingkungan bisnis di wilayah Indonesia," ujar Airlangga.

Airlangga berharap pertemuan ini bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan industri di Indonesia.

Sementara itu, Dirjen KPAII, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, meraka meminta untuk industri yang sudah investasi di Indonesia tidak mengalami masalah di dalam kegiatan kesehariannya terutama pada bahan baku.

"Selain itu, mereka juga mengkhawatirkan adanya perubahan-perubahan peraturan yang nantinya bisa menggangu kelangsungan produksinya," tambah Putu.

Intinya, lanjut Putu, mereka minta jaminan dari pemerintah Indonesia untuk tidak merubah peraturan-peraturan yang ada tanpa dikomunikasikan sebelumnya, karena akan menggangu kelangsungan usaha dan investasi mereka.

"Tadi saya sampaikan kepada mereka dalam menetapkan peraturan baru harus ada mekanisme nya tersendiri yaitu dalam lima tahun selalu ada kajian," terangnya.

Putu menjelaskan, meraka sangat memahami bahwa Kemenperin tidak mungkin bekerja sendiri. "Oleh karena itu, mereka berharap Kemenperin bersinergi dengan Kementerian lainnya sehingga dampak peraturan yang timbul dari Kementerian lain tidak serta merta membuat industri nya terganggu," tutup Putu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dubes Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi bersama Delegasi PWI (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:34 WIB

Di Seoul Korsel, Dubes Umar Hadi Apresiasi Diplomasi Kopi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

Diplomasi kopi yang sedang dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) disambut baik Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Korea Umar Hadi

Letjen Purn. Kiky Syanahkri bersama Putut Prabantoro di kantor PPAD (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:12 WIB

Perkuat NKRI, Pemerintah Diminta Segera Laksanakan Ekonomi Terintegrasi

Pemerintah diminta segera integrasikan pembangunan ekonomi nasional dalam konsep Indonesia Raya Incorporated (IRI) untuk memperkuat ikatan NKRI dan ketahanan nasional.

Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)

Jumat, 15 Desember 2017 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12/2017)

Sambut Hari Ibu, Kecap ABC Beri Apresiasi Lewat 36 Ribu Hidangan Masakan (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 18:52 WIB

2018 Industri Mamin Semakin Kompetitif

Memasuki tahun 2018, pelaku industri termasuk industri makanan dan minuman di Indonesia semakin kompetitif dan semakin challenging (menantang). Hal ini diungkapkan oleh Dhiren Amin, selaku Marekting…

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 17:45 WIB

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI

Hendrisman Rahim secara aklamasi kembali terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) periode 2017-2020.